23+ Jenis Lovebird di Indonesia Lengkap dengan Gambar dan Ciri-Cirinya

Lovebird adalah salah satu jenis burung dari sembilan jenis spesies genus Agapornis. Mereka adalah burung yang berukuran kecil, antara 13 sampai 17 cm dengan berat 40 hingga 60 gram, dan bersifat sosial. Delapan dari spesies ini berasal dari Afrika, sementara spesies “burung cinta kepala abu-abu” berasal dari Madagaskar (sumber wikipedia).

Lovebird adalah burung kicauan yang tampak menarik, baik dilihat dari segi fisiknya, suaranya, maupun bentuk dan warnanya. Banyak orang yang membeli spesies lovebird untuk dijadikan burung peliharaan di rumah, untuk lomba kicauan dan juga untuk dinikmati keindahan bulunya, salah satunya lovebird biola.

Lomba Kicau Lovebird

Di kalangan pecinta burung atau kicau mania, lovebird kini menjadi primadona. Salah satu orang di Komunitas Lovebird Indonesia (KLI) Fran Kli mengatakan lovebird termasuk burung yang populer di kalangan kicau mania. Bahkan popularitas burung ini terus menanjak dari waktu ke waktu.

Lovebird terkenal karena warna dan suara ngekek-nya yang memiliki khas tersendiri. Di pasar, burung ini bisa didapatkan mulai dari lovebird dengan harga puluhan ribu hingga lovebird termahal dengan harga miliaran, tergantung jenis dan kualitasnya. Sekarang ini di Indonesia mulai banyak orang-orang berternak lovebird untuk mendapatakan penghasilan tambahan.

Jenis lovebird yang beredar di indonesia sangatlah banyak dan beragam. Dan tidak semua orang tahu tentang jenis dan ciri-ciri lovebird yang beredar di Indonesia. Dan begitu pula dalam cara membedakan lovebird jantan dan betina yang dianggap sulit.

Tetapi dalam artikel kali ini nurdian.com akan membahas tentang jenis-jenis lovebird yang ada di Indonesia beserta ciri-cirinya.

Baca juga: +23 Jenis Kolibri Tercantik di Indonesia beserta Gambarnya.

Jenis-Jenis Lovebird di Indonesia

1. Lovebird Violet

jenis lovebird, lovebird violet

rajafauna.com

Lovebird Violet merupakan salah satu jenis lovebird yang sangat populer di kalangan kicau mania, sehingga seringkali lovebird ini menjadi incaran. Lovebird Violet terkenal karena keindahan warna bulunya, selain itu lovebird ini juga jarang ditemukan. Lovebird Violet memiliki ciri-ciri seperti, bulu berwarna ungu dan paruh berwarna putih.

Lovebird Violet sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Lovebird Voilet SF dan Lovebird Violet DF.

  • Lovebird Violet SF

Lovebird Violet SF memiliki ciri-ciri, bulu berwarna ungu. Lovebird ini memiliki warna yang hampir mirip dengan lovebird biru mangsi dibagian kedua sayap. Tapi dibagian ekor dan dada Lovebird Violet SF tetap berwarna ungu, tidak seperti lovebird biru mangsi yang berwarna biru.

  • Lovebird Violet DF

Lovebird Violet DF memiliki ciri-ciri, bulu yang berwarna ungu dan warna ungunya lebih tua daripada Lovebird Violet DF. Dan bagian sayap lovebird ini memiliki warna yang lebih gelap lagi.

2. Lovebird Batman

jenis lovebird, lovebird batman

tokopedia.com

Seperti yang anda lihat pada gambar di atas. Lovebird Batman memiliki ciri ciri, yaitu warna dominan hitam dibagian kepala, punggung, dan sayapnya. Sedangkan warna dada berwarna putih dan abu-abu. Dan paruh lovebird batman berwarna putih.

Lovebird ini dinamakan lovebird batman karena warnanya yang hitam, seperti warna tokoh superhero batman yang identik dengan kostum berwarna hitam.

