5 Usaha Sampingan Modal Kecil yang Pas bagi Mahasiswa

Sebagai seorang mahasiswa, Kamu  juga diharuskan untuk kreatif  agar mandiri dan tidak hanya mengandalkan kiriman uang dari orang tua. Para mahasiswa pun pasti ingin memiliki usaha sampingan tetapi juga tetap kuliah.

Nah, berbekal kreativitas, jeli melihat adanya peluang, dan berani mengambil risiko, sebenarnya banyak peluang bisnis sampingan bagi para mahasiswa dengan modal yang kecil.Bisnis atau usaha bagi mahasiswa bukan hanya sekedar menambah uang saku, tetapi hasil dan pengalaman yang diperoleh dapat dijadikan pilihan setelah lulus kuliah.

Dengan membuka bisnis, mahasiswa tak lagi dipusingkan dengan urusan masalah keuangan sebelum lulus. Ada berbagai macam bisnis sampingan yang bisa dijalankan mahasiswa, seperti di bawah ini,

Usaha atau Bisnis Sampingan Mahasiswa

Berikut beberapa usaha sampingan yang sangat cocok bagi mahasiswa dengan modal kecil.

1. Bisnis Bimbingan Belajar (BimBel)

bimbingan belajar-bimbel
duhocyk.com

Bisnis ini dapat dilakukan sendiri atau bersama teman yang kompeten dalam bidang tersebut. Dalam menjalankan bisnis bimbingan belajar, sebaiknya jangan hanya terbatas pada bidang akademis.

Bisnis ini juga bagus dikembangkan hingga bidang non akademis, seperti mengemudi, olah vokal, renang, bermain alat musik, dan lain sebagainya. Dalam menjalankan bisnis bimbel ini, perlu kesabaran yang lebih ketika memberikan bimbingan.

2. Sopir Ojek Online

ojek online
moneysmart.id

Pekerjaan satu ini memang sedang banyak diminati masa ini. Ketika waktu senggang menunggu kelas atau saat sudah tidak ada jadwal mata kuliah lagi, kamu dapat menggunakannya dengan menjadi sopir ojek online. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadimu untuk menghasilkan pundi-pundi uang untuk memenuhi kebutuhanmu.

3. Bisnis Online Shop

online shop
online shop

Peluang usaha sampingan mahasiswa selanjutnya yaitu online shop. Di sini mahasiswa dapat menjual berbagai macam barang seperti baju, celana/rok, pernak-pernik, sepatu, dan lain-lain. Banyak forum jual beli online yang menawarkan kemudahan dalam transaksi jual beli di dunia maya.Jadi penjualannya pun tidak hanya ditujukan kepada teman-teman kampus, tetapi juga kepada pelanggan lain di dunia maya dari berbagai wilayah.

Dengan adanya situs jual beli  dapat dimanfaatkan untuk menjual barang milik pribadi ataupun milik orang lain dengan mudah dengan jangkauan luas. Kamu pun tidak perlu menyetok barang, Kamu dapat menjualkan barang dari beberapa situs reseller maupun dropship.

Jadi, modal yang dibutuhkan sangat kecil, dengan hasilnya lumayan, tergantung seberapa tekun dalam menjalankan bisnis ini.Jika Kamu belum punya barang untuk dijual, daftar reseller sekarang di serbu.id. Banyak barang berkualitas dengan harga pas dan pastinya pelyanan ramah.

4. Menjadi Penulis Lepas (Freelance)

jasa penulis freelance
sahabatartikel.com

Jika kamu suka menulis dan mempunyai kemampuan menyampaikan ide dalam bentuk tulisan, menjadi penulis merupakan pilihan usaha sampingan yang tepat.Bisnis ini cukup mudah dikerjakan nyaris tanpa modal. Sebab yang dibutuhkan dalam bisnis ini hanya kemampuan menulis, kreativitas, dan imajinasi.

Di samping itu, usaha sampingan mahasiswa ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa adanya keterikatan waktu.Bentuk tulisan yang ditawarkan pun sangat bervariasi, misalnya artikel umum dengan berbagai topik bahasan hingga tulisan kreatif semisal puisi dan cerpen.

5. Bisnis Jasa Penerjemah

jasa penerjemah
penerjemahbahasaasing.com

Bisnis sampingan ini termasuk bisnis yang simpel sehingga tidak sedikit mahasiswa yang tertarik memulai bisnis ini. Karena hanya membutuhkan keterampilan serta tidak membutuhkan modal yang besar dan cukup menyediakan perangkat ketik semisal laptop, gadget, atau komputer.Bisnis ini pun tidak terbatas untuk mahasiswa saja, tetapi bisa juga untuk pelajar atau orang umum yang mampu menjalankan dengan jasa penerjemah ini.

Untuk memulai bisnis ini, diperlukan kemahiran dalam berbahasa asing. Bisnis ini sangat cocok dijalankan oleh mahasiswa jurusan bahasa, seperti bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Belanda, bahasa Mandarin, dan bahasa lainnya.

Uraian di atas merupakan sedikit contoh usaha sampingan mahasiswa dengan modal kecil yang dapat memenuhi keuangannya jika benar-benar ditekuni.

Tinggalkan Balasan