9 Jenis Makanan Wajib untuk Lovebird Lomba dan Lovebird Ternak

9 Jenis Makanan Wajib untuk Lovebird Lomba dan Lovebird Ternak- Lovebird merupakan jenis burung paruh bengkok yang sedang booming dibelakangan ini. Banyak para penghobi yang memelihara lovebird, baik untuk kontes maupun ternak. Tidak sedikit pula orang menjadi lovebird sebagai sumber keuangannya.

Perawatan lovebird yang cukup mudah juga menjadi salah satu alasan memeliharanya. Selain pakan yang hemat, pakan lovebird juga mudah untuk didapatkan. Namun, apakah Anda tahu apa saja jenis makanan yang bagus untuk lovebird?

Nah, kali ini kita akan membahas jenis makanan apa saja yang bagus untuk lovebird dan apa manfaatnya, yuk simak pembahasan berikut ini.

Baca juga: 33 Jenis dan Mutasi Lovebird Biola beserta Gambarnya.

Jenis Makanan yang Bagus Buat Lovebird Lomba dan Ternak

Ada beberapa jenis makanan lovebird yang dapat kita berikan, namun tidak semuanya dapat kita berikan setiap hari. Berikut apa saja makanan yang dapat diberikan setiap hari dan sebagai ekstra fooding.

Millet

millet putih
premiumtimesng.com

Millet merupakan makanan pokok yang harus ada dan diberikan setiap hari untuk lovebird. Selain untuk lovebird, millet juga biasa digunakan sebagai pakan berbagai jenis burung lain, seperti kenari dan perkutut.

Millet ada 2 jenis, yaitu millet putih dan millet merah. Millet putih bersifat netral, sedangkan millet merah bersifat menjaga kesetabilan birahi lovebird. Anda dapat memberikan dengan cara mencampurnya maupun terpisah.

Canary Seed

canary seed
canpulsefoodsltd.com

Canary seed atau biji kenari merupakan andalan untuk membuat kicauan lovebird lebih lama. Selain itu biji kenari juga berfungsi memperbaiki suara burung yang serak menjadi nyaring seperti semula. Pemberian biji kenari juga dapat menambah stamina serta menyegarkan tubuh.

Biji kenari juga biasa diberikan sebagai makanan lovebird ternak ketika sedang meloloh anaknya, karena biji kenari membuat lebih cepat kenyang dan tahan lama.

Pilihlah biji kenari yang sudah tua, berikan dalam porsi secukupnya dan campur dengan millet, tapi jangan terlalu sering memberi biji kenari karena dapat membuat birahi meningkat.Selain lovebird, biji kenari juga juga biasa digunakan sebagai pakan berbagai jenis burung.

Oat atau Haver

oat atau haver
ahealthylife.nl

Oat atau haver atau biji gandum, pemberian biji ini pada lovebird memiliki banyak manfaat, terutama lovebird yang sedang sakit. Karena biji gandum kaya akan protein, kalori, dan karbohidratnya yang sangat baik bagi tubuh.

Dengan berbagai kandungan yang terdapat di dalamnya, biji gandum dapat membuat burung tidak stres, mencegah kolesterol, mempercantik kulit dan bulu, menjaga pencernaan, dan pemberian pada anakan lovebird dapat mempercepat pertumbuhannya.

Kuaci

kuaci
hellosehat.com

Kuaci merupakan salah satu jenis makanan favorit burung paruh bengkok, tidak terkecuali lovebird. Namun biasanya, kuaci hanya digunakan sebagai pakan selingan saja.

Pemberian kuaci pada lovebird tidak boleh terlalu berlebihan, karena dapat menyebabkan kegemukan atau terjadi timbunan lemak pada lovebird. Berikan kuaci sebagai makanan selingan saja, seminggu sekali atau dua kali saja.

Kuaci sangat baik diberikan pada lovebird ketika dalam kondisi drop birahinya karena kuaci merupakan makanan lovebird agar cepat birahi, atau juga ketika sedang nyilet (badan kurus).

Juwawut atau otek

Juwawut atau otek
bukalapak.com

Lovebird juga sangat suka dengan juwawut atau otek. Otek kaya akan kandungan protein dan zat kapur, sehingga sangat baik untuk lovebird yang akan bertelur.

Jika kamu merupakan peternak lovebird, maka otek makanan selingan yang wajib agar dapat menghasilkan telur-telur yang bagus.

Baca juga: 23+ Jenis Lovebird Terpopuler di Indonesia Disertai Gambarnya.

Jagung Manis

jagung manis
mesinpertanian.id

Jagung manis kaya akan vitamin B dan C, crypthoxanthin dan beta karoten yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan dan kesehatan tubuh, mata, serta otot pada lovebird.

Anda dapat memberikan jagung manis yang masih utuh atau dirontokan dahulu dengan mesin atau manual, dan pastikan jagung akan diberikan dalam keadaan bersih.

Kangkung

kangkung
lugualami.net

Kangkung merupakan ekstra fooding yang sangat bagus bagi lovebird. Para peternak maupun penghobi sering kali menjadikan sayuran ini sebagai makanan tambahan lovebird.

Kangkung terkenal akan kandungan kalsiumnya yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk lovebird ternak karena baik untuk pertumbuhan cangkang telur dan tulang.

Namun tidak sedikit pula lovebird lomba yang diberi kangkung, alasannya untuk memenuhi kebutuhan kalsium lovebird itu sendiri.

Toge/Kecambah

kecambah atau toge
hellosehat.com

Bagi para penghobi maupun peternak lovebird, pemberian toge sudah tidak asing lagi.

Kenapa demikian?

Karena toge sangat bergizi. Toge dapat meningkatkan stamina lovebird lomba, sehingga lovebird lebih aktif berkicau dengan durasi yang lama pula. Sedangkan untuk lovebird ternak, pemberian toge dapat menyuburkan reproduksi lovebird.

Tulang Sotong

tulang sotong
tekooneko.com

Untuk pecinta kicau mania, terutama kenari, mungkin sudah tidak asing lagi dengan tulang sotong. Tulang sotong menjadi ekstra fooding yang sering diberikan ke kenari.

Namun bukan hanya kenari saja loh, lovebird juga doyan dengan tulang sotong.

Tulang sotong menjadi salah satu sumber mineral dan kalsium yang sangat bagus untuk lovebird. Dengan memberikan tulang sotong, paruh lovebird akan terus terasah agar tetap berbentuk bagus untuk digunakan.

Nah itulah beberapa jenis makanan lovebird yang dapat membuat stamina meningkat dan membuat lovebird ternak lebih produktif. (Baca juga: 4 Cara Mudah Budidaya Ulat Hongkong Bagi Pemula Sampai Sukses).

 

Tinggalkan Balasan