3. Lovebird Biru Mangsi

jenis lovebird, lovebird biru mangsi

whscorpora.com

Seperti yang bisa anda lihat pada gambar diatas, bahwa jenis lovebird ini memiliki warna biru yang terlihat seperti buah mangsi. Jadi tidak heran kalau jenis lovebird ini disebut dengan Lovebird Biru Mangsi. Selain itu warna paruh Lovebird Biru Mangsi berwarna putih. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar di atas.

4. Lovebird Albino

jenis lovebird, lovebird albino mata hitam dan merah

Luthfan.com

Sesuai dengan namanya, lovebird Albino ini memiliki warna dominan putih pada bulunya. Mulai dari ujung ekor dan sampai kepalanya, serta warna paruh lovebird ini juga berwarna putih.

Lovebird Albino sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Lovebird Albino Mata Hitam dan Lovebird Albino Mata Merah.

Lovebird Albino Mata Hitam

Lovebird Albino Mata Hitam memiliki ciri-ciri, untuk warna bulu dan paruh tetap sama berwarna putih.  Tetapi warna bola mata berwarna hitam.

Lovebird Albino Mata Merah

Lovebird Albino Mata Merah memiliki ciri-ciri, untuk warna bulu dan paruh tetap sama dengan Lovebird Albino Mata Hitam. Hanya saja untuk warna bola mata Lovebird Albino Mata Merah berwarna merah seperti namanya.

5. Lovebird Biru Cobalt

jenis lovebird, lovebird biru cobalt

burunglovers.com

Lovebird Biru Cobalt memiliki warna biru juga tapi warna birunya memudar. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar. Warna biru kobal ini seperti warna biru langit yang bersih pada siang hari yang panas. Dan warna paruh Lovebird Biru Cobalt berwarna putih. Untuk lebih detailnya lihat pada gambar di atas.

6. Lovebird Lutino

jenis lovebird, lovebird lutino mata hitam

hewanpeliharaan.com

Ciri khas pada Lovebird Lutino yaitu warna bulunya yang hampir 85% berwarna kuning dan warna merah cerah dibagian kepala, serta warna paruh berwarna merah. Dan kakinya berwarna merah muda.

Lovebird Lutino sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Lovebird Lutino Mata Hitam dan Lovebird Lutino Mata Merah.

  • Lovebird Lutino Mata Hitam

Lovebird Lutino Mata Hitam, seperti namanya sendiri, jenis lovebird ini memiliki bola mata yang berwarna hitam. Tetapi untuk warna bulu dan paruh tetap sama pada Lovebird Lutino umumnya.

  • Lovebird Lutino Mata Merah

Lovebird Lutino Mata Merah, juga seperti namanya, jenis lovebird ini memiliki bola mata yang berwarna merah. Untuk warna bulu dan paruh tetap sama pada Lovebird Lutino pada umumunya juga.

7. Lovebird Olive

jenis lovebir, lovebird olive

picbear.online

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, Lovebird Olive memiliki ciri-ciri, warna bulu dominan warna hijau gelap dan kusam dari sayap hingga punggung. Pada ujung sayap dan ekor berwarna hitam dan lehernya berwarna kuning. Paruh lovebird olive berwarna merah cerah.

8. Lovebird Mouve

jenis lovebird, lovebird mouve

Snap361.net

Seperti pada gambar di atas, Lovebird Mouve memiliki warna bulu hampir seluruhnya berwarna mocca atau coklat pudar, tetapi bagian leher dan dada berwarna putih. Bagian kepala pada lovebird jenis ini berwarna putih bercampur mocca, tetapi ada juga yang berwarna putih bersih. Lovebird Mouve memiliki paruh berwarna putih.

9. Lovebird Dakocan

jenis lovebird, lovebird dakocan

cintaihidup.com

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, Lovebird Dakocan memiliki 3 komponen warna, yaitu warna hitam pekat di bagian kepala dan ujung sayap, warna kuning lemon pekat dibagian leher, dan tubuh lainnya berwarna hijau cerah. Warna paruh Lovebird Dakocan berwana merah cerah.

10. Lovebird Palamas atau Kepala Emas

jenis lovebird, lovebird kepala emas

b4arangmurah.blogspot.com

Lovebird Palamas merupakan salah satu jenis lovebird berwarna hijau. Paruh Lovebird Palamas berwarna merah kemudian bagian tubuhnya dominan hijau bercampur kuning. Sebenarnya Lovebird Palamas ini sangat mirip dengan Lovebird Pastel Kuning.

