11 Ide Kreatif Kerajinan dari Kayu (Minimalis dan Elegan)

Biasanya orang hanya mengerti tentang furniture apabila berbicara tentang kayu. Tetapi sebenarnya masih banyak kerajinan kreatif  dari kayu yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Dan kerajinan kayu ini pun bisa memiliki nilai seni tinggi yang berharga mahal.

Dari produk hiasan dinding sampai miniatur dan aneka furniture rumah tangga bisa diproduksi dari kayu. Dalam pembuatan kerajinan kayu membutuhkan skill dan juga ketrampilan yang mumpuni agar hasilnya lebih maksimal. Berikut adalah beberapa contoh ide kreatif lokal dalam mengolah kayu menjadi produk yang menarik.

Jenis Kayu yang Digunakan

Untuk membuat kerajinan tangan dari kayu pastinya butuh bahan utama kayu juga. Indonesia memang memiliki beragam jenis kayu yang biasa dijadikan beragam barang kerajinan. Setiap jenis kayu yang ada memiliki ciri khas sendiri dan juga memiliki kegunaannya masing-masing.

Jika dilihat tekstur, berat serta seratnya kayu yang berbeda bisa dijadikan kerajinan tangan dengan fungsi berbeda pula. Biar kamu lebih paham, baca dulu nih jenis kayu yang bisa dipakai untuk kerajinan tangan berikut ini.

  • Kayu Jati

kayu jati
solusiruma.com

Jenis kayu yang sering digunakan untuk kerajinan tangan yaitu kayu jati. Kayu ini memang lebih awet dan kaut dari kayu lainnya. Dengan corak warna cokelat muda hingga kehijauan. Jika dijadikan produk kerajinan tangan, kayu ini mempunyai nilai dekoratif  tinggi. Inilah faktor yang membuat banyak pengusaha mebel menyukai penggunaan kayu jati pada produknya.

Kayu jati memiliki daya retak rendah, berserat lurus dan bertekstur agak kasar. Produk dari kayu jati terbilang lebih awet dan tahan lama sehingga disebut sebagai rajanya kayu. Kayu ini banyak didapati di Pulau Jawa dengan banderol harga tinggi untuk satu log-nya karena kualitasnya yang nomor satu.

  • Kayu Mahoni

kayu mahoni
mebelkayukita.com

Kayu ini umumnya ditemukan di daerah yang bermusim kering maupun basah. Tinggi pohon mencapai 40 m dengan diameter pohon ini bisa mencapai 100 cm. Kayu mahoni memang sering dipakai dalam pembuatan mebel dan alat olahraga. Namun bisa juga dipakai untuk membuat alat musik dan aneka keperluan bangunan.

Jenis kayu ini juga memiliki kualitas yang baik dengan tingkat ketahanan dan keawetan pas. Namun sayang kayu ini tak tahan terhadap rayap. Meski begitu kayu mahoni tetap jadi bahan pilihan untuk pembuatan aneka barang kerajinan tangan.

  • Kayu Akasia

kayu akasia
anhakayu2.blogspot.com

Jika dilihat dari bentuk dan tampilannya mungkin akan sedikit sulit membedakannya dengan kayu jati. Kayu ini memiliki warna cokelat yang khas dan serat yang apik serta mudah diproses. Umumnya digunakan sebagai bahan utama kertas, tetapi makin lama banyak juga yang menjadikannya produk barang kerajinan. Kayu ini bersifat rapuh dan rentan jamur serta rayap. Lebih berat dan keras jika dibandingkan dengan kayu jati. Harga kayunya pun relatif lebih murah.

  • Kayu Sonokeling

kayu sonokeling
jualkayusonokeling.wordpress.com

Jenis kayu ini juga mirip dengan kayu jati, produk dari kayu ini juga bernilai tinggi. Kayu Sonokeling memiliki tekstur dan serat yang indah menjadikannya terlihat mewah. Dengan warnanya yang tak biasa, yaitu hitam keunguan yang semakin membuatnya terlihat sangat unik.

Dewasa ini harga kayu sonokeling memang semakin melonjak. Dulu harganya murah namun seiring banyaknya dihasilkan kerajinan dari kayu ini maka harganya melonjak. Namun kayu ini memiliki kekurangan yaitu sangat rentan diserang rayap.

  • Kayu Jati Belanda/ Kayu Palet

kayu jati belanda
dekoruma.com

Kayu jati Belanda banyak digunakan di dalam pembuatan furnitur. Banyak yang menyukai jenis kayu ini sebagai perabot atau furnitur karena memiliki corak guratan alami dan finishing yang terkesan natural dan elegan.

