Terlengkap!!! Manfaat Tanaman Toga di Sekitar Kita

Tanaman Toga Liar yang Tumbuh di Sekitar Kita-Kepikir ga sih? Bahwa di sekitar kita banyak tumbuhan liar yang seringkali dianggap sebagai gulma. Banyak tanaman yang tumbuh liar yang mungkin kita hanya mencabutnya lalu membuangnya.

Namun, tidak semua tanaman liar yang tumbuh di sekitar kita tidak berguna loh. Ada beberapa jenis tanaman yang khasiatnya sangat banyak bagi tubuh kita, dan mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya, seperti beberapa macam tanaman toga liar berikut ini.

Macam-macam Tanaman Toga Liar

1. Tanaman Toga Patikan Kerbau atau Patikan Kebo

patikan kebo
jamuin.com

Tanaman ini memiliki nama latin Euphorbia hirta. Dan biasanya tanaman ini tumbuh secara liar di kebun, ladang, atau di tepi sungai. Daun tanaman  berbentuk taji dan berbulu berwarna hijau atau merah kecoklatan. Batangnya berwarna merah kecoklatan dan memiliki bulu sama seperti daunnya.

Tanaman ini memiliki kandungan zat kimia berupa flavonoid, glikosida, sterol, eufosterol, spasmolitik, diuretik, jambulol, asam melisat, asam forbat, alkolid, gula, dan tanin.

Tanaman ini biasanya digunakan untuk mengobati penyakit seperti batuk, bronkitis, dan sakit tenggorokan. Dan seluruh bagian tanaman ini dapat digunakan sebagai obat herbal.

2. Tanaman Toga Meniran

meniran
deltomed.id

Tanaman ini memiliki nama latin Phyllanthus niruri. Meniran biasanya tumbuh liar di tempat yang lembab dan berbatu, seperti di sepanjang saluran air dan semak-semak. Tanaman ini memiliki kandungan zat kimia berupa filantina, hipofilantina, kalium, damar, dan tanin.

Tanaman ini berkhasiat untuk membersihkan hati, anti radang, anti demam, peluruh dahak, peluruh haid, dan penambah nafsu makan.

3. Tanaman Toga Kumis Kucing

kumis kucing
jamuin.com

Tanaman ini memiliki nama latin Orthosiphon Stamineus Benth. Biasanya tanaman ini tumbuh liar di ladang dan di tempat-tempat yang tanahnya agak lembab, serta ada juga yang menanamnya sebagai tanaman hias.

Kandungan zat kimia tanaman ini sangat banyak, seperti genkosid orthosifonin, zat lemak, minyak atsiri, minyak lemak, saponin, sapofonin, dan garam kalium. Tanaman ini berkhasiat mengobati penyakit seperti susah kencing, batu ginjal, dan sakit pinggang.

4. Tamanan Toga Kitolod

kitolod
ginanjarherbal.com

Tanaman kitolod memiliki nama latin Isotoma Longiflora Presl. Tanaman ini banyak tumbuh liar di pinggir saluran air, pematang sawah, sekitar pagar, dan di daerah lembab dan terbuka. Seluruh bagian tanaman ini dapat digunakan sebagai obat herbal.

Tanaman ini mengandung zat kimia seperti lobelin, lobelamin, isotomin, alkoloid, saponin, flavonoid, dan poliferol. Tanaman kitolod berkhasiat mengobati sakit gigi, asma, bronkitis, radang tenggorokan, luka, katarak, dan sebagai obat kanker.

5. Tanaman Toga Suruhan

suruhan
jamuin.com

Tanaman suruhan memiliki nama latin Peperomia Pellucida. Tanaman ini tumbuh liar secara berkelompok pada kondisi tanah yang lembab di daerah tropis maupun subtropis.

Tanaman suruhan mengandung zat kimia seperti alkaloid, tanin, kalsium oksalat, lemak, dan minyak atsiri. Tanaman suruhan berkhasiat mengobati berbagai penyakit seperti penyakit ginjal, sakit kepala saat demam, sakit perut, luka bkar, bisul, jerwat, abses, dan radang kulit.