Hanya saja yang paling membedakannya adalah pada warna bulu di kepalanya. Warna bulu pada kepala Lovebird Palamas berwarna keemasan. Warna tersebut tidak sampai ke leher penuh, namun hanya sebagian atau sekitar setengah leher saja. Lihatlah gambar di atas untuk lebih detailnya.

11. Lovebird Dark Green

jenis lovebird, lovebird hijau dark green

mashabe.com

Lovebird Dark Green memiliki warna hijau tua yang dominan, warna kuning melingkar di leher sebagai kombinasi. Di bawah sayap berwarna ungu. Beberapa ada yang berkepala berwarna kehitaman, dan ada yang memiliki warna kepala hitam pekat. Pada bagian perut hingga kaki memiliki warna bulu hijau muda.

12. Lovebird Hijau

jenis lovebird, lovebird hijau

africanlovebirdsociety.org

Lovebird Hijau merupakan lovebird yang paling banyak ditemukan dan merupakan lovebird dengan harga termurah. Lovebird ini memiliki warna hijau standar dan warna kuning pudar pada leher serta warna kepala agak kehitam-hitaman. Warna paruh Lovebird Hijau berwarna merah cerah.

13. Lovebird Pastel

Lovebird Pastel merupakan jenis lovebird hasil dari persilangan dari dua jenis lovebird yang berbeda warna, sehingga menghasilkan warna campuran dan tidak ada warna dominan. Lovebird pastel sendiri dibagi menjadi 6 jenis, yaitu :

  • Lovebird Pastel Biru atau Pasbir

jenis lovebird, lovebird pastel biru-pasbir

karyaanakbangsa00.blogspot.com

Lovebird Pastel Biru memiliki ciri-ciri, memiliki warna biru pucat dibagian perut, punggung dan sayap. Ujung sayap dan leher berwarna putih. Kepala berwarna abu-abu dan paruhnya berwarna putih.

  • Lovebird Pastel Kuning atau Paskun

jenis lovebird, lovebird pastel kuning

picbear.com

Jenis lovebird ini memang agak mirip dengan Lovebird Lutino, perbedaannya terletak pada warna bulunya. Lovebird ini memiliki warna kuning kalem atau pudar dan juga ada campuran warna hijau mudanya pada ekornya, sedangkan Lovebird Lutino berwarna kuning cerah dan bersih. Paruh Lovebird Pastel Kuning berwarna merah cerah.

  • Lovebird Pastel Mouve atau Pasmouve

jenis lovebird, lovebird pastel mouve

anaksingkong.net

Lovebird Pastel Mouve memiliki 2 warna kombinasi, yaitu warna mocca dan warna putih. Kedua warna tersebut hampir berada di setiap bagian bulu di tubuhnya. Warna paruh lovebird ini berwarna putih.

  • Lovebird Pastel Putih atau Pasput

jenis lovebird, lovebird pasput

twgram.me

Lovebird Pastel Putih memiliki warna putih soft atau kalem dengan sedikit campuran warna biru pada bagian dada dan perut. Warna bagian kepala juga agak kecoklat-coklatan dan paruhnya berwarna putih.

  • Pastel Hijau atau Pasjo

jenis lovebird, lovebird pasjo

jualo.com

Lovebird Pastel Hijau memiliki warna hijau kekuningan pada bagian sayap, ekor, dan badannya. Pada ujung sayap terdapat warna putih. Pada bagian kepala berwarna orange kemerahan serta paruh yang berwarna merah cerah.

  • Pastel Olive atau Pasolive

jenis lovebird, lovebird pastel olive

jualo.com

lovebird Pastel Olive memiliki warna kuning dengan campuran warna hijau kusam pada bagian badannya, tapi ujung sayap berwarna putih agak kecoklatan. Pada bagian kepala berwarna orange kemerahan dan paruh berwarna merah cerah.

14. Lovebird Biola

Lovebird Biola merupakan lovebird atau premium karena dihargai sekitar Rp 11 juta – Rp 28 juta. Bisa dibilang, Lovebird Biola termasuk jenis lovebird termahal karena begitu lahir harganya sudah sangat mahal.

