27+ Jenis Tanaman Aquascape Terindah dengan Perawatan Mudah

Tanaman aquascape merupakan jenis tanaman yang sering digunakan untuk menghiasi akuarium, dan nantinya juga akan digunakan sebagai tempat tinggal bagi ikan-ikan yang hidup di dalamnya. Sama halnya tanaman yang hidup di darat, tanaman aquascape juga membutuhkan cahaya dan CO2 untuk proses fotosintesis, namun adapula beberapa jenis tanaman yang dapat hidup tanpa keduanya.

Bagi Anda yang sudah lama menggeluti dunia aquascape pastinya tidak akan kesulitan dalam hal perawatannya. Namun beda dengan yang masih pemula, pasti akan kesulitan karena belum terbiasa. Nah berikut tanaman aquacape yang sering digunakan dan ditamana bagi para ahli maupun bagi pemula.

Cara Membuat Aquascape untuk Pemula

Jenis Tanaman Aquascape untuk Akuarium Lengkap

Berikut ini beberapa tanaman aquascape yang sangat indah dan sering digunakan untuk menghiasi akuarium.

Anubias Coffeefolia

Anubias Coffeefolia
aquaticmag.com

Anubias Coffeefolia ditemukan di daerah Afrika Barat. Jenis tanaman air ini biasanya digunakan di aquascape dan biasa ditempatkan di tengah akuarium dengan cahaya dan CO2-nya yang tidak terlalu banyak. Anubias Coffeefolia memiliki warna daun merah kecoklatan. Pertumbuhannya pun di dalam akuarium begitu kompak dan serempak.

Anubias Nana

Anubias Nana
aquaforestaquarium.com

Anubias Nana sangat cocok untuk pemula. Karena jenis tanaman aquascape ini mudah dirawat. Tanaman ini mampu tumbuh hingga 15 cm dengan warna daun hijau gelap.Tanaman ini mudah ditemukan di sungai dan dapat hidup dalam air yng bersuhu 22-28 derajat celcius.

African Water Fern

African Water Fern
aquaticmag.com

Tanaman aquascape ini memiliki tampilan yang unik serta menarik. African Water Fern biasa digunakan sebagai latar belakang akuarium. Perawatannya pun cukup mudah dan dapat tumbuh di pencahayaan yang minim, selain itu tanaman ini dapat hidup di suhu 20-27 derajat celcius.

 Amazon Sword

 Amazon Sword
reddit.com

Seperti namanya, tanaman aquascape ini memiliki bentuk daun seperti pedang. Dan Amazon Sword merupakan jenis tanaman aquascape yang paling sering digunakan sebagai latar belakang akuarium.

Tanaman dapat hidup di dalam air dengan suhu 22 – 28 derajat celcius. Selain itu, Amazon Sword membutuhkan sumber pencahayaan yang banyak agar bisa tumbuh dengan baik. Biasanya ikan-ikan gemar menjadikan Amazon Sword ini sebagai tempat persembunyiannya.

Aponogeton Ulvaceus

Aponogeton Ulvaceus
aquariumplants.club

Jenis tanaman air ini berasal dari Afrika, tepatnya dari Madagaskar. Aponogeton Ulvaceus merupakan tanaman air spesies Aponogeton yang paling indah dari segi bentuk daunnya dan merupakan ciri khas dari tanaman ini.

Tanaman air ini dapat tumbuh hingga tinggi 60 cm, sehingga biasa digunakan sebagai penghias belakang akuarium. Dan untuk perawatannya pun tergolong mudah karena tidak dibutuhkan keahlian khusus.

Bucephalandra Black Phantom

Bucephalandra Black Phantom
shadowaquarium.com

Tanaman aquascape ini diperkirakan ditemukan di Kalimantan, Indonesia. Tanaman satu ini juga dikenal dengan nama Bucephalandra Brownie Phantom. Biasa ditanam di bagian depan akuarium. Pertumbuhannya juga tidak memerlukan cahaya dan C02 yang tinggi, jadi sangat bagi pemula.

Blepharostoma Trichophyllum

Blepharostoma Trichophyllum
berkahaquascape.blogspot.com

Blepharostoma Trichophyllum meruapakan jenis tanaman aquascape yang dapat tumbuh dengan mudah pada media seperti batu atau kayu karena tergolong sebagai moss atau lumut. Tanaman ini cukup kuat dan dapat tumbuh pada area yang pencahayaannya sedikit, sehingga perawatannya pun sangat mudah. Dan Blepharostome Trichophyllum dapat tumbuh pada suhu di bawah 27 derajat Celcius dengan baik.

