13+ Ide Kerajinan Tangan Kreatif dari Botol Bekas (Terbaru)

Kerajinan Tangan Kreatif  dari Botol Bekas- Kerajinan Tangan adalah suatu kegiatan menciptakan sebuah produk atau karya yang dilakukan oleh seseorang dengan tangan dan memiliki fungsi pakai atau keindahan sehingga memiliki nilai ekonomis.

Kerajinan yang memiliki kualitas tinggi tentu juga memiliki nilai jual yang tinggi pula. Untuk itu bagi kamu yang memiliki keterampilan dalam mengolah suatu bahan dan menjadikannya sebuah produk atau karya, kerajinan dapat menjadi suatu usaha yang menjanjikan.

Sebenarnya tidak semua kerajinan membutuhkan biaya yang mahal, akan tetapi kamu juga bisa memanfaatkan barang-barang bekas ada di sekitar kamu,  misalnya botol, koran, kardus, sisa kain, dan lainnya yang dapat digunakan.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuatan kerajinan dari botol bekas. Namun sebelum mengetahui apa saja dan bagaimana cara membuat kerajinan dari botol bekas, kita harus mengetahui apa saja jenis botol yang dapat digunakan.

Yuk, lanjut simak penjelasan di bawah ini,

Jenis-jenis Botol

jenis-jenis limbah botol
mesinpencacahplastik.id

Botol plastik, dapat berupa botol atau gelas plastik yang biasa didapatkan dari botol air mineral, botol minuman, botol jus, botol minyak goreng, botol kecap, botol sambal, botol sampo, botol porselen dan lainnya.

Botol kaca, botol kaca dapat kita dapatkan dari botol sirup, botol minuman, botol kecap, botol saus, dan lainnya.

Kaleng, kaleng biasa kita dapatkan dari kemasan minuman, kemasan makanan cepat saji, seperti sarden, kemasan cemilan, serta kemasan yang membutuhkan kaleng lainnya.

Dengan menggunakan botol bekas ini, secara tidak langsung kita ikut berperan dalam menjaga dan menyelamatkan lingkungan dari limbah plastik.

Macam-macam Kerajinan dari Botol Bekas dan Cara Membuatnya

Anda dapat membuat macam-macam kerajinan dari berbagai jenis botol bekas yang ada di sekitar kamu dengan mudah dan biaya yang minim pula.

Kerajinan dari Botol Plastik Bekas

Kerajinan pertama yang dapat kita buat adalah kerajinan dari botol plastik, kita tahu bahwa botol plastik merupakan penyumbang limbah di lingkungan kita terbesar. Jadi alangkah baiknya jika kita dapat memanfaatkannya. Berikut beberapa kerajinan yang dapat dibuat dari botol plastik bekas.

  • Tempat Ngecas HP dari Botol Bekas

tempat ngecas hp
zonakreatif.com

Untuk membuat kerajinan ini kita hanya perlu menyiapkan botol bekas pembersih lantai yang sudah kosong. Cara membuatnya pun cukup mudah dan simpel tanpa ribet, dan tentunya kerajinan ini juga sangat membantu dalam mengamankan hp kamu ketika mengecas.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan ketika membuatnya,

  1. Langkah yang pertama siapkan botol bekas pembersih lantai, sampo atau bedak, usahakan yang berbentuk kotak
  2. Gambar pola dengan spidol pada botol seperti contoh pada gambar di atas atau sesuai pola yang diinginkan.
  3. Potong sesuai pola yang telah digambar dengan gunting atau cuter
  4. Buat lubang untuk menggantungkan tempat cas dengan steker cas seperti contoh gambar di atas
  5. Haluskan semua bagian yang telah dipotong tadi dengan amplas sampai benar-benar halus agar tidak merusak hp kamu, dan tempat ngecas hp sudah dapat digunakan.

Baca Juga: Kerajinan dari Bambu yang Unik

Baca Juga: Kerajinan dari Kain Flanel Bernila Ekonomis

  • Tempat Pasta Gigi dan Gikat Gigi dari Botol Bekas

tempat pasta dan sikat gigi
today.line.me

Botol bekas juga dapat dibuat menjadi sebuah kerajinan yang sangat berguna di dalam kamar mandi, yaitu dibuat menjadi tempat pasta gigi dan sikat gigi. Jadi tidak usah takut lagi jika sikat atau pasta gigi kamu akan tercecer, dengan ini semua itu akan tertata rapi.

