7+ Kerajinan dari Cangkang Kerang Berbagai Model

Kerajinan dari cangkang atau kulit kerang merupakan salah satu kerajinan tangan lokal yang sangat terkenal dengan keindahan dan keunikannya. Keindahannya dapat dilihat dari berbagai corak warna cangkangnya, dan keunikannya berasal dari bentuk dan modelnya yang sangat beragam. Sehingga tidak sedikit orang yang menyukai kerajinan cangkang kerang ini.

Bahkan kerajinan dari cangkang atau kulit kerang ini juga mempunyai nilai dan potensi jual yang tinggi, sehingga digemari oleh para kolektor di Indonesia. Nilai jual barang kerajinan ini dapat mencapi juta-an rupiah dan bahkan sekarang sudah ekspor ke luar negeri.

Berikut salah satu hasil kerajinan kulit kerang,

Kerajinan Cangkang Kerang Tembus Pasar Eropa

Bersumber dari wawancara kepada Yitno Pribadi, seorang pengrajin cangkang atau kulit kerang asal Desa Sumber Beras, Banyuwangi, Jawa Timur, yang memutuskan pulang kampung dengan misi memperluas workshop Husna Art serta membantu perekonomian masyarakat desanya.

Yitno Pribadi merintis usahanya ketika Ia tinggal di Ubud, Bali pada tahun 2004 dan saat itu merupakan pegawai sebuah hotel. “Sudah 20 tahun capek kerja di perhotelan, pingin punya usaha mandiri sendiri,” ujar Yitno.

Dengan bermodal kulit kerang dan cangkang telur, Yitno memasarkan kerajinan lampu hias hasil karyanya dari mulut ke mulut dengan banderol harga mulai dari Rp50.000 – Rp1,5 juta. Peminat hasil kerajinan kreasi Yitno tidak hanya dari dalam negeri, tapi ada juga yang berasal dari luar negeri. Dan di luar negeri, kerajinan cangkang kerang yang ramah lingkungan tersebut banyak diminati di negara Jerman, Australia, dan Jepang.

Selain itu ada yang lebih mencengangkan dan membanggakan lagi dari karya salah satu anak bangsa ini. Yaitu Lampu hias merek Paul Neuhaus asal Jerman yang ternyata merupakan besutan Yitno yang dibuat di Banyuwangi.

ekspor kerajinan cangkang kerang
pixabay.com

Setiap harinya, Yitno dapat menghasilkan 150 produk kerajinan hiasan lampu dari cangkang kerang dengan omset per bulan bisa mencapai Rp100 juta. Rerata dari tiap bulan satu kontainer khusus ekspor ke luar negeri.

Ia juga menceritakan kesuksesan bisnisnya tidak luput dari peran PT Permodalan Nasional Madani (PNM). PT PNM memberikan pinjaman modal melalui program pembiayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Ulamm), Ia sendiri mendapat pinjaman modal pertama sebesar Rp200 juta dengan lama kredit tiga tahun dan bunga sekitar 1,2%.

Yitno mengaku selain bantuan modal dari PT PNM, ia juga mendapat pelayanan customer care dari PNM. “Beda dengan bank, setelah dananya cair langsung ditinggal. Kalau di PNM saya mendapat pendampingan,” katanya lagi.

Bahkan setiap minggu, ia selalu dikunjungi oleh Account Officer Micro (AOM) Ulamm yang menanyakan perkembangan akan bisnis. Sehingga ketika kunjungan tersebut, ia bisa berdialog, konsultasi, atau hanya sekadar bersilaturahmi.

Kreasi Kerajinan dari Cangkang atau Kulit Kerang

Cangkang atau kulit dapat dibuat menjadi bermacam-macam kreasi dengan berbagai bentuk, dari yang termudah atau sulit, dengan nilai jual dari puluhan ribu hingga juta-an rupiah. Berikut macam-macam Kerajinan Cangkang Kerang:

1. Lampu Hias Cangkang Kerang yang Unik

Lampu hias dari kulit kerang
id.carousell.com

Lampu hias dari cangkang kerang ini mempunyai nilai jual yang tinggi lho. Jadi tak diragukan lagi fungsinya menjadikan rumah atau apartemenmu jadi indah. Lampu yang menyala di dalam rangkaian cangkang kerang dengan berbagai model ini jadi daya tarik tersendiri. Jadi kapan kamu mau koleksi salah satu kerajinan kulit kerang ini?