6. Tanaman  Toga Anting-anting

anting-anting
daftartanamanobat.web.id

Tanaman anting-anting memiliki nama latin Acalypha Australis. Tanaman ini biasa tumbuh liar di ladang atau di daerah yang lembab dan memiliki sinar matahari yang cukup.

Kandungan tanaman ini belum banyak diketahui, namun khasiat tanaman ini diketahui dari pengalaman turun temurun serta seacra empiris.

Tanaman anting-anting berkhasiat menyembuhkan disentri amoeba, disentri basiler, dermatitis, eksema, koreng, batuk, mimisan, berak darah, pendarahan, luka bakar, diare, dan muntah darah.

7. Tanaman Toga Permot

permot
tenagadalam.org

Tanaman permot memiliki nama latin Passiflora Foetida. Tanaman ini tumbuh liar di semak-semak, tanah lapang terlantar secara merambat di daerah yang mendapat cahaya matahari. Seluruh bagian tanaman ini dapat digunakan sebagai obat.

Tanaman permot mengandung zat kimia seperti asam hidrosianat dan alkaloid, yang berkhasiat menyembuhkan batuk karena paru-paru panas, pembesaran kelenjar limfe leher, bengkak, kencing berlemak, koreng, dan scabies.

8. Tanaman Toga Ciplukan

Ciplukan
filemongulo.blogspot.com

Tanaman ciplukan memiliki nama latin Physallis Peruvianna. Tanaman ini merupakan tumbuhan semusim yang tumbuh liar di selokan, pinggir kebun, dan lereng tebing sungai. Biasanya tanaman ini hanya buah, akar dan daunnya saja yang di jadikan obat.

Tanaman ciplukan mengandung zat kimia seperti chlorogenik acid, asam  sitrun, fisalin, asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C, dan gula. Tanaman ini berkhasiat menyembuhkan influenza, sakit tenggorokan, batuk, bronkitis, gondongan, bisul, borok, kencing manis, sakit paru-paru, dan ayan.

9. Tanaman Toga Rumput Teki

rumput teki
caraberkembangbiak.com

Tanaman rumput teki memiliki nama latin Cyperus Rotundus. Tanaman ini biasa tumbuh liar di halaman rumah, ladang, atau di tempat-tempat yang terkena cahaya matahari.

Tanaman rumput teki banyak mengandung zat kimia seperti minyak aromatik, alkaloid, mineral, vitamin, kalsium, fosfor, natrium, karbonat, dan lain sebagainya.

Tanaman ini berkhasiat mengobati penyakit seperti penyakit kulit, gejala sakit mata, merawat kulit, gejala PMS, luka luar, diare, demam, dan menurunkan berat badan.

10. Tanaman Toga Krokot

krokot
satujam.com

Tanaman krokot memiliki nama latin Portulaca Oleracea, tanaman ini biasa tumbuh liar di halaman rumah, di semak-semak, dan persawahan. Tanaman krokot mengandung zat kimia seperti omega 3, viatmin A, C, dan E, antioksidan, protein, kalsium, zat besi, dan beta karoten.

Tanaman krokot berkhasiat mengobati disentri, diare, radang usus buntu, radang payudara, wasir, pegal, keputihan, sakit kuning, cacingan, sesak napas, dan gangguan sistem pecernaan.

11. Tanaman Toga Urang Aring

urang aring
ulimayang.com

Tanaman urang aring memiliki nama latin Eclipta Alba. Tanaman urang aring ini biasanya dianggap sebagai gulma atau hama tanaman, dan juga merupakan salah satu jenis tanaman yang tumbuh liar, yang biasanya tidak dibudidayakan secara khusus.

Tanaman urang aring biasanya ditemukan di kebun-kebun ataupun hutan, dan bagian yang paling banyak dimanfaatkan adalah daunnya, karena daunnya dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh.