Dan membuatnya pun tidak membutuhkan waktu yang lama, ditambah lagi sangat mudah dan simpel. Berikut langkah-langkah tempat pasta gigi dan sikat gigi,

  1. Siapkan 5 botol bekas air mineral dan bersihkan
  2. Setelah bersih ambil 1 botol lalu belah pada bagian atas dan bawah seperti gambar di atas
  3. Lubangi permukaan samping dengan cutter sebesar lubang bibir botol, ingat sobat hanya buat 4 lubang ya
  4. Setelah itu belah 4 botol sisakan ujung atau bibir botol seperti gambar di atas agar mudah di masukan kelubang yang dibuat tadi
  5. Setelah itu masukan 4 ujung botol yang telah dipotong tadi ke lubang serta rekatkan dengan lem akrilik/ tembak agar lebih kuat
  6. Gabungkan bagian bawah botol tadi dengan lem akrilik/ tembak, agar menutupi bagian bawah tempat sikat gigi Setelah lem sudah kering sempurna, masukan sikat gigi ke wadah yang sobat tadi buat.
  7. Selesai! sekarang sobat punya wadah sikat gigi yang keren dan unik.
  • Vas Bunga dari Botol Bekas

vas bunga dari botol
jambi.tribunnews.com

Kerajinan vas bunga ini juga patut untuk dicoba, selain yang bentuknya unik, menarik dan lucu, vas ini juga akan menambah keindahan depan rumah mu.

Untuk membuatnya pun tidak terlalu sulit, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan,

  1. Siapkan sebuah botol plastik bekas, gambarlah pola pada botol seperti contoh gambar di atas atau sesuai keinginan dengan spidol
  2. Gunting atau potong botol sesuai dengan pola tadi dengan rapi
  3. Supaya vas terlihat menarik, cat vas bunga tersebut dengan kreasi yang diinginkan
  4. Tunggu sampai kering, dan vas bunga sudah dapat digunakan.

Baca Juga: Kerajinan dari Tanah Liat yang Mudah Dibuat

Baca Juga: Miniatur dari Bambu dengan Nilai Estetis Tinggi

  • Lampu Hias dari Botol Bekas

lampu hias dari botol bekas
putrimelasari22.blogspot.com

Lampu hias ini terlihat begitu indah bukan? Apalagi jika lampu ini berada di dalam kamarmu, hmm, pasti dekorasi kamarmu akan lebih indah pula.

Jika kamu mengingingkannya, kamu dapat membuat sendiri loh. Caranya pun cukup cukup mudah. Seperti di bawah ini,

  1. Pertama-tama siapkan beberapa botol yang berwarna biru atau hijau
  2. Potong bagian bawah botol seperti gambar di atas
  3. Susun dan lem antar satu dan lainnya hingga membentuk seperti sebuah bola, sisakan 1 lubang untuk memasukan lampu nanti
  4. Setelah ini buat atau belilah dudukan lampu/ veeting kurang lebih seperti gambar di atas
  5. Dan yang terakhir pasang lampu dengan veeting, kemudian pasang kap lampu yang sudah dibuat tadi
  6. Selesai! Dan lampu hias sudah dapat dinyalakan.
  • Piring Anyaman dari Gelas Plastik

piring anyaman dari gelas plastik
topsimages.com

Selain piring anyaman dari rotan dan lidi, ternyata piring anyaman juga dapat dibuat dari gelas aqua bekas loh. Piring anyaman ini bahkan tidak kalah cantiknya loh.

Dan lebih pentingnya lagi, piring anyaman ini dapat digunakan sebagai tempat makan di rumah-rumah makan yang ingin tampil beda dari yang lainnya.

Kerajinan dari Botol Kaca Bekas

Botol kaca juga merupakan jenis limbah yang tidak dapat diuraikan, jadi untuk itu kita dapat menggunakan kreatifitas kita dalam memanfaatkannya sehingga juga dapat menjaga kebersihan lingkungan. Cara membuat kerajinan dari botol kaca bekas pun cukup mudah.

