Pengalaman Memelihara Burung Lovebird

lovebird-google.co.idurlsa
google.co.idurlsa

Burung lovebird merupakan salah satu burung dari sembilan jenis spesies genus Agapornis (paruh bengkok). Mereka adalah burung yang berukuran lumayan kecil, antara 13 cm sampai 17 cm dengan berat 40 gram hingga 60 gram, dan bersifat sosial dan selalu hidup berkelompok.

Di kalangan para pecinta burung, lovebird kini menjadi salah satu primadona. Karena warna dan suara ngekek-nya yang khas. Di pasar, lovebird bisa didapatkan mulai harga puluhan ribu hingga di atas ratusan juta, tergantung jenis dan kualitasnya.

Bahkan  harganya bisa sampai harga miliaran, jika burung tersebut merupakan burung kontes dan memiliki banyak prestasi di lomba nasional.

Pertama Kali Membeli Burung Lovebird

lovebird-pakanmaster.com
pakanmaster.com

Pertama tahu burung lovebird dari teman saya. Pada awalnya saya juga tidak terlalu suka dengan lovebird. Tapi semakin lama saya mulai penasaran, karena katanya budidayanya tidak mudah. Dan akhirnya saya membeli sepasang lovebird seharga Rp 600.000.

Itupun merupakan jenis yang paling murah dan berumur 8 bulan. Yang jantan berwarna pastel hijau atau pasjo dan betina berwarna pastel kuning atau paskun. Kedua jenis itu merupakan lovebird pertama yang saya beli dan masih saya ternak sampai sekarang.

Mulai  Berternak  Burung Lovebird

kandang-koloni-jualovebirdternak.wordpress.com
jualovebirdternak.wordpress.com

Dan ternyata benar berternak lovebird tidaklah mudah. Harus ada perwatan dan perhatian khusus, mulai dari kondisi lingkungan, kebersihan kandang, sampai makanan dan minumannya. Semua memerlukan kesabaran agar hasilnya maksimal.

Kondisi lingkungan harus sejuk, tidak terlalu panas dan tidak lembab. Sangkar  usahakan selalu dibersihkan setiap 2 hari sekali. Makanan berupa biji milet saja, jangan terlalu sering dicampur dengan biji kenari set. Karena dapat menyebabkan timbulnya lemak pada lovebird, sehingga akan sulit bertelur.

Begitu pula dengan pemberian sayur, seperti jagung muda dan kangkung jangan terlalu sering. Karena dapat menyebabkan hal yang sama. Untuk air minum usahakan di ganti setiap  hari, supaya terjaga kesehatan lovebird.

Berilah vitamin setiap 3 kali dalam seminggu, agar hasil ternak dapat maksimal. Bebas mau pakai merk apa yang penting vitamin buat breeding lovebird.

Hasil Yang Pertama Kali

memaster anakan lovebird-kicau-burung.com
kicau-burung.com

Setelah sekian lama menunggu, kira-kira selama 2 bulan. Akhirnya  burung lovebird saya bertelursebanyak 4 buah. Lama pengeraman telur lovebird kira-kira selama 21 – 27 hari. Dan menetasnya tidak akan bersama, tapi satu persatu. Tapi jika sudah 30 hari masih berwujud telur, maka dapat dipastikan zonk alias tidak menentas.

Dan benar ketika saya lihat ke dalam glodoknya. Ada 2 ekor yang menetas dan yang lainnya zonk. Setelah lovebird berumur 3 minggu, saya ambil untuk diloloh sendiri. Agar induk lovebird lebih cepat bertelur lagi. Untuk makanan lolohan saya menggunakan cerelac dan vor leopard. Lama pengelolohan kurang lebih sampai umur 3 bulan,itu tergantung lovebirdnya.

Tapi jika setelah berumur masih belum bisa mandiri, maka harus tetap diloloh sampai lovebird bisa makan biji-bijian. 2 ekor lovebird yang saya loloh tadi berwarna hijau dakocan dan paskun. Setelah mandiri lovebird dimasukan ke kandang ram kapsul sendiri-sendiri.

Pertama Kali Ikut Lomba Kicau Lovebird

kelas-lovebird-kmyk-cup-i-kli-blog.blogspot.com
kli-blog.blogspot.com

Sebenarnya saya tidak suka dengan lomba kicau, tapi teman saya memaksa untuk ikut lomba. Katanya burung lovebird saya yang warna hijau dakocan sangat prospek untuk lomba. Dilihat dari portur tubuh yang tegak serta panjang suara ngekeknya.

Pertama kali ikut lomba pada malam minggu di latihan bersama  atau Latber Pandawa. Itupun untuk kelas pemula dan hanya untuk mencoba dan mencari settingan lovebird yang dilombakan. Alhamdulillah, malam itu lovebird saya mendapatkan nomer ke-2 di kelas Bintang A.

