7+ Manisnya Manfaat Kurma Muda/ Ruthob untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Tidak banyak masyarakat yang mengenal kurma muda/ ruthob, mereka lebih akrab dengan kurma matang atau kering. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, seperti jarangnya orang yang menjual kurma muda, ketersediaan yang lebih jarang dan harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan dengan kurma kering. Namun dibalik itu semua, nyatanya kurma muda memiliki manfaat yang begitu manis bagi kesehatan. Apa saja manfaat ruthob bagi kesehatan?Berikut uraiannya

Kurma Muda/ Ruthob dan Berbagai Kandungannya

manfaat dan kandungan kurma muda
klinikabah.com

Kurma muda atau Ruthob merupakan jenis kurma segar sebelum matang yang memiliki rasa manis dengan tekstur renyah, rasanya manis agak sepet. Dan harganya pun cukup mahal, yaitu berkisar antara 250-400 ribu rupiah/kg tergantung warnanya (hijau, kuning, merah). Uuntuk kurma muda hijau harganya paling murah. Harga tersebut juga sangatlah wajar, mengingat ketersediaanya yang terbatas dan tidak selalu ada.

Harga tersebut memang pantas, melihat kandungan dan manfaat yang ada di dalam kurma muda. Kurma muda kaya akan berbagai nutrisi dan mineral penting, seperti vitamin A, vitamin B, kalsium, zat besi dan kandungan zat lainnya tentu bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Kurma Muda yang Menyehatkan

kesehatan tubuh
sharetipsdancara.blogspot.com

Fruktosa yang terkandung dalam kurma muda/ ruthob mampu memberikan energi instan pada tubuh yang kelelahan. Dan bagi ibu hamil, dengan mengonsumsi kurma muda secara rutin disinyalir dapat membantu mempercepat proses kelahiran dan mencegah terjadinya pendarahan saat melahirkan, karena kandungan hormon serupa oksitosin di dalamnya.

Berikut manfaat kurma muda yang lebih lengkap:

1. Mencegah Stroke dan Jantung Koroner

Di dalam kurma muda terkandung mineral kalium yang mampu mengontrol tekanan darah dan detak jantung agar selalu stabil. Jadi kurma muda mampu menetralkan penyebab terjadinya penyakit stroke atau jantung koroner.

2. Mengoptimalkan Proses Metabolisme Tubuh

Beberapa kelompok vitamin B-kompleks, seperti pridoksin, niasin, asam pantotenat dan riboflavin yang bertugas sebagai cO-factor dalam proses metabolisme karbohidrat, protein dan juga lemak di dalam tubuh. Jadi kurma muda merupakan sumber moderat dalam proses metabolisme tubuh.

3. Sumber Energi Instan

Kurma muda mengandung gual fruktosa yang dapat diserap cepat oleh tubuh sehingga memberikan energi dan merevitalisasi tubuh secara instan. Jadi tak heran, jika kurma muda sangat disarankan untuk dikonsumsi pertama kali ketika berbuka puasa. Selain itu juga dapat dikonsumsi kapan pun ketika tubuh kekurangan energi.

4. Kaya akan Kandungan Zat Besi

kandunga zat besi kurma
wanita22.com

Di dalam 100 gr kurma muda terkandung 0,09 mg zat besi atau sama dengan 11% dari kebutuhan zat besi yang diperlukan tubuh. Sehingga menjadikannya sebagai sumber zat besi yang sangat baik. Zat besi sendiri memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, diantaranya berperan penting dalam membantu pembentukan hemoglobin (Hb), menjaga kesehatan otot dan otak, serta beragam fungsi dan khasiat penting lainnya.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dan senyawa zeaxanthin di dalam kurma muda/ ruthobĀ mampu memberikan perlindungan degenerasi makula terkait usia. Sehingga kesehatan mata senantiasa terjaga tanpa harus khawatir terhadap usia yang semakin menua apabila Anda mengonsumsi kurma muda secara rutin sedari dini.

6. Kaya akan Andioksidan

Ternyata di dalam kurma muda juga tekandung berbagai sanyawa antioksidan seperti, beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yang berandil besar dalam memproteksi atau melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas. Dengan adanya senyawa-senyawa tersebut, maka risiko timbulnya kanker dan berbagai penyakit serius lainnya dapat diminimalisir.