Kayu jati Belanda juga sering didapuk sebagai bahan dasar pembangunan rumah seperti jendela rumah, aksesoris rumah tangga dan kerajinan tangan. Perabot dari kayu jati Belanda juga mudah dan lebih fleksibel untuk dipindah- pindah.

Warnanya yang kalem dan natural menjadikannya sangat mudah dipadupadankan dengan berbagai tema nuansa dalam rumah. Tak heran jika kayu jati Belanda sekarang menjadi primadona bagi banyak desainer interior karena mudah dibentuk.

Sifat dasarnya yang kering serta anti rayap juga menyebabkannya sering dipilih sebagai bahan pengemas. Namun perlu diingat karena teksturnya yang tidak padat, kayu jati Belanda tidak cocok digunakan sebagai bahan pembuat penampung air.

  • Kayu Trembesi

kayu trembesi
waterbasedpaintcoating.com

Jenis kayu ini bisa tumbuh di daerah mana saja asalkan beriklim tropis. Dengan kombinasi warna putih di pinggir dan cokelat di tengah, kayu ini umumnya dipakai untuk pembuatan meja dan kursi.

Untuk masalah awet dan kuattnya, kayu jenis trembesi memang masih kalah dari jenis kayu lainnya. Kayu trembesi juga kerap digunakan untuk bahan kerajinan furniture karena harganya yang murah di bawah harga kayu jati.

Tips Saat Memilih Kayu untuk Kerajinan

jenis-jenis kayu
pixabay.com
  • Jenis Kayu yang Digunakan

Saat membuat suatu kerajinan tangan dari kayu tentu tidak asal semua kayu dapat dipakai. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih bahan kerajinan berupa kayu. Pertama yaitu perhatikan jenis kayunya. Untuk membuat kerajinan tangan yang berkualitas pilihlah jenis kayu yang kuat dan tahan rayap.

  • Kadar Air Kayu

Perhatikan kadar air dalam kayu ketika proses pemilihan bahan untuk kerajinan. Setiap jenis kayu tentu memiliki kadar air berbeda. Untuk itu kamu perlu mengeringkan kayu sebelum dibuat kerajinan tangan.

Pastikan bahwa kadar air kayu benar-benar rendah. Sebab jika kadar air dalam kayu masih tinggi akan berpotensi membuat kayu mudah susut dan mudah retak. Kamu bisa memakai alat tes kadar air khusus untuk kayu untuk mengetahui kadar air dalam kayu.

  • Tahan Terhadap rayap

Jika ingin bahan kerajinan tangan awet gunakanlah kayu yang berkualitas. Gunakan kayu yang anti rayap yang membuat kerajinan lebih awet ketika dipajang. Jika kayunya tak  anti rayap, kamu bisa menggunakan bahan lapis anti rayap saat proses finishing.

  • Ramah Lingkungan

Salah satu kriteria kayu yang tepat ialah harus ramah lingkungan. Hal ini agar sumber daya hutan tetap lestari dan bisa dimanfaatkan oleh generasi selanjutnya. Kayu-kayu limbah pun masih bisa dijadikan produk kerajinan tangan yang tak kalah bagusnya. Kayu sisa industri maupun sisa furnitur masih bisa dimanfaatkan ulang untuk membuat kerajinan agar tak menjadi sampah bagi lingkungan.

  • Sebaiknya Dioven Sebelum Digunakan

Sebelum diolah produk kerajinan sebaiknya kayu dioven dulu. Proses ini bertujuan mengurangi kadar air agar produk yang dihasilkan tak cepat retak dan lebih awet. Umumnya kayu dioven sebulan pada suhu 60 derajat celcius. Pengovenan ini juga diklaim dapat menghilangkan penyakit kayu dan tahan terhadap dari serangan rayap.

Macam-macam Kerajinan dari Kayu

Dengan adanya kemajuan teknologi dan pemikiran yang luas, kayu dapat diubah menjadi produk kerajinan yang tak biasa dengan harga tinggi. Seperti beberap kerajinan dari kayu berikut ini.

1. Jam Tangan

jam tangan kayu
brilio.com

Jam tangan umumnya terbuat dari bahan besi, stainlees dan plastik. Namun ada pengrajin kreatif yang membuat kerangka jam tangan dari bahan kayu. Selain dapat mengurangi pencemaran lingkungan, jam tangan ini juga sangat keren dan elegan ketika dipakai.