Salah satunya yaitu dengan mengubahnya menjadi kerajinan tangan yang menarik dan bermanfaat. Seperti contoh di bawah berikut ini.

  • Vas Bunga yang Cantik

vas bunga yang cantik
desainrumahideal.com

Daripada botol bekas tidak berguna, dan kamu harus membeli vas bunga mending kamu mengubah botol bekas bekas di rumahmu menjadi sebuah vas bunga yang cantik. Kamu dapat meletakanya di meja teras maupun ruang tamu yang membuatnya lebih indah dan wah.

  • Tempat Makan Burung Unik

tempat makan burung unik
tribunnews.com

Kamu pelihara burung? Nih, jika kamu ingin tempat makannya beda dari yang lain, kamu dapat membuat sendiri dari botol kaca bekas loh. Selain unik, juga biar burung peliharaan mu tidak bosen dengan tempat makannya yang begitu-begitu aja, hehehe. Seperti contoh di atas.

Baca Juga: Macam-macam Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas yang Simpel

Baca Juga: Cara Membuat Bunga Origami yang Indah

  • Lampu Hias dari Botol Kaca

lampu hias dari botol kaca
ramesia.com

Bagi kamu yang suka suasana yang remang-remang, kamu dapat membuat lampu hias dari botol kaca. Kamu dapat memasangnya di teras maupun kamarmmu, dengan begitu dapat merasakan suasana yang berbeda.

  • Lukisan yang Indah dari Botol Bekas

lukisan dari botol kaca bekas
pixabay.com

Selain dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan, botol bekas juga dapat dijadikan menjadi media lukis yang nantinya dapat kamu pajang sebagai hiasan rumah. Berbagai macam lukisan dapat kamu buat sesuai dengan ide yang kamu ingin ekspresikan.

  • Gelas Minum dari Botol Kaca

gelas minum dari botol kaca
bp-guide.id

Kamu juga dapat mengubah botol kaca bekas menjadi sebuah peralatan yang dapat digunakan sehari-hari, yaitu berupa gelas. Kamu dapat membuatnya dengan mudah, hanya dengan memotong botol dan gunakan bagian bawahnya saja, lalu berilah sedikit coarak agar menarik.

Kerajinan dari Kaleng Bekas

Selain dari botol plastik dan kaca kerajinan dari botol bekas juga dapat dibuat dari kaleng bekas minuman atau makanan yang ada di sekitar kita, contohnya seperti kerajinan tangan di bawah ini.

  • Miniatur Motor dari Kaleng

miniatur motor
babelprov.go.id

Mungkin kebanyakan orang berpikir bahwa kaleng bekas hanyalah barang yang remeh. Namun di tangan orang kreatif, kaleng dapat dirubah menjadi sebuah miniatur yang sangat unik. Salah satunya seperti miniatur motor di atas.

Cara Membuat Harley dari Kaleng

  • Bunga Mawar dari Kaleng

mawar dari kaleng
cepotpredator2.blogspot.com

Selain kerajinan bunga dari kertas dan botol, bunga juga dapat dibuat dari kaleng bekas. Selain lebih awet, perwatannya pun cukup mudah tanpa harus disirami. Dan jika diletakan sebagai hiasan ruang tamu, akan terlihat beda dari yang lainnya. Seperti mawar dari kaleng di atas.

  • Lampu Hias dari Kaleng

lampu hias dari kaleng
caramembuatbungadari.blogspot.com

Kamu juga dapat mengubah kaleng bekas menjadi lampu hias dengan corak yang sangat cantik. Lampu hias ini sangat cocok buat kamu yang suka dengan suasana redup dan tenang. Dan sangat cocok dipasang pada cafe-cafe kekinian.

Nah, itulah beberapa contoh kerajinan dari botol bekas yang dapat kita buat dengan mudah dan memiliki banyak manfaat. Selain itu, dengan ini secara tidak sadar kamu sudah ikut menjaga kebersihan lingkungan dari limbah yang sulit diuraikan oleh tanah.

Tinggalkan Balasan