Manfaat Buah Semangka bagi Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Kamu pernah makan semangka? Pastinya dong. Jenis semangka apa aja yang pernah kamu makan? Apakah jenis semangka merah,  semangka kuning atau malah keduanya. Namun, apakah kamu tahu apa saja manfaat buah semangka bagi tubuhmu?.

Buah semangka sangat mudah dijumpai di Indonesia. Buah yang didominasi kandungan air ini memiliki rasa yang sangat manis, sehingga sangat disukai anak-anak hingga manula. Selain itu semangka memiliki kandungan gizi yang sangat banyak, seperti mineral, vitamin, zat antioksidan dan rendah kalori.

Berikut kandungan gizi dari semangka per 100 gram sajian:

  • Asam Pantotenat 0,654 mg
  • Fosfor 31 mg
  • Folat 9 mcg
  • Kalium 319 mg
  • Kalsium 19 mg
  • Kalori 85 kal
  • Magnesium 30 mg
  • Mangan 0,112 mg
  • Niasin 0,521 mg
  • Protein 1,74 gr
  • Riboflavin 0,09 mg
  • Sodium 2,9 mg
  • Selenium 1,2 mcg
  • Seng 0,32 mg
  • Serat 1,9 gr
  • Tembaga 0,15 mg
  • Tiamin 0,092 mg
  • Vitamin A 1630 IU
  • Vitamin B6 0,123 mg
  • Vitamin C 23,4 mg
  • Vitamin E 0,15 MG
  • Vitamin K 0,4 mcg
  • Zat besi 0,98 mg

Dengan kandungan nutrisi yang lengkap tersebut, semangka menjadi salah satu buah yang bisa digunakan untuk memelihara kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui.

Manfaat untuk Kecantikan

manfaat buah semangka untuk kecantikan
uzone.id
  1. Menghidrasi Kulit

Kandungan buah semangka merupakan 91%  air, sehingga dapat menjaga tubuh kamu tetap terhidrasi selama musim panas jika memakannya. Dengan menghidrasi tubuh dengan baik akan membuat kulitmu menjadi kilau sehat serta mendorong produksi kolagen yang berguna membuat kulit tetap kencang dan sehat.

Kamu dapat menjadikan buah semangka sebagai masker wajah dengan cara mengambil sari airnya lalu oleskan pada wajah selama 15 menit. Selanjutnya bilas dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin. Hal tersebut dapat membuat kulit wajahmu bersih dan segar.

  1. Anti Penuaan

Buah semangka memiliki khasiat sebagai antioksidan. Antioksidan mampu melawan radikal bebas, sehingga dapat mencegah semua tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis-garis halus serta noda karena terjadinya penuaan.

Semangka juga bersifat diuretik alami yang mampu membersihkan racun dalam tubuh sehingga dapat membersihkan sistem tubuh Anda. Dengan itu, Anda akan mendapatkan kulit yang tampak sehat dan muda.

Dengan mengonsumsi setidaknya 2 cangkir jus semangka setiap hari atau Anda dapat mengoleskannya pada kulit untuk mengurangi risiko kerusakan akibat terkena paparn sinar matahari hingga 40%.

  1. Sebagai Toner Alami

Semangka segar memiliki sifat astringent yang sangat cocok digunakan sebagai toner. Anda bisa mengoleskan irisan semangka secara langsung ke wajah atau dengan mencampurkannya dengan bahan alami lain terlebih dahulu.

Jika kulit Anda kering, Anda bisa membuat sendiri toner dengan cara mencampur sari semangka dengan madu.

Sedangkan bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, Anda dapat mencampurkan satu cangkir semangka dengan 2 sendok makan witch hazelnut serta 2 sendok air.

Kemudian celupkan kapas pada toner yang telah dibuat dan oleskan pada wajah dan leher. Dengan cara ini maka akan mengeksfoliasi, menyegarkan serta mengencangkan kulit Anda.

  1. Melangsingkan Tubuh

Kandungan asam amino cutriline dalam semangka ternyata juga sangat efektif dalam mengatasi lemak yang menumpuk dalam tubuh. Senyawa ini didapatkan setelah semangka dirubah oleh ginjal menjadi arigin.

Dan kemampuan senyawa ini akan lebih tinggi ketika sudah menjadi arigin dan arigin dapat menyebabkan tubuh melemahkan sel-sel lemak yang ada pada tubuh dan larut dalam saluran pencernaan. Jadi semangka sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang ingin diet.

Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

manfaat buah semangka untuk kesehatan
nakita.grid.id
  1. Menangkal Kanker

Semangka menjadi salah satu buah dengan sumber vitamin C dan Licopen yang tinggi. Kedua zat tersebut sangat penting untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas penyebab kanker.

Dan kandungan antioksidan yang  sangat tinggi pada semangka baik dikonsumsi oleh penderita kanker prostat dan beberapa jenis kanker lainnya.

  1. Mencegah Peradangan

Peradangan yang terjadi pada organ tubuh manusia dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit yang berbahaya. Dengan kandungan senyawa kolin yang ada pada semangka, maka dapat mencegah terjadinya peradangan.

Kandungan senyawa kolin memilki fungsi yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan otot, menciptakan efek santai pada tubuh, dan memperbaiki ingatan otak.