2. Tas Kayu Jati

tas unik dari kayu
beritafashionista.com

Bahan baku dalam produksi tas ternyata tidak selalu identik dengan kulit, polyester atau kanvas. Pasalnya sekarang ada produsen tas yang menggunakan kayu sebagai bahan baku utama dalam pembuatannya. Bahkan, pemasaran tas berbahan kayu ini telah merambah dan banyak diminati sampai mancanegara

3. Kacamata

kacamata kayu
google.com

Aksesoris yang cukup digemari oleh kebanyakan orang selain tas, dan jam tangan adalah kacamata. Kacamata saat ini memang digunakan sebagai aksesoris untuk menunjang penampilan yang kekinian.

Dan beberapa tahun belakangan kacamata hadir dengan inovasi baru, yaitu dengan desain berbingkai kayu. Ide kacamata kayu ini merupakan bentuk inovasi untuk menampilkan sesuatu yang berbeda. Dengan kacamata kayu ini dianggap memberikan kesan elegan bagi pemakainya.

4. Sandal Kayu

sandal kayu
pixabay.com

Dulu, sandal memang dibuat dari bahan-bahan alam, seperti kayu, dedaunan, serabut, serta kulit binatang. Akan tetapi sandal pada masa kini sebetulnya masih dibuat dengan bahan yang sama dengan sandal tradisional, hanya saja dikemas lebih menarik sehingga dapat menarik minat orang untuk memilikinya. Meskipun begitu kita masih dapat menemui beberapa sandal tradisional di beberapa toko tertentu.

5. Casing Handphone

casing hp dari kayu
kapanlagi.com

Tamba htampilan smartphone kamu yuk. Mungkin casing biasa hingga bling-bling sudah mainstream kali ya. Coba deh gunakan casing smartphone dari kayu, pastinya smartphone kamu semakin kece. Case handphone yang terbuat dari kayu ini juga melindungi gadget Anda dari gesekan dan benturan. Selain itu terbuat case dari kayu berkualitas memiliki desain yang unik.

6. Miniatur

miniatur mobil dari kayu
kerajinanindonesia.id

Jika ingin menghiasi ruanganmu dengan hiasan pajangan supaya lebih keren, miniatur dari kayu dapat menjadi salah satu opsinya. Miniatur kayu dapat membuat suasana ruangan atau kamarmu lebih natural dan elegan, sehingga kamu pasti betah ketika bersantai.

7. Hiasan Dinding

hiasan dinding dari kayu
google.com

Sering dapat kiriman paket barang dengan packing kayu? Jangan dibuang dulu, karena dengan kayu bekas tersebut masih bisa didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat. Yuk, coba bikin hiasan dinding berupa poster quotes. Banyak rangkaian kata yang dapat dijadikan motivasi dan prinsip hidupmu. Dengan melihat dinding yang tertempel tulisan tersebut mungkin dapat membuatmu menjadi lebih bersemangat menjalani aktivitas.

8. Tempat Tisu

kotak tisu dari kayu
id.aliexpress.com

Selain memiliki ukiran yang unik, tempat tisu dari kayu juga memang terlihat natural dan tepat jika letakan di ruang tamu. Dan juga dapat menambah keindahan dekorasi ruang tamu di rumahmu yang suka dengan suasana minimalis dan natural.

9. Asbak

asbak kayu
bukalapak.com

Bentuk asbak dari kayu juga terlihat begitu unik. Ini pun juga dapat menambah keindahan dekorasi ruang tamu di rumahmu selain bunga dan miniatur. Dan pastinya akan terlihat beda yang lainnya.

10. Peralatan Dapur

peralatan dapur dari kayu
freepik.es

Peralatan dapur terbuat dari bermacam-macam bahan baku. Salah satunya berbahan baku kayu. Peralatan dapur dari kayu memang masih tradisional, tetapi tidak sedikit masyarakat yang lebih memilih bahan kayu. Karena memang dengan menggunakan peralatan dari kayu mempunyai ciri khas sendiri pada makanan yang dihasilkan. Itu sebabnya hingga sekarang masih banyak orang yang menggunakanya.

11. Booth Portable Kayu

booth portable
piknow.net

Booth portable memang baru-baru ini lagi booming. Banyak kalangan mahasiswa membuka bisnis franchise untuk memenuhi keuangannya. Dan salah satu dengan booth portable dalam menjalankan bisnisnya, karena terlihat menarik dan lebih mewah untuk menarik minat pembeli.

Nah, itulah beberapa jenis kayu yang sering digunakan, tips memilihnya, dan juga macam-macam kerajinan dari kayu yang dapat kami uraikan. Kerajinan ini memang terlihat minimalis tapi tetap elegan dipandang.

Tinggalkan Balasan