Bacopa sp Colorata

Bacopa sp Colorata
reddit.com

Bacopa sp Colorata yang juga dikenal dengan nama Bacopa Pink ini biasa menghiasi spot tengah akuarium. Tanaman aquascape ini dapat tumbuh pada cahaya dan karbondioksida sedang. Daun dari tanaman air ini berwarna sedikit kemerahan, sehingga memberikan sentuhan yang menarik untuk akuarium Anda. Disamping itu, Bacopa sp Colorata juga sangat cocok jika dikombinasikan dengan jenis tanaman aquascape hijau lainnya.

Cryptocoryne Pontederiifolia

Cryptocoryne Pontederiifolia
plantedtank.net

Cryptocoryne dikabarkan ditemukan di kawasan Sumatera Barat dan Singapura. Tanaman ini acuh tak acuh terhadap kondisi pH air, jadi pertumbuhannya tetap optimal pada air yang sedikit asam maupun basa. Sehingga membuat tanaman ini mudah beradaptasi pada berbagai kondisi tempat hidupnya.

Cabomba Caroliniana

Cabomba Caroliniana
sg.carousell.com

Cabomba merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan yang bisa menempati midground dan background pada akuarium. Pada suhu 15-26 derajat celcius, tanaman ini dapat tumbuh cukup cepat. Kebutuhan cahaya pada tinggkat sedang-tinggi dengan kebutuhan CO2 yang sedikit.

Crinum Calamistratum

Crinum Calamistratum
berkahaquascape.blogspot.com

Jenis tanaman aquascape ini juga dikenal dengan African Onion atau Cameroon Crium. Crinum Calamistratum pertama kali ditemukan di Afrika Barat, dan kini sudah tersebar sampai Indonesia.Crinum Calamistratum memiliki bentuk daun berwarna hijau tua dengan bentuk yang indah.

Tanaman ini memerlukan asupan cahaya dan CO2 yang tinggi, serta asupan nutrisi yang cukup. Jenis tanaman ini termasuk tanaman emersed, dan akan menghasilakn bunga yang cantik apabila sudah melewati permukaan air.

Ceratophyllum Demersum

Ceratophyllum Demersum
theshrimpfarm.com
Jenis tanaman yang tidak memiliki akar seperti tumbuhan aquascape yang lainnya ini dapat ditemukan hampir di seluruh dunia kecuali di Antartika. Perawatan Ceratophyllum Demersum ini pun terbilang sangat mudah. Pasalnya, tanaman air satu ini tidak membutuhkan jenis air tertentu atau pencahayaan yang tinggi. Dengan bentuknya yang unik membuat tanaman aquascape ini semakin mempercantik tampilan akuarium Anda.

Ceratopteris Cornuta

Ceratopteris Cornuta
barrreport.com

Ceratopteris Cornuta dapat ditemukan di Afrika, Asia, Amerika, dan Australia. Tanaman air yang satu ini tumbuh dengan cara terapung atau floating. Meskipun begitu, ia tetap bisa ditancap ke dalam substrate seperti tanaman stem dengan catatan pertumbuhannya menjadi lebih lambat sehingga memerlukan intensitas cahaya yang lebih.

Cryptocoryne Beckettii Petchii

Cryptocoryne Beckettii Petchii
tropica.com

Tanaman yang sudah dipakai bertahun-tahun oleh pecinta aquascape di Indonesia ini dapat hidup pada air dengan tingkat karbondioksida yang tinggi maupun rendah. Selain itu, Cryptocoryne Beckettii Petchii tidak memerlukan pencahayaan yang terlalu banyak, sehingga dapat tumbuh dengan baik jika ada pencahayaan yang cukup.

Didiplis Diandra

Didiplis Diandra
fish.aquaristic.net

Didiplis Diandra biasa dijadikan sebagai tanaman aquascape untuk midground. Meskipun tanaman ini mempunyai bentuk daun yang unik dan menarik perhatian, namun dalam perawatannya tergolong sulit sehingga kurang cocok bagi pemula. Disiplis Diandra termasuk tanaman yang hidup secara emersed. Dan ketika tumbuh di atas permukaan air, Didiplis Diandra akan memproduksi bunga.