Perasaan saya waktu itu sangat senang sehingga tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Itulah awal mula saya jadi menyukai lomba burung berkicau.

Perawatan Lovebird Untuk Lomba Menurut Saya

lovebird-empat.blogspot.com
empatburung.blogspot.com

Setiap kicau mania pasti memiliki cara yang berbeda dalam setiap perawatan lovebird jagoannya. Semua itu tergantung dari pemahaman pemilik terhadap kebiasaan dan keinginan lovebirdnya. Mulai dari keadaan sangkar, makanan, cara memandikan,hingga meletakannya. Berikut beberapa cara perawatan yang biasa saya lakukan.

  • Kondisi Sangkar Dan Tempat Pijakan atau Tangkringan

tangkringan-tokopedia.com
tokopedia.com

Kotoran pada sangkar harus dibersihkan setiap hari, supaya lovebird tidak mudah terserang penyakit. Penyakit pada lovebird biasanya disebabkan bakteri yang ada pada kotorannya. Kondisi sangkar yang lembab juga dapat menimbulkan bakteri.

Sedangkan untuk tangkringan saya mengunakan 2 buah kayu jati yang saya beli di toko aksesoris burung terdekat. Posisi pemasangannya letakan satu kayu di stepan yang paling atas kemudian letakan yang satu lagi di bawahnya dengan jarak 3-5 cm.

  • Pemberian makanan harian, Ekstra Fooding Dan Vitamin

biji milet-bukalapak.com
bukalapak.com

Pemberian makanan pada burung lomba beda sedikt dengan burung yang di ternak. Pada burung lomba makanan harian hanya saya kasih milet putih atau miltih saja. Tetapi untuk pemberian ekstra fooding seperti jagung dan kangkung saya berikan 2 kali dalam seminggu.

Sedangkan untuk pemberian ekstra fooding lainnya, seperti makanan untuk penambah stamina ketika lomba saya menggunakan merek freshmix. Itu saya beli di toko yang sama saat membeli tangkringan. Hanya saya berikan h-1 sebelum lomba.

Dan vitamin yang saya gunakan meningkatkan kesegaran tubuh serta meningkatkan kualitas suaranya saya menggunkan ebod vit. Yang saya berikan 3 kali dalam seminggu.

  • Pemandian Dan Penjemuran

cara pemandian-rumahkicauku.com
rumahkicauku.com

Tentu lovebird juga perlu dimandikan supaya bersih, sehingga terlihat lebih fresh. Pemandian pada lovebird juga mempengaruhi mental dan kualitas ketika tampil di perlombaan.

Biasanya lovebird saya mandikan secara rutin setiap hari pada pukul 05.00 pagi. Air yang disemprotkan juga tidak boleh terlalu keras karena dapat membuat tubuh lovebird sakit. Cukup disemprot dengan air yang dibuat seperti kabut saja sampai basah kuyup.

Setelah dimandikan cukup diletakan di teras jangan di gantung. Ketika matahari terbit, baru saya jemur kurang lebih 2,5 jam. Jangan terlalu lama karena dapat merusak kenyaman lovebird karena kepanasan.

  • Penempatan

lovebird-curvelube.com
curvelube.com

Setelah pemandian dan penjemuran selesai, pastikan selalu dikerodong. Dan jangan lupa mengecek makan dan minumannya sudah diberi belum, supaya tidak mati kelaparan,hehe.

Kemudian taruh lovebird di ruangan yang jauh dari lovebird lain. Itu dilakukan agar lovebird kita tidak over birahi atau sering disebut dengan istilah OB. Yang menyebabkan tidak maksimal ketika dilombakan, bahkan kadang tidak mau bunyi.

Berhenti Atau Vakum Mengikuti Lomba

tropy-my-bird-club.blogspot.com
my-bird-club.blogspot.com

Setelah sekian lama menikmati susah dan senangnya mengikuti lomba kicau di berbagai daerah. Senang jika jagoannya menang dan susah jika kalah, itu sudah biasa sih. Hampir setiap hari saya mengikuti lomba kicau, baik waktu pagi maupun malam hari.

Selama kurang lebih 2 tahunan saya mengikuti lomba kicau, akhirnya saya memutuskan  berhenti dari dunia lomba kicau. Padahal sudah banyak tropi maupun piagam yang sudah saya dan lovebird jagoan saya dapatkan dari berbagia daerah.

Pernah ada yang menawar lovebird jagoan saya dengan harga 3 juta, namun saya menolaknya. Karena sudah terlalu sayang dan butuh perawatan ekstra ketika membesarkannya hingga menjadi burung jawara.

Saya berhenti dari dunia lomba kicau karena ingin fokus budidaya atau peternakan lovebird saja. Itulah pengalaman sepenggal pengalaman yang saya daptkan ketika masih menjadi kicau mania. Yang tak akan terlupakan hingga hari ini, detik ini.

Tinggalkan Balasan