Sejuta Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Sejuta Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan-Meski sering Anda temui dalam kehidupan sehari-hari sebagai bumbu dapur, siapa sangka bahwa bawang putih ternyata membawa manfaat luar biasa yang mungkin belum pernah Anda duga sebelumnya.

Bumbu dapur satu ini rupa-rupanya tak hanya berguna untuk menambah kelezatan masakan, namun juga sebagai makanan yang sangat bermanfaat dalam menyembuhkan dari berbagai macam penyakit.

Lalu, apa saja manfaat bawang putih? Baca terus artikel berikut.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

manfaat bawang putih untuk kecantikan
klikdokter.com

1. Mencegah Pembentukan Kanker

Kandungan senyawa sulfur bioaktif pada bawang putih diyakini memiliki efek yang menghambat pada setiap tahap pembentukan sel kanker. Senyawa ini dapat mempengaruhi proses biologis sehingga kanker tidak mudah tumbuh dan tidak jadi terbentuk.

Hal ini juga terjadi karena kandungan PhIP, yang merupakan salah satu bentuk dari amina heterosikli (HCA) yang dapat memicu timbulnya kanker payudara pada perempuan akan dihambat perkembangannya serta diubah menjadi karsinogen yang dilakukan oleh zat diallyl sulfida.

2. Mengobati Infeksi Paru-paru

Sifat anti bakteri dan anti mikroba yang dimiliki bawang putih akan melawan kuman, bakteri, dan mikroba yang menjadi penyebab infeksi paru-paru. Jadi bagi yang mempunyai penyakit infeksi paru-paru rajinlah mengkonsumsi bawang putih 2 siung setiap hari.

3. Membasmi Kolesterol Jahat dalam Tubuh

Dengan mengkonsumsi bawang putih secara teratur, terbukti dapat meningkatkan produksi insulin pada tubuh. Dan juga secara signifikan dapat memangkas atau mengurangi kolesterol jahat atau LDL hingga 15%. Dan anda tidak perlu khawatir, karena bawang putih tidak akan mempengaruhi kolesterol baik (HDL).

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bawang putih juga memiliki kandungan senyawa antioksidan dan juga allicin. Kedua senyawa ini memiliki kemampuan menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara melancarkan sistem peredaran darah dan juga menyehatkan pembuluh arteri.

5. Meningkatkan Sistem Imun atau Kekebalan Tubuh

Semua kandungan senyawa yang ada pada bawang putih terutama vitamin C nya dapat menguatkan sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh Anda. Jadi, Anda bisa mengkonsumsinya baik dengan cara dimakan secara mentah maupun dibuat jus.

6. Mencegah Terjadinya Alzheimer dan Demensia

Mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah banyak terbukti dapat meningkatkan produksi enzim antioksidan pada tubuh, tentu hal ini dapat mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif sehingga mencegah terjadinya alzheimer dan demensia.

7. Meningkatkan Metabolisme pada Tubuh

Kandungan enzim alami yang ada pada bawang putih dpat meningkatkan sistem metabolisme tubuh Anda.

8. Mengobati Flu

Bawang putih juga berkhasiat mengobati flu. Sifat anti bakteri dan anti mikroba yang dimiliki bawang putih akan membasmi bakteri dan mikroba penyebab flu.

9. Membantu Diet atau Menurunkan Berat Badan

Dengan lancarnya sistem metabolisme tubuh seperti yang telah dijelaskan pada poin ke-7, maka timbunan lemak di bagian tertentu pada tubuh akan berkurang karena kini Anda mempunyai sistem metabolisme tubuh yang lebih baik.

10. Mengobati Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit kulit yang terjadi karena adanya peradangan seperti kulit mengelupas, gatal, dan disertai nyeri. Sifat anti-inflamasi yang dimiliki bawang putih dapat mengobati penyakit tersebut. Anda bisa memakan secara mentah bawang putih, namun bisa juga dengan mengoles-oles bawang putih pada kulit yang mengalami peradangan.

11. Mengobati Sinusitis

Sifat anti bakteri pada bawang putih juga berkhasiat mengurangi radang di rongga hidung sehingga pernapasan akan menjadi lancar dan juga mengurangi sakit kepala yang disebabkan oleh sinusitis.

12. Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi pada umumnya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Nah, anti-bakteri pada bawang putih akan segera membasmi bakteri yang menyebabkan sakit gigi. Dan juga kandungan analgesiknya ampuh mengurangi rasa sakit yang terjadi akibat sakit gigi.

14. Mengobati Keputihan

Bawang putih sudah menjadi resep herbal secara turun temurun dikarenakan kandungan zat-zat yang mengandung sifat antibakteri dan antijamur. Cara mengobati keputihan menggunakan bawang putih dapat dikatakan cukup efektif. Dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin akan menghambat bakteri yang masuk pada area kewanitaan Anda.

Anda dapat mengkonsumsi bawang putih dengan cara apapun asalkan rutin dan teratur serta Anda menikmatinya. Begitulah cara mengobati keputihan dengan bawang putih.

15. Membunuh Jamur Kaki

Sifat anti-inflamasi pada bawang putih juga dapat membunuh jamur kaki dan juga dapat mengeringkan luka serta menyamarkan bekas jamur kaki.

16. Mencegah Diabetes

Bawang putih diklaim mampu menormalkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga rempah-rempah satu ini pun cukup terkenal akan kemampuannya menghindarkan penyakit kencing manis.

17. Menetralisir Racun dalam Tubuh

Anda ingin melakukan detoksifikasi tubuh secara alami? Bawang putih mungkin bisa jadi jawaban dan solusi yang ideal. Menurut beberapa pakar peneliti, bumbu dapur satu ini mengandung sejumlah komponen senyawa yang berfungsi mengenyahkan berbagai macam racun serta mampu mengeliminasi beberapa komponen kimiawi yang membahayakan dari dalam tubuh Anda.

18. Meningkatkan Seksualitas bagi Pria

Manfaat bawang putih bagi para pria adalah untuk menambah gairah seksualitas. Sebab bawang putih mengandung aliccin, yaitu zat yang berfungsi melancarkan peredaran darah pada organ seksual pria.

Cara mendapatkan manfaat sehat ini adalah dengan mencampur bawang putih, telur ayam kampung, dan madu, kemudian minumlah campuran ramuan tersebut secara rutin.

Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan

manfaat bawang putih untuk kecantikan (1)
merdeka.com

19. Menyehatkan Rambut

Merawat rambut menggunakan bawang putih dapat memperkuat akar rambut sehingga meminimalisir kerontokan, mengobati dan menjaga kulit kepala dari ketombe, dan membuat rambut lebih tebal serta bersinar. Caranya cukup mudah, yaitu siapkan bawang putih secukupnya, kemudian blender hingga halus, kemudian gunakan sebagai masker rambut.

20. Mencegah dan Mengurangi Tumbuhnya Jerawat

Lelah dengan jerawat yang selalu tumbuh silih berganti? Saatnya membasmi penyebab jerawat dari akarnya, yakni dengan membersihkan darah. Caranya adalah rutin makan bawang putih sebanyak 1-2 siung setiap hari.

Bawang putih memang memiliki aroma yang sangat tajam. Namun Anda bisa mengesampingkan aromanya untuk mendapatkan manfaat yang begitu banyak dalam bawang putih.

Tinggalkan Balasan