2. Hiasan Dinding nan Indah

hiasan dinding dari limbah kulit kerang
tribunnews.com

Hiasan dinding dari kerang berupa lukisan berbahan dasar cangkang kerang memiliki keindahan yang tiada duanya. Selain bentuk dan coraknya yang indah, kerajinan ini juga merupakan sumber kekayaan Indonesia yang dapat menunjang penghasilan masyarakatnya. Bahkan sekarang ini kerajinan hiasan ini mulai diekspor ke luar negeri. Bagaimana kamu pasti ingin memilikinya kan?

3. Tirai

tirai kulit kerang
imgrum.pw

Kerajinan dari cangkang kerang yang memiliki nilai ekonomi tinggi selanjutnya ialah tirai kerang. Tirai ini biasa digunakan untuk memperindah rumah terutama dipasang pada pintu dan cendela. Kerajinan kerang ini juga sangat cocok dipakai pada cafe-cafe yang dapat menambah nuansa yang tenang dan nyaman di pesisir pantai. Sungguh unik dan kreatif bukan?

4. Vas Bunga

vas bunga dari kulit kerang
bukalapak.com

Vas bunga yang dibuat atau divariasi dengan kulit kerang ini, memiliki tampilan yang pastinya akan semakin menarik dan mempercantik meja tamu di rumahmu. Mau coba?

5. Bunga nan indah

bunga dari cangkang kerang
uppksedelwis.blogspot.com

Bukan hanya vas bunga saja yang bisa dibuat dari cangkang atau kulit kerang, bahkan bunganyapun juga bisa lho. Kamu dapat membeli kerang hias di toko souvenir sesuai yang dibutuhkan, lalu rangkai membentuk bunga dengan cara dilem menggunakan lem alteco atau lem tembak agar merekat tahan lama. Jika sudah tinggal warnai sesuai selera.

Gimana, cukup mudah bukan? Kamu bisa meletakkannya di sudut-sudut ruangan atau dimeja tamu rumah kamu, yang pastinya akan menjadikannya pusat perhatian karena keunikan dan keindahannya.

6. Tempat Tisu

tempat tisu dari kerang
ndwithoutwax.wordpress.com

Kotak tisu dengan desain polos memang kelihatan kurang menarik. Kalau kamu ingin menghias kotak tisu, kamu bisa coba menggunakan kulit kerang sebagai bahan penghiasnya. Dengan beragam corak kerang warna-warni, kamu bisa memiilih dan hiasi kotak tisu sesuai seleramu.

7. Kalung & Gelang

kalung kerang
shopee.co.id

Selain perhiasan yang biasa terbuat dari emas, perhiasan seperti kalung dan gelang juga dapat dibuat dari cangkang kerang yang tak kalah cantiknya. Atau malah ada gelang atau kalung emas yang dikombinasikan dengan kulit kerang. Gimana cantik bukan?

8. Cermin

cermin dari cangkang kerang
idntimes.com

9. Bros Unik

bros unik dari kerang
aswanishop.wordpress.com

Bros dari kerang tak kalah cantiknya dari bros berbahan dasar lain seperti dari kain flanel. Dengan menggunakan bros ini mungkin akan membuat penampilanmu semakin menarik karena keunikannya.

10. Bingkai Foto

bingkai foto lucu dari kerang
dekoruma.com

Kerajinan yang satu ini cara pembuatannya paling sederhana dan mungkin paling murah, kamu bisa membuat pigura dari kertas karton, kemudian hias pinggirnya dengan kulit kerang. Pigura kerang cantik inipun siap dipakai untuk memajang foto, unik, keren, dan murah bukan?

11. Hewan-hewanan

miniatur hewan dari kerang
hobykita.wordpress.com

Tak hanya kerajinan di atas saja yang bisa dibuat dari kulit kerang, aneka bentuk hewan pun juga bisa lho. Contohnya seperti kura-kura, kepiting, ikan, landak dan lainnya. Kamu pun bisa buat sendiri atau beli di toko yang menjualnya. Rumahmu pasti makin menarik dengan hiasan aneka miniatur hewan dari kerang hias ini.

Nah, itulah beberapa kerajinan dari cangkang kerang made in Indonesia yang beberapa di antaranya sudah tembus pasar eropa dengan harga sampai jutaan rupiah. Dan kita juga harus tetap menjadi keaneragaman kerajinan tersebut agar tetap lestari.

Tinggalkan Balasan