Selain itu, senyawa kolin pada semangka juga memiliki peran untuk menyeimbangkan kesehatan sel tubuh, membantu pengiriman sinyal syaraf otak dan motorik, serta membantu proses penyerapan lemak yang ada dalam tubuh.

  1. Mencegah Asma

Buah semngka tidak memiliki kemampuan menyembuhkan asma, tetapi hanya mencegah tahap gejala atau penyakit pernapasan yang dapat menjadi asma.

Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, buah semangka secara efektif mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mencegah terjadinya gangguan pernapasan.

  1. Menurukan Tekanan Darah

Manfaat buah semangka ternyata juga sangat efektif menurunkan tekanan darah. Jika Anda memiliki penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, maka disarankan untuk mengonsumsi buah semangka secara rutin.

Semangka memiliki efek yang sangat baik pada pembuluh darah dan dapat mengatasi tekanan yang terlalu berat pada pembuluh darah di jantung. Nah, hal inilah yang menjadikan buah semangka menjadi buah menyegarkan bagi penderita hipertensi.

  1. Mengatasi Sembelit

Buah semangka adalah buah dengan kandungan serat dan air yang sangat tinggi. Serat dalam buah semangka dapat mengatasi sembelit karena kekurangan serat larut dalam usus.Serat akan membentuk gel alami pada usus besar sehingga melancarkan penyerapan nutrisi dan melancarkan BAB.

  1. Mengatasi Nyeri Otot

Kandungan senyawa asam amino citruline yang ditemukan dalam buah semangka memiliki efek meredakan nyeri otot. Senyawa ini juga mampu membuat tubuh lebih santai sehingga meredakan ketegangan yang terjadi. Hal ini yang menjadikan semangka sangat efektif untuk atlit setelah bertanding.

  1. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi merupakan salah satu jenis kelainan yang terjadi karena tubuh kekurangan asupan air mineral. Dan semangka menjadi buah yang menyegarkan dengan kandungan airnya yang tinggi.

Kekurangan air dapat meyebabkan tubuh menjadi lemah, kurang ber-energi dan kehilangan konsentrasi. Selain hal itu, kekurangan air juga berpotensi membuat ginjal bekerja lebih berat dan itu dapat menimbulkan gangguan ginjal.

  1. Memelihara Kesehatan Jantung dan Tulang

Kandungan senyawa likopen pada buah semangka juga berfungsi membantu memelihara kesehatan jantung dan tulang. Untuk jantung, semangka mampu membuat aliaran darah dalam jantung lebih maksimal, memelihara sel tubuh dan mengurangi tingkat oksidatif pada pembuluh darah yang sering menyebabkan serangan jantung.

Dan untuk tulang, buah semangka juga sangat efektif dalam membentuk kepadatan tulang sehingga mencegah osteoporosis. Liopen akan memelihara kesehatan jantung dan mempertahankan kepadatan tulang dengan cara mempercepat penyerapan kalsium.

  1. Melancarkan Urin

Orang yang memiliki masalah dengan saluran diuretik dan ginjal dapat mengonsumsi semangka sebagai terapi alaminya. Dengan kandungan air yang sangat tinggi, semangka dapat meningkatkan aliran urin dalam tubuh. Jadi dapat meringankan sistem kerja ginjal.

  1. Memelihara Kesehatan Mata

Buah semangka mengandung vitamin A dan zat beta karoten yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan retina dan lensa mata. selain itu, semangka juga dapat membantu dalam mencegah penyakit mata karena usia, seperti katarak dan rabun pada orang tua.

  1. Mencegah Impotensi

Manfaat buah semangka yang menarik lainnya ialah mencegah impotensi. Kandungan senyawa citruline yang dirubah menjadi arigin loeh ginjal ternyata telah memberikan peran yang besar dalam mencegah masalah disfungsi ereksi pada laki-laki.

Selain itu manfaat semangka untuk kesuburan juga mampu meningkatkan gairah seksual, mengurangi rasa lemah dan lesu, serta meningkatkan libido.

***

Selain itu semua, ternyata semangka juga bisa menjadi bahan dasar MPASI lho. Jadi bagi Anda yang akan memberi gizi dan nutrisi terbaik bagi bayi. Maka tak salah bila memberi MPASI buah tersebut.

Tips Mengonsumsi Buah Semangka

cara mengonsumsi buah semangka
lifestyle.kompas.com

Untuk mendapatkan manfaat buah semangka yang sangat banyak itu, maka konsumsi buah semangka juga harus lakukan sesuai aturan. Berikut merupakan beberapa tips dalam mengonsumsi buah semangka agar tetap sehat.

  • Cucilah buah semangka sebelum dikupas guna membersihkan kulit dari bakteri.
  • Sajikan semangka saat dikupas kulitnya untuk menghindari terjadinya kontaminasi bakteri.
  • Selalu konsumsi semangka yang masih segar ketika baru dipotong.
  • Hindari pemakaian pisau bekas daging atau makanan lainnya untuk memotong semangka.
  • Hindari juga mengonsumsi semangka yang sudah dipotong dan disimpan lebih dari 24 jam.

Nah, itulah beberapa manfaat buah semnagka bagi kecantikan dan kesehatan tubuh yang Anda dapatkan jika mengonsumsinya dengan benar. Sekian dari kami dan salam sehat.

Tinggalkan Balasan