Tanaman ini berkhasiat mengobati demam, pendarahan, sembelit, mag, penyakit kulit, batuk, muntah darah, asma, vertigo, gusi berdarah, dan menjaga keseahatan rambut.

12. Tanaman Toga Beluntas

beluntas
infoalami.com

Tanaman bluntas memiliki nama latin Pluchea Indica. Tanaman ini banyak dijumpai tumbuh liar di ladang atau  sebagai tanaman pagar yang dapat tumbuh baik sampai ketinggian 800 mdpl. Bagian tanaman ini yang digunakan sebagai obat adalah daunnya.

Kandungan zat kimia tanaman ini berupa alkaloid dan minyak atsiri pada daun ini berkhasiat mengobati keputihan, nyeri persendian atau pinggang, dan malaria.

13. Tanaman Toga Bandotan atau babadotan

babadotan
informasikesehatan49.blogspot.com

Tanaman babadotan memiliki nama latin Ageratum Conyzoides. Tumbuh di daerah ketinggian 1 sampai 2100mdpl. Seperti tumbuh di sawah-sawah, ladang, semak belukar, halaman kebun, tepi jalan, tanggul, dan tepi air.

Daun dan bunga Ageratum conyzoides mengandung zat kimia seperti saponin, flavonoida, dan polifenol. Daunnya juga mengandung asam amino, organacid, pectic substance, minyak asiri kumarin, ageratochromene, friedelin, ß-sitosterol, stigmasterol, tanin, sulfur, dan potassium chlorida. Sedangkan akarnya mengandung minyak asiri, alkaloid, dan kumarin. 

Tanaman ini berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit, seperti radang telinga, luka pendarahan, bisul, eksim, borok, rematik, pendarahan rahim,tumor rahit, sakit tenggorokan, malaria, influenza,perut kembung, mual, muntah, serta merawat rambut.

14. Tanaman Toga Sirih

sirih
bebeja.com

Tanaman sirih memiliki nama latin Piper Betie. Tanaman ini dapat tumbuh di tempat-tempat yang lembab, seperti di daerah dekat sumur.

Tanaman sirih memiliki kandungan zat kimia seperti eugenol, metil eugenol, kavikal, alil katekal, kalribetol, sineol, estragol, karoten, tiamin, riboflavin, asam nikotinat, vitamin C, tanin, gula, pati, dan asam amino.

Kandungan dalam sirih berkhasiat mengobati kaki bengkak, keputihan, malaria, mimisan, radang mulut, suara parau, dan batuk.

15. Tanaman Toga Pulutan

pulutan
steemkr.com

Tanaman ini memiliki nama latin Urena Lobata. Tanaman ini biasa tumbuh liar di tempat-tempat dengan sedikit cahaya matahari dan tidak lembab di dataran rendah hingga 1750mdpl. Selruruh bagian tanaman ini dapat digunakan sebagai obat.

Kandungan zat kimia tanaman ini berupa alkaloid dan garam kalium, yang berkhasiat mengobati disentri, sakit perut, dan demam.

16. Tanaman Toga Putri Malu

putri malu
imamafin.com

Tanaman putri malu merupakan tanaman yang unik dimana saat daunnya tersentuh, maka secara otomatis akan langsung menutup. Hal ini terjadi karena tanaman putri malu sensitif terhadap rangsang sentuhan dan karena itulah tanaman ini dinamakan dengan putri malu.

Meski dianggap sebagai tanaman liar, namun ternyata putri malu memiliki manfaat yang bisa digunakan, khususnya pada bagian daun dan akar putri malu.

Tanaman yang dalam bahasa Inggris dinamakan dengan touch me not ini memiliki kandungan kimia  mimosin, tanin, asam pipekolinat dan beberapa kandungan lain yang memiliki manfaat untuk tubuh.

Tanaman putri malu berkhasiat mengobati diabetes, batuk, luka bakar, insomnia, hepatitis, pendarahan, demam, rematik, disentri, wasir, kerontokan rambut, meningkatkan sistem imun, dan menjaga kesehatan gigi dan gusi.