7. Baik untuk Ibu Hamil dan Promil

Betapa luar biasaya manfaat kurma muda bagi ibu hamil. Karena kandungan hormo yang menyerupai hormon oktitosin pada kurma muda diketahui dapat membantu dalam mempercepat proese kelahiran dan mencegah terjadinya perdarahan hebat pada saat proses melahirkan.

Kandungan fitoestrogen dalam kurma muda pun memilki aktivitas estrogenik yang serupan dengan estrogen alami wanita yang dipercaya dapat meningkatkan kesuburan. Untuk pasangan yang telah lama menantikan kehadiran sang buah hatinnya, tidak salah jika menjadikan kurma muda sebagai herbal dalam melakukan progam hamil (promil).

8. Melancarkan Asi

Tdak hanya sampai di situ saja, kurma muda juga sangat bermanfaat untuk sang buah hati yang telah lahir. Karena kurma muda sangat bagus dan dapat melancarkan air susu ibu (ASI). Jika biasanya orang Indonesia menggunakan daun katuk atau daun pepaya untuk melancarkan ASI, kini Anda bisa mencobanya dengan mengonsumsi kurma muda.

Di dalam kurma muda terkandung oksitosin yang beperan dalam produksi ASI. Jadi, jika Anda ingin buah hati mendapatkan asupan ASI yang banyak dan berkualitas, konsumsilah kurma muda secara rutin selama menyusui.

Cara Tepat Mengonsumi Kurma Muda/ Ruthob

cara mengonsumsi kurma muda
health.grid.id

1. Menumbuknya sampai halus/ dibuat serbuk

Cara yang pertama dalam mengonsumsi kurma muda ialah dengan menjadikannya serbuk, yaitu dengan cara menumbuknya sampai halus. Setelah benar-benar halus, kemudian tambahkan susu dan kuning telur ayam kampung. Dan konsumsilah secara rutin setiap 2 kali sehari, pagi dan sore hari.

2. Diseduh

Cara kedua yaitu dengan menyeduhnya. Mengkonsumsi kurma muda/ Ruthob juga bisa dengan cara diseduh, namun setelah kurma muda ditumbuk halus dan disaring. Kemudian tambahkan madu murni secukupnya serta susu dan air lemon. Minuman lezat dan kaya akan khasiat ini dapat dikonsumsi pada pagi dan malam hari sebelum tidur secara rutin.

3. Dicampurkan dengan jus buah

Ketiga, Anda dapat mengonsumsinya dengan cara dijus bersamaan dengan buah-buahan lainnya, seperti tomat, apel, wortel dengan campuran madu. Dan jus sehat ini dapat Anda konsumsi 2 kali sehari secara teratur.

4. Dimakan langsung

Kurma muda juga dapat dimakan langsung, rasanya manis agak sepet dan renyah ketika dikunyah membuatnya semakin lezat. Eits, tapi jangan lupa cuci dulu ya sebelum dimakan. Anda dapat mengonsumsinya dengan jumlah ganjil (1, 3, 5) 2 kali sehari pada pagi dan malam hari.

5. Dibuat bubur

Selain dibuat menjadi minuman penuh khasiat, kurma muda juga dapat diolah menjadi bubur yang tak kalah sehatnya. Kurma muda yang telah ditumbuk menjadi serbuk dapat dijadikan menjadi bubur.

Caranya pun cukup mudah, buatlah bubur nasi seperti biasanya, kemudian tambahkan serbuk kurma disertai 2 sendok teh madu murni guna meninggkatkan aroma dan citarasanya. Bubur ini bukan hanya berkhasiat pada pasutri yang ingin segera memiliki momomgan, tetapi juga sangat baik dikonsumsi oleh lansia yang menderita stroke dan darah tinggi.

Cara makan kurma muda lainnya untuk promil

Sangat manis bukan manfaat dari kurma muda/ ruthob ini. Jadi apa yang Anda tunggu, lengkapi kebutuhan nutrisi Anda dengan menghadirkan kurma muda ke dalam menu makanan sehari-hari. Memang harganya relatif lebih tinggi, namun lihatlah banykanya manfaat yang ditawarkannya bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan