33 Jenis dan Mutasi Lovebird Biola beserta Gambarnya

Lovebird Biola Merupakan jenis lovebird mahal saat ini atau bisa dikatakan premium karena memiliki harga yang tinggi, yaitu sekitar Rp 11 juta sampai Rp 28 juta lebih. Hmm, lumayan mahal kan? Jadi dapat dibilang jenis lovebird ini termasuk jenis lovebird ningrat karena sudah memiliki harga yang tinggi begitu lahir.

Pada umumnya lovebird biola mempunyai ciri yang khas, yaitu kepala berwarna merah cerah atau orange. Dan tubuhnya berwarna hijau muda bersih agak kekuningan. Jenis ini merupakan yang paling umum dan paling mudah untuk dikenali sebagai lovebird biola.

Sebenarnya masih banyak jenis lovebird biola yang beredar di Indonesia, hal ini karena hasil silangan indukan lovebird biola dengan jenis lovebird lain sehingga menghasilkan beberapa jenis lovebird biola baru atau mutasi lovebird opaline.

Dan untuk mendapatkan atau menghasilkan anakan lovebird biola dari persilangan dengan jenis lain maka usahakan pejantannya kalau bisa lovebird biola. Sementara betinanya bebas dari jenis lovebird lain, tapi juga usahakan dari jenis yang bagus juga.

Baca juga: 23+ Jenis Lovebird Terpopuler di Indonesia Disertai Gambarnya.

Asal Mula Lovebird Biola atau Opaline

lovebird green opaline
pinterest.com

Lovebird Biola atau Opaline merupakan jenis mutasi pertama dari lovebird muka salem, yang lahir di Becky Anderson Bird Farm, Michigan, AS. Anakan pertama opaline menetas pada tanggal 18 Januari 1997 dan berasal dari dua induk jantan dan betina jenis lovebird muka salem biasa.

Australia sebagai pemilik plasma nutfah jenis burung cantik ini pun sangat mengapresiasi positif terhadap Becky Anderson. Dan sejak saat itu pula, para penangkar lovebird di berbagai benua berlomba-lomba mencetak jenis lovebird ini, khususnya di benua Australia, Amerika, dan Eropa.

Opaline generasi pertama yaitu green opaline, dengan ciri-ciri seluruhnya kepalanya berwarna merah (seperti kerudung) dan ekornya berwarna merah-oranye. Lovebird Biola Opaline berbeda dari warna hijau normal (sebutan untuk muka salem yang asli), di mana warna hijaunya terlihat lebih terang / cerah. Pantat atau perbatasan antara punggung dan ekor juga tidak ada warna biru, tetapi hijau terang seperti warna dominan pada bulunya.

Saat ini lovebird opaline menjadi salah satu bahan penting bagi para penangkar burung di seluruh dunia, untuk menghasilkan atau mencetak berbagai mutasi varian warna baru yang bagus. Namun, sebagian hasil persilangan akan membuat kerudung merahnya hilang, berganti dengan warna lain, namun modelnya masih tetap seperti kerudung. Ada yang terlihat jelas, mengalami gradasi, memiliki corak yang berbeda dan sebagainya.

Nah, sekarang kita akan membahas jenis lovebird biola apasaja yang sudah di Indonesia dan dunia, baik jenis biola asli ataupun hasil dari persilangan.

Baca juga: Terbukti! Inilah 5 Cara Ternak Lovebird yang Mudah Bagi Pemula.

Jenis Lovebird Biola Lengkap

1. Lovebird Biola Green

lovebird biola green
lovebirdndeso.net

Lovebird Biola Green juga dikenal dengan sebutan Lovebird Biola Standar atau Green Opaline. Jenis lovebird biola ini paling mudah ditemui. Dan jenis ini memiliki ciri-ciri mempunyai warna dominan hijau, di bagian sayap seperti ada motif yang menyerupai batik, dengan kepala sble berwarna merah cerah atau orange.

2. Lovebird Biola Blue

lovebird biola blue
burungnya.com

 

Lovebird Biola Blue disebut juga dengan nama Lovebird Blue Opaline. Lovebird Biola Blue mempunyai ciri-ciri tubuhnya didominasi warna biru dengan kepala berwarna putih sable head atau kepala elang. Warna putih bersih pada kepala sampai sebatas leher, jadi sekilas lovebird biola blue memang mirip dengan elang.

3. Lovebird Biola Parblue

lovebird biola parblue
burungnya.com

Lovebird Biola Parblue tergolong jenis lovebird biola yang langka, karena jarang atau masih sulit ditemukan di Indonesia dan masih sedikit yang dapat mencetak lovebord biola parblue.