17. Tanaman Toga Calincing atau Semanggi

calincing
tipsserbasehat.blogspot.com

Tanaman semanggi merupakan tanaman yang hidup di daerah yang lembab dan berair. Nama Latin tanaman semanggi adalah Oxalis Corniculata. Tanaman semanggi ini mempunyai ciri-ciri bentuk daun seperti bunga segi lima.

Tanaman semanggi ini tumbuh liar di daerah yang lembab, baik di udara terbuka maupun ternaungi. Habitat tanaman semanggi ini terdapat pada daerah dengan ketinggian pantai sampai pegunungan 3.000 mdpl. Tanaman semanggi ini berkembang biak dengan biji dan cabang tunas.

Fungsi dan kegunaan tanaman semanggi bagi sebagian masyarakat di Indonesia digunakan sebagai sayur makanan yang di makan setiap hari. Namun ternyata tanaman semanggi ini juga mempunyai manfaat dan khasiat yang peting untuk tubuh.

Tanaman semanggi mengandung zat kimia seperti saponin, flavonoidpolifenol, tanin, dan asam oksalat. Zat kimia tersebut berkhasiat mengobati osteoporosis, flu, demam, diare, hepatitis, radang tenggorokan, infeksi saluran kencing, hipertensi, lesu dan lelah, serta melancarkan haid.

18. Tanaman Toga Anggrung

anggrung
khasiat.co.id

Tanaman anggrung memiliki nama ilmiah Trema Orienatalis BI. Tanaman anggrung biasa tumbuh liar di kebun depan rumah maupun di pekarangan. Bagian tanaman ini yang digunakan sebagai obat adalah daunnya.

Sifat Tanaman Anggrung saat ini belum diketahui, tetapi beberapa zat kimia yang terkandung dalam anggrung, di antaranya saponin, flavonoid, dan polifenol. Efek farmakologis yang dimiliki oleh anggrung adalah sebagai obat untuk mengobati penyakit seperti batuk, diare, masuk angin, nyeri perut, dan disentri.

19. Tanaman Toga Talas

talas
dessynurazizah12.blogspot.com

Tanaman talas atau yang biasa disebut juga dengan lompong dapat dijadikan untuk tanaman hias di rumah kita. Akan tetapi tanaman ini juga biasa tumbuh liar di semak-semak, tanah kosong, ataupun tepian sungai sehingga tanaman ini terkesan sebagai sebuah tumbuhan yang tak berguna sama sekali.

Di sejumlah daerah umbi talas ini dijadikan sebagai makanan pokok. Umbi talas ini biasa dimasak dengan cara digoreng, direbus, ataupun dikukus. Bila dimakan mentah-mentah, maka dapat menimbulkan rasa gatal dan juga gangguan pencernaan yang parah pada pengkonsumsinya.

Lalu, kandungan zat kimia yang ada di dalam tanaman talas ini adalah Thiamin, zat besi, riboflavin, fosfor, Vitamin B6 dan C, zinc, niacin, tembaga, potassium, serat, dan juga mangan. Tanaman talas berkhasiat meringankan diare, dan dapat dijadikan untuk obat oles guna mengobati penyakit bisul, luka bakar, dan juga lukan karena gigitan serangga. Umbi talas ini juga baik untuk menyeimbangkan pH di dalam tubuh kita.

Namun, perlu diingat bahwa tanaman talas ini juga memiliki kandungan zat kimia seperti asam oksalat, maka dari itu ada baiknya untuk menghindari mengkonsumsi umbi ini oleh mereka yang memiliki gangguan ginjal, rematoid arthritis, ataupun gout. Bila tidak, maka penyakit yang kita derita itu akan menjadi lebih parah.

