4 Jenis Katun Combed yang Menjadi Favorit Konveksi Kaos

Cotton combed atau katun combed adalah jenis kain katun yang banyak beredar di pasaran. Jenis kain ini juga menjadi salah satu bahan favorit dalam industri konveksi kaos karena bahannya yang lembut dan halus atau human friendly.

Dan harga kain katun combed lebih mahal dibandingkan kain katun lainnya. Karena sifatnya yang halus dan kuat, katun sangat cocok dan sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kaos, sprei, piyama dan pakaian lainnya yang bersentuhan langsung dengan kulit.

Dan hingga kini belum ada jenis bahan lain yang mampu menandingi penjualannya di sektor pakaian di segmen menengah ke atas. Kaos dengan bahan katun ini sangat cocok dipakai di daerah beriklim tropis seperti Indonesia karena juga bersifat menyerap keringat.

Table of Contents

Arti Angka dan Huruf pada Jenis Katun Combed

jenis katun combed single knitt
kaospoloskaltim.blogspot.com

Bahan kaos katun combed memiliki ketebalan dan rajutan yang bervariasi , untuk itu diberilah angka sebagai simbol yang mewakili ketebalan masing-masing katun. Dan saat ini kain katun combed yang beredar di pasaran ada 4 jenis, yaitu 20, 24, 30, dan 40.

Angka-angka tersebut menunjukan tipe kerapatan benang yang digunakan pada proses perajutan produksi kain. Semakin kecil angka yang disebutkan, maka semakin tebal bahan dan rajutan kain katun. Begitu pula sebaliknya, jika angka semakin besar maka semakin tipis.

Dan huruf ‘s’ atau ‘d’ yang biasa mengikuti atau terletak dibelakang angka ketebalan menunjukan jenis rajutan yang digunakan. Huruf ‘s’ berarti single knitt atau jarum tunggal, sedangkan huruf ‘d’ berarti double knitt atau jarum ganda.

Berdasarkan karakternya jenis rajutan ‘s’ tergolong renggang dan melar, sedangkan jenis rajutan ‘d’ cenderung lebih rapat, lentur, tebal, dan dapat digunakan secara bolak-balik. Tetapi sebagian besar katun combed yang beredar di pasaran menggunakan tipe rajutan ‘s’.

Berikut ini akan kami jabarkan karakter dari identitas 4 jenis katun combed dengan rajutan tipe ‘s’ atau single knitt yang paling populer di pasaran.

  • Katun Combed 20s

Jenis katun combed ini memiliki gramasi bahan kaos antara 180-220 gr/m2 untuk jenis rajutan single knitt. Katun combed 20s merupakan bahan yang paling populer di antara jenis katun yang lainnya, atau bahkan di antara jenis bahan kaos yang ada.

Jenis katun ini biasa ditawarkan oleh konveksi kaos sebagai pilihan favorit, dan penjual kaos dengan bahan jenis ini banyak ditemukan di pasaran. Apalagi sekarang sudah bermunculan produsen kaos polos combed 20s, sehingga mempermudah vendor sablon dalam melakukan produksi.

  • Katun Combed 24s

Untuk katun combed 24s, biasa memiliki gramasi bahan kaos antara 170-210 gr/m2. Katun combed ini biasa digunakan oleh konveksi kaos yang berada di Bandung, sehingga tidak heran jika kita sering menemukan kaos dengan bahan katun  ini di sana.

Jenis katun ini juga merupakan bahan yang paling banyak dicari karena ketebalannya yang berada di tengah-tengah jenis katun yang ada. Karakter katun ini tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Tetapi katun ini sangat jarang ditemukan di daerah luar Bandung.

  • Katun Combed 30s

Inilah jenis katun paling favorit anak-anak muda di daerah perkotaan dan menjadi pilihan sebagai bahan konveksi pembuatan kaos distro. Katun combed 30s memiliki gramasi bahan kaos berkisar antara 140-160 gr/m2 dengan rajutan single knitt.

Beberapa  clothing line atau distro terkenal seperti ThinkCookCook, Schitzo, Something Cloth, Void, ThanksInsomnia, dan berbagai distro terkenal lainnya menggunakan bahan ini untuk produksi kaosnya.

  • Katun Combed 40s

Jenis katun ini merupakan jenis paling tipis di antara katun combed yang beredar. Katun ini 40s memiliki gramasi bahan kaos antara 110-120 gr/m2 dengan rajutan single knitt. Katun ini juga kerap digunakan oleh beberapa distro Bandung, seperti Wadezig, Screamous, Ouval Rsch dan Unkl347.

Itulah beberapa jenis katun combed yang beredar di pasaran dan menjadi bahan favorit yang digunakan oleh konveksi kaos.

Dan jika Anda ingin membuat kaos tetapi khawatir dengan kualitas bahan yang digunakan, maka kami memiliki rekomendasi konveksi kaos terbaik. Dan Anda membandingkan dengan konveksi kaos yang lainnya.

Tinggalkan Balasan