Jika Anda ingin mendapatkan anakan biola parblue dari hasil persilangan, maka Anda harus menyilangkan indukan Lovebird Biola Blue Posible Parblue (anakan dari Lovebird Biola Blue X Lovebird Parblue betina) dikawinkan dengan Lovebird Parblue Pastel betina. Namun cara tersebut belum tentu berhasil.

4. Lovebird Biola Euwing

lovebird biola euwing
twitter.com

Lovebird Biola Euwing mempunyai ciri-ciri yang sangat mudah untuk dikenali, yaitu bias Anda lihat pada sayap bagian belakangnya yang berbentuk eperti huruf V. Ya, memang jika diperhatikan Anda akan menemukan corak berbentuk huruf V pada bagian belakang sayapnya, oleh karena itu lovebird ini diberi nama Lovebird Biola Euwing.

5. Lovebird Biola Lutino

lovebird biola lutino
pinterest.com

Lovebird Biola Lutino mempunyai ciri warna yang khas, yaitu berwarna kuning bersih dari dada sampai di bagian bawah tubuhnya. Sedangkan kepalanya berwarna merah agak orange sable head atau kepala elang. Dan pada bagian ujung sayapnya berwarna putih serta ujung ekornya ada gradasi warna kuning dan orange kemerahan.

6. Lovebird Biola Merah

lovebird biola merah
omkicau.com

Lovebird Biola Merah merupakan jenis lovebird biola yang keberadaannya sangat langka karena warna tubuhnya hampir didominasi warna merah yang pekat. Jenis lovebird biola ini sangat jarang ditemui di Indonesia, atau mungkin tidak akan ditemui. Hal ini karena penjelasan tentang jenis lovebird ini sangat minim, apalagi cara mencetaknya.

7. Lovebird Biola Fallow

lovebird biola fallow
jenisburung.co

Jenis lovebird biola ini jika dilihat sekilas hampir mirip dengan lovebird lutino. Namun, terdapat ciri fisik yang membedakan antara keduannya, yaitu warna merah atau orange pada bagian kepala lovebird biola fallow lebih melebar sampai ke bagian dada. Dan di bagian warna kuning pada bulunya masih terdapat semburat warna hijau, walaupun nampak samar-samar.

8. Lovebird Biola Fischeri

lovebird biola fischeri
hewanpeliharaan.org

Sebenarnya lovebird biola fischeri termasuk jenis lovebeird biola green atau hijau, karena lovebird jenis ini berasal dari persilangan lovebird biola green dengan lovebird hijau biasa atau disebut josan. Bedanya, batas warna merah atau orange cerah di bagian kepala sable head terlihat lebih tegas atau tebal seperti kepala elang.

Jenis Mutasi Lovebird Biola atau Opaline

lovebird biola
pinterest.com

Dapat dilihat pada gambar di atas terdapat jenis mutasi lovebird biola yang muncul. Banyak sekali bukan? Ya, mutasi lovebird memang sangat banyak tergantung dari persilangan indukannya masing-masing. Walaupun warna bulu dari mutasi Lovebird Biola hampir sama, tetapi sebenarnya jenisnya dan namanya sudah berbeda.

Bearapa sih harga Lovebird Biola di pasaran? Untuk harga semua jenis Lovebird Biola mengalami naik turun yang berbeda-beda di setiap wilayah. Namun, kami telah merangkum kisaran harga Lovebird Biola saat ini walau tidak 100% sama persis dengan harga di pasaran.

Kisaran Harga Lovebird Biola

  1. Harga Lovebird Biola Green         = Rp 28 juta
  2. Harga Lovebird Biola Biru              = Rp 15 juta
  3. Harga Lovebird Biola Parblue      = Rp 13 juta
  4. Harga Lovebird Biola Euwing       = Rp 15 juta
  5. Harga Lovebird Biola Lutino         = Rp 11,5 juta
  6. Harga Lovebird Biola Merah        = Rp 12 juta
  7. Harga Lovebird Biola Fallow         = Rp 15 juta
  8. Harga Lovebird Biola Fischeri       = Rp 28 juta

Harga burung Lovebird Biola di atas tidak bisa dijadikan sebagai acuan jual beli, karena kami belum melakukan verifikasi harga Lovebird Biola terbaru di pasaran dan semua daerah yang ada di Indonesia.

Baca juga: 9 Jenis Makanan Wajib untuk Lovebird Lomba dan Lovebird Ternak.

Demikian beberapa penjelasan yang dapat kami uraikan tentang asal mula lovebird biola, jenis lovebird biola, jenis mutasi lovebird biola, dan kisaran harga lovebird biola. Jika Anda ingin memiliki lovebird biola pastikan Anda memiliki dana yang cukup besar.

Tinggalkan Balasan