20. Tanaman Toga Belalai Gajah

belalai gajah
obatherbal2014.blogspot.com

Tanaman belalai gajah sangat mudah tumbuh disekitar lingkungan tempat tinggal kita. Dalam keseharian, daun tanaman ini sudah lama digunakan di dunia pengobatan tradisional. Kandungan zat dalam daun ini sangat ampuh untuk mencegah efek radikal bebas.

Manfaat dan khasiat daun belalai gajah lainnya adalah menyehatkan gigi, penguat tulang, baik untuk kulit, membantu menghentikan pendarah, menjaga daya tahan tubuh, dan mengobati hipertensi, nyeri pinggang, kencing manis, tumor, lesu.

21. Tanaman Toga Tapak Dara

tapak dara
yudiweb.wordpress.com

Tapak dara merupakan jenis tanaman liar yang memiliki bunga di ujung tangkainya atau disetiap ketiak daunnya. Tanaman ini yang dapat tumbuh hingga 1 meter ini memiliki bunga berwarna merah keunguan.

Tapak dara mengandung zat kimia seperti alkaloid vinblastine, vincristine, leurosine, catharanthine, dan lochnerine yang berkhasiat sebagai antikanker. Tanaman yang memiliki nama latin Catharanthus roseus ini ternyata mampu mengatasi berbagai macam penyakit berat, seperti kanker, leukemia, diabetes dan batu ginjal.

22. Tanaman Toga Tempuyung

tempuyung
bibitbunga.com

Tanaman tempuyung merupakan tumbuhan yang umumnya dianggap sebagai tanaman liar. Memang tanaman tempuyung mudah tumbuh di sembarang tempat, di selokan, di parit, kebun kosong, pematang sawah, bahkan tebing- tebing.

Tanaman yang memiliki nama latin Sonchus arvesnsis ini memiliki rasa yang sangat pahit. Daun tanaman ini memiliki kandungan kimia yang berupa ion-ion mineral seperti silica, kalium, magnesium, natrium dan senyawa organik macam flavonoid (kaemferol, luteolin lukosida, apigenin glukosida, kumarin (skepoletin), taraksasterol, inositol, serta asam fenolat (sinamat, kumarat dan vanilat).

Secara tradisional tanaman ini sering digunakan untuk menyenbuhkan penyakit seperti batu ginjal, obat memar akibat benturan, menghilangkan lesu dan pegal-pegal.

23. Tamanan Toga Alang-alang

alang-alang
jamuin.com
Alang-alang memiliki nama latin Imperata cylindrica, merupakan tanaman rumput. Biasanya dianggap sebagai gulma dan perusak tanah. Ketinggian tumbuhnya mencapai 1 meter lebih. Akarnya kaku berbuku-buku dan menjalar, akarnya mempunyai rimpang.
Akarnya berasa manis, bersifat sejuk, masuk meridian paru-paru, lambung dan kandung kemih. Tanaman ini bersifat tonik, pereda demam (anti piretik), peluruh kencing (Diuretik), menyejukkan darah untuk menghentikan perdarahan (hemostatik), dan menghilangkan rasa haus. Tunas muda berkhasiat sebagai peluruh kencing (Diuretik).
Dalam pengobatan, bagian dimanfaatkan adalah akarnya. Akar alang-alang terbukti berkhasiat sebagai penurun panas, peluruh kemih, penghenti pendarahan, obat mimisan, obat muntah darah, obat kencing nanah, obat hepatitis, obat radang ginjal.
Dari penelitian diketahui bahwa alang-alang antara lain mengandung zat kimia seperti manitol, glukosa, sakharosa, malic acid, citric acid, coixol, arundoin, cylindrin, fernenol, simiarenol, anemonin, asam kersik, damar, logam alkali, saponin, tanin, polifenol.

24. Tanaman Toga Kecibeling

kecibeling
nsgmjampang.blogspot.com

Bernama latin Strobilanthes crispus dari famili Acanthaceae atau lebih dikenal dengan nama kecibeling. Merupakan tumbuhan semak-semak dan salah satu jenis tanaman perdu khas Madagaskar dan telah menyebar luar ke berbagai wilayah negara hingga Indonesia dan tumbuh subur pula di Malaysia.