Dwarf Baby Tears (Hemianthus Callitrichoides)

Dwarf Baby Tears
garden.eco

Dwarf Baby Tears atau Hemianthus Cakkitrichoides mulai dikenal pada tahun 2000-an. Tanaman penghias akuarium ini berasal dari Kuba. Dwarf Baby Tears biasa digunakan sebagai penghias bagian depan akuarium. Jenis tanaman ini mempunyai daun yang kecil tetapi padat dengan tingkat pertumbuhan dan ketinggian yang rendah.

Dwarf Baby Tears membutuhkan intensitas cahaya yang tinggi, tetapi tetap mampu beradaptasi pada intensitas cahaya menengah. Dengan suplai cahaya yang banyak, C02 terlarut, dan substrat kaya nutrisi akan memberikan pertumbuhan Dwarf Baby Tears yang baik.

Echinodorus Tenellus

Echinodorus Tenellus
torontoplantman.wordpress.com

Jenis tanaman air ini biasa dipakai untuk menghasilkan permadani hijua di dalam akuarium. Tanaman merupakan tanaman yang tumbuh merambat dan menyebar hingga menyerupai rumput dengan daun berukuran besar.

Pertumbuhannya tergolong sedang, namun dapat dipercepat dengan memberi CO2 dan intensitas cahaya yang tinggi. Echinodorus Tenellus dapat hidup mandiri tanpa harus dinaungi oleh tanaman lainnya.

Elatine Triandra

Elatine Triandra
capricornaquarium.com

Tanaman hias akuarium yang berasal dari Amerika Serikat dan Kanada ini biasannya digunakan sebagai carpet plant. Dan di alam bebas biasanya ditemukan di area-area perairan yang berlumpur. Bagi para pemula, tidak disarankan menanam Elatine Triandra karena tanaman ini tergolong tanaman yang sulit perawatannya, memerlukan pencahayaan tinggi, dan nutrisi yang cukup.

Echinodorus x Subulatus Lucanas

Echinodorus x Subulatus Lucanas
berkahaquascape.blogspot.com

Tumbuhan aquascape yang satu ini dapat tumbuh dan hidup dengan mudah di segala kondisi air, bahkan dengan intensitas cahaya yang sedikit dan tanpa adanya injeksi dari CO2 sekalipun. Oleh sebab itu, jenis tanaman air ini sangat cocok digunakan sebagai penghias akuarium Anda dan biasanya digunakan para ikan sebagai tempat bersembunyi.

Echinodorus Vesuvius

Echinodorus Vesuvius
azgardens.com

Tanaman air ini bisa ditempatkan sebagai tanaman background ataupun midground (lebih cocok) di akuarium dikarenakan bentuk daunnya yang spiral dan sempit. Echinodorus Vesuvius juga sangat disarankan bagi para pemula yang mau memulai perawatan aquascape di dalam akuarium karena tidak menuntut kondisi terbaik akuarium dan perawatannya sangat mudah.

Eleocharis Parvula

Eleocharis Parvula
tropica.com

Nama lain dari tanaman ini adalah Dwarf Hair Grass. Tanaman aquascape ini dapat tumbuh dengan cepat, maka Anda harus melakukan pemangkasan secara berkala. Tanaman ini biasa tumbuh pada air dengan suhu 22-25 derajat celcius dengan pencahayaan sedang. Namun jika ingin tumbuh dengan cepat, maka berilah pencahayaan yang tinggi.

Hygrophila Polysperma

Hygrophila Polysperma
ebay.co.uk

Jenis tanaman ini tidak membutuhkan intensitas cahaya yang tinggi, yang penting cahaya tetap ada meskipun intensitasnya rendah. Selain itu, Hygrophila Polysperma juga tidak terlalu mengganggap CO2 sebagai kebutuhan yang penting. Jadi tidak heran bila banyak orang yang lebih menyukai untuk meletakkan Hygrophila Polysperma di akuariumnya.

Jenis tanaman ini sangat dianjurkan untuk pemula, karena tidak menutut perlakuan khusus. Satu hal lagi, Hygrophila Polysperma juga termasuk tanaman yang dapat hidup sebagian di atas permukaan air, dan sebagian terendam di dalam air (emersed).

Hygrophila Difformis

Hygrophila Difformis
tropica.com

Tanaman ini juga sering disebut dengan nama Water Wisteria. Jenis tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat dan perawatannya pun cukup mudah, sehingga sangat cocok bagi pemula. Hygrophila Difformis dapat tumbuh pada suhu air 23-28 derajat celcius dengan pencahayaan sedang.

