3 Kerajinan dari Pita nan Cantik dan Cara Membuatnya – nurdian.com

Banyak sekali jenis bahan atau barang yang dapat digunakan dalam membuat kerajinan tangan, mulai dari bahan lunak sampai keras, dari yang baru maupun bekas. Namun kali ini kita akan membahas kerajinan dari bahan pita, apa saja kerajinan yang dapat kita dengan pita? Lanjutkan baca artikel di bawah ini.

Macam-macam Kerajinan dari Pita

Berikut beberapa kerajinan yang dapat kita buat dengan bahan dasar pita, baik dengan pita satin maupun pita jepang. Yuk, langsung intip saja,

Bunga dari Pita Satin

bunga pita satin
tokopedia.com

Bunga satin biasa digunakan sebagai hadiah ketika seseorang telah lulus kuliah atau telah wisuda. Dengan aneka warna dan bentuk menjadikannya sangat cantik, jadi sangat cocok sebagai hadiah untuk seseorang. Ditambah lagi bunga dari pita satin lebih awet dari bunga asli. Mau coba membuat kerajinan bunga dari pita satin sendiri? Berikut caranya,

  • Cara Membuat Bunga dari Pita Satin

  1. Siapkan alat dan bahan, seperti gunting, lem, pita satin, benang dan jarum.
  2. Ambil pita, buatlah 10 buah potongan pita dengan ukuran 6×2,5 cm.
  3. Tekuk ujung pita yang telah dipotong. Tekuk ujung sisi kanan dan kiri pita sampai menyerupai segitiga, lalu jahit tekukan tadi.
  4. Kemudian tarik serut pada jahitan pita tadi sampai menyerupai kelopak bunga, jangan lupa diikat supaya jahitan tidak lepas.
  5. Buat bagian tengah bunga dengan cara menggulung pita yang telah dijahit tadi mejadi lebar setengahnya.
  6. Susun atau tempelkan sisa pita yang sudah dijahit tadi ke bagian tengah bunga, dengan urutan melingkar atau berhadapan dan lem.
  7. Setelah kelopak tertempel semua dan bunga pun jadi. Kamu tinggal memberi tangkai.

Lihat video tutorial berikut untuk lebih jelasnya.

Aneka Bros dari Pita Satin

bros dari pita satin
bukalapak.com

Pastinya memiliki sebuah penampilan yang menarik tentu saja menjadi kebanggan tersendiri bagi setiap orang. Saat ini pun banyak pula aksesori-aksesori yang dapat kamu gunakan untuk menunjang penampilanmu. Dan salah satunya bros yang terbuat dari pita ini. Selain bentuknya yang indah dan banyak model yang ditawarkan.

  • Cara Membuat Bros dari Pita Satin

  1. Siapkan bahan dan alat, seperti pita satin, benang, jarum, gunting, korek api, lilin, manik-manik atau rendra, lem tembak, kertas kain, dan peniti bros.
  2. Potong pita yang telah disipakan menjadi berbentuk seperti daun. Kamu bisa membuat sebanyak 20 potong pita atau sesuai kebutuhan dengan ukuran yang berbeda seperti 3 cm dan juga 4 cm.
  3. Rapikan bagian ujung pita dengan cara dibakar dengan korek api atau lilin yang tersedia. Guna merapikan benang yang ada pada pita agar tidak berantakan dan terulur.
  4. Jika seluruh pita telah dirapikan, selanjutnya satukan dengan ukuran yang sama hingga membentuk lingkaran. Dalam menyatukan pita ini bisa kamu lakukan menggunakan jarum dan benang. Dan usahakan benang yang digunakan berwarna sama dengan warna pita.
  5. Setalah terbentuk 2 lingkaran pita dengan ukuran berbeda, kamu dapat menyatukannya dengan ukuran yang kecil berada pada bagian atas yang besar. Gunakan lem tembak dalam merekatkannya dan pastikan kedua lingkaran pita ini merekat dengan sempurna.
  6. Jika sudah merekat, kamu dapat mempercantiknya dengan  menambahkan manik-manik di bagian tengahnya
  7. Di bagian bawah bros pita tersebut, kamu dapat memasang kain kertas dengan ukuran lingkaran yang sama dengan bros. Satukan kain kertas tersebut dan bros pita menggunakan lem tembak atau dapat pula dijahit.
  8. Pasang peniti bros pada bagian paling bawah dengan menggunakan lem tembak. Pastikan peniti bros tersebut terpasang dengan sempurna dan juga kencang.
  9. Dan bros pita satin pun siap digunakan untuk menunjang penampilan terbaikmu.

Lihat video tutorial berikut untuk lebih jelasnya.

Hiasan Parcel dari Pita Jepang

hiasan kado dari pita
ekspektasia.com

Tentu sebuah bingkisan, parcel, atau kado akan lebih menarik lagi jika dihiasi dengan pernak-pernik yang dapat membuahnya lebih indah. Hiasan ini dapat kamu beli di toko kado maupun dibuat sendiri. Kamu dapat menggunakan pita jepang sebagai bahan utamannya dan dapat membuat berbagai bentuk, seperti bunga, dasi kupu-kupu, binatang, dan lainnya.

  • Cara Membuat Hiasan Parcel dari Pita Jepang

  1. Siapkan alat dan bahan, seperti pita jepang, gunting, jarum pentul, dan steples.
  2. Potong pita dengan ukuran 15-20 cm sebanyak 6 lembar.
  3. Pita yang telah disiapkan tadi, beri 2 buah tanda di kedua ujungnya  menggunakan jarum pentul bagian tengahnya kurang lebih 2cm sebanyak 3 kali di masing-masing pita.
  4. Lekuk masing-masing pita kurang lebih 3 cm.
  5. Satukan keenam lekukan dengan menggunakan steples yang telah ada.
  6. Tutupilah steples dengan bentuk lain agar terlihat rapi, contoh yang paling sederhana adalah dengan pita jepang dengan ukuran 3-5 cm yang disatukan kedua ujungnya dengan steples. Atau juga dapat dibentuk bunga atau karakter binatang agar lebih menarik.
  7. Dan bunga Pita siap digunakan sebagai hiasan kado atau parcel.

Lebih jelasnya tonton video berikut ini.

Itulah beberapa kerajinan dari pita yang dapat kamu buat sendiri. Atau kamu dapat membuat dengan ide yang ada di pikiranmu. Gimana mau mencoba membuatnya? yuk tunjukan kreatifitasmu.

 

Tinggalkan Balasan