Kecibeling juga kerap ditanam masyarakat sebagai tanaman pagar di pekarangan rumah dan taman-taman. Meski tergolong ke dalam jenis tumbuhan semak-semak, namun kecibeling memiliki banyak khasiat untuk kesehatan khususnya untuk pengobatan.

Kecibeling memiliki sifat antioksidan, antisipilis, antimikroba, diuretas, dan anti diabetes. Sehingga umumnya, tanaman keji beling terkenal untuk pengobatan penyakit diabetes. Namun ternyata siapa sangka, kecieling juga memiliki khasiat baik untuk pengobatan penyakit maag.

25. Tanaman Toga Pegagan

pegagan
obatkunoampuh.blogspot.com

Tanaman pegagan memiliki nama latin Centella asiatica dan lebih dikenal dengan nama daun kaki kuda  merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah.

Tanaman ini memiliki kandungan zat kimia yang terdiri dari asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi.

Tanaman ini berkhasiat menghentikan pendarahan (haemostatik), membersihkan darah, melancarkan peredaran darah, peluruh kencing (diuretika), menurunkan panas (antipiretika), sebagai anti bakteri, tonik, antispasma, antiinflamasi, hipotensif, insektisida, antialergi dan stimulan, meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki, mencegah varises dan salah urat, menurunkan gejala stres dan depresi

26. Tanaman Toga Kangkung

kangkung
penjagarumah.com

Nama latin tanaman kangkung darat adalah Ipomoea Reptana Poir. Tanaman kangkung biasanya dapat kita jumpai di sawah dan landang. Namun tanaman kangkung dapat juga ditanam di rumah dengan cara di semai dalam polybag atau langsung di tanah dan juga dapat ditanaman secara hidroponik.

Tanaman kangkung mengandung vitamin A, B, dan C, serta mineral seperti kalsium, fosfor, seng, magnesium, karoten, dan zat besi. Tanaman ini berkhasiat mengobati insomnia, sakit kepala, bisul, ambien (wasir), serta berguna untuk obat penenang saraf.

27. Tanaman Toga Bayam Duri

bayam duri
agwingallery.blogspot.com

Tanaman bayam duri yang nama latinnya Amaranthus spinousus  adalah tanaman yang biasanya tumbuh liar di sawah,  pekarangan, ladang dan tempat lain yang mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Kandungan zat kimia dalam bayam duri berupa  amarantin, rutin, spinasterol, hentriakontan, tanin, kalium nitrat, kalsium oksalat, garam fosfat, zat besi, serta vitamin (A, C, K dan piridoksin = B6).

Tanaman ini berkhasiat untuk peluruh kencing, memperlancar ASI, tambah darah, bronchitis,bisul, kencing nanah, dan demam. Untuk itu, tanaman bayam duri perlu kita perhatikan keberadaannnya, karena bisa menjadi obat alternatif yang murah dan mudah di dapat di daerah pedesaan.

28. Tanaman Toga Jotang

Tanaman jotang merupakan tanaman liar yang biasanya tumbuh di pinggir jalan, tebing-tebing saluran air, kebun, sawah, atau ladang yang memiliki tanah lembab. Tanaman ini memiliki nama latin Spilanthes Iabadicensis.

Adapun beberapa kandungan tanaman jotang antara lain protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C.

Khasiat tanaman jotang adalah untuk mengobati sariawan, sakit gigi, bibir pecah-pecah, meringankan sesak napas akibat gejala asma, dan menghilangkan bau mulut.

Nah, itulah beberapa tanaman yang dianggap sebagai tanaman gulma dan dianggap remeh. Namun, dibalik itu semua ternyata tanaman tersebut banyak memiliki manfaat yang sangat berguna bagi tubuh kita, terlebih lagi kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkannya sebagai obat. Sekian dan terimakasih, salam sehat.

Tinggalkan Balasan