Hydrocotyle Leucocephala

Hydrocotyle Leucocephala
flickr.com

Hydrocotyle Leucocephala merupakan tanaman aquascape pertama kali yang ditemukan di kawasan Amerika Selatan. Tanaman ini banyak tumbuh di kolam dan paludarium dengan kondisi habitat basah atau berawa. Tanaman memiliki daun berwarna hijau berbentuk bulat yang indah. Selain itu, tanaman air ini juga mempunyai daya tahan yang kuat dan pertumbuhan yang relatif cepat.

Java Moss

Java Moss
fishkeepingworld.com

Java Moss merupakan tanaman yang terkelompok dalam keluarga Hypnaceae, berasal dari kawasan Asia Tenggara dengan nama ilmiah Taxiphyllum barbieri. Jenis tanaman air ini tergolong mudah dalam hal perawatannya sebab tidak memerlukan banyak CO2 dan intensitas cahaya yang tinggi. Java Moss bisa tumbuh emersed dan tingkat pertumbuhannya yang lambat.

Lilaeopsis Brasiliensis

Lilaeopsis Brasiliensis
liverpoolcreekaquariums.com

Jenis tanaman aquascape ini merupakan tanaman karpet dengan rumput yang dihasilkan serupa dengan Hairgrass, Tennelus, dan sebagainya. Bentuk daun Lilaeopsis Brasiliensis hanya berupa daun yang memanjang dari akar tanpa adanya batang. Lilaeopsis Brasiliensis biasa tumbuh menyebar ke samping, dan untuk pertumbuhannya tidak memerlukan intensitas cahaya yang tinggi.

Monte Carlo

Monte Carlo
pasargrosir.co

Tanaman Monte Carlo biasa dipakai sebagai tanaman karpet di substrat akuarium dengan laju pertumbuhan yang relatif cepat. Tanaman ini tergolong tanaman yang unik. Dengan intensitas cahaya yang tinggi, maka kecepatan tembuhnya semakin tinggi dan menghasilkan kerpet dengan batas tertentu.

Marsilea Hirsuta

Marsilea Hirsuta
azgardens.com

Marsilea Hirsuta termasuk jenis tanaman karpet yang berasal dari Australia. Tanaman ini tumbuh secara menyebar mengelilingi akuarium dengan bentuk yang indah. Dan untuk memperoleh daun yang sempurna, maka dibutuhkan pencahayaan yang tinggi. Marsilea Hirsuta dapat hidup secara emersed maupun submersed.

Microsorum Pteropus

Microsorum Pteropus
tropica.com
Java Fern merupakan nama lain dari tanaman aquascape ini. Karena mudah tumbuh dan tidak memerlukan perawatan yang ekstra, maka Java Fern sangat direkomendasikan bagi para pemula. Meskipun perawatannya cukup mudah, tanaman ini juga biasa dikoleksi oleh pemain lama aquascape dikarenakan Java Fern memiliki bentuk dan tampilan yang sangat menarik.

Pogostemon Stellata

Pogostemon Stellata
flowgrow.de
Jenis tanaman aquascape yang biasanya digunakan sebagai background akuarium ini berasal dari Asia dan Australia. Pogostemon Stellata memiliki daun berwarna merah keunguan yang dapat mempercantik akuarium Anda. Namun dalam memelihara Pogostemon Stellata dibutuhkan pencahayaan dan karbondioksida yang cukup banyak. Ikan-ikan hias berukuran kecil biasanya sangat suka bersembunyi di balik dedaunan Pogostemon Stellata.

Windelov

Windelov
berkahaquascape.blogspot.com

Windelov mempunyai ujung yang bercabang dengan bentuk yang unik sehingga banyak yang menganggapnya sebagai salah satu tanaman aquascape tercantik di dunia. Tanaman hias air Windelov bisa tumbuh tinggi hingga 20 cm dengan lebar yang sama pula.

Windelov merupakan salah satu tanaman aquascape yang cocok untuk pemula ataupun para aquascaper yang sudah ahli karena mudah dalam segi perawatannya. Tanaman akuarium yang satu ini juga mempunyai ketahanan diri yang kuat, terlebih bila diikat pada akar, kayu ranting, atau ditempel pada batu.

Tinggalkan Balasan