Lovebird Biola sendiri dibagi menjadi 4 jenis, yaitu Lovebird Biola Green, Lovebird Biola Blue, Lovebird Biola Parblue, dan Lovebird Biola Lutino.

  • Lovebird Biola Green

jenis lovebird, lovebird biola green

masterkicau.net

Lovebird Biola Green disebut juga Lovebird Green Ppaline. Lovebird ini memiliki warna dominan hijau cerah, bagian sayap seperti ada motif batik dan warna kepala berwarna merah cerah atau orange. Dan paruhnya berwarna merah cerah.

  • Lovebird Biola Blue

jenis lovebird, lovebird biola blue

pinterest.com

Lovebird Biola Blue disebut juga Lovebird Blue Opaline. Lovebird ini memiliki warna biru cerah di badannya dan kepalanya berwarna putih sable head atau putih bersih. Dan bagian sayap seperti ada motif batiknya. Dan paruhnya berwarna orange.

  • Lovebird biola parblue

jenis lovebird, lovebird biola parblue

voofla.com

Lovebird biola parblue tergolong jenis Lovebird yang langka karena jarang ditemukan di Indonesia. Lovebird jenis ini memiliki warna yang khas yaitu warna kepala berwarna kuning lembut atau cream. Bagian badan dan sayap berwarna biru dengan motif sperti batik dan paruh berwarna orange.

  • Lovebird Biola Lutino

jenis lovebird, lovebird biola lutino

deskgram.org

Lovebird Biola Lutino memiliki warna khas kuning cerah dan bersih di bagian dada sampai ke bawah tubuhnya. Sedangkan warna kepalanya berwarna merah sampai ke leher dengan bentuk sable. Dan di bagian ujung sayapnya berwarna kuning agak keputihan dan ujung ekornya berwarna kuning dengan kombinasi orange kemerahan.

Baca juga: 13 Jenis Lovebird Termahal di Indonesia yang Sangat Populer.

15. Lovebird Black Cheeked atau Pipi Hitam

jenis lovebird, lovebird black cheeked

anaksingkong.net

Lovebird Black Cheeked memiliki warna dominan hijau tua dengan sedikit siratan warna orange pada leher dan di atas matanya. Dan di bagian perutnya berwarna hijau muda sedangkan bagian wajahnya berwarna hitam. Lovebird ini juga disebut dengan lovebird pipi hitam.

16. Lovebird Slaty

jenis lovebird, lovebird slaty

lovebirdlover.com

Lovebird Slaty memiliki warna biru keabu-abuan pada bagian sayap dan punggung. Ada yang bilang kalau lovebird slaty ini seperti lovebird Mouve, namun menurut saya sangat berbeda. Pada bagian perutnya warna hitam kelabu dan berkilau jika terkena sinar matahari. Untuk lebih jelasnya bisa anda dilihat pada gambar di atas.

17.Lovebird Euwing

jenis lovebird, lovebird euwing

jolygram.com

Lovebird Euwing memiliki perpaduan warna hitam dan kuning di tubuhnya. Bagian sayap lovebird ini memiliki warna trotol-trotol seperti menyerupai batik. Bagian dada dengan warna cerah dibandingan dengan warna pada tubuh lainnya dan bagian ekor berwarna kuning dengan gradasi hitam. Memiliki warna hitam pada mukannya dan paruh berwarna merah cerah.

18. Lovebird Green Series (GS) atau Blorok Hijau

jenis lovebirs, lovebird gs

imbgroup.blogspot.com

Lovebird Green Series memiliki ciri-ciri, Kepala lovebird ini berwarna merah agak keemasan. Lehernya masih ada warna merah dan kuning atau gradasi dari merah dan kuning. Bagian dada memiliki warna dominan kuning.

Khusus bagian sayapnya, lovebird ini terdapat warna hijau. Ada warna blorok atau gradasi antara warna kuning dan warna hijau. Warna ekornya berwarna kuning dan bagian atas ekor ada kombinasi warna biru dan sedikit ungu.

19. Lovebird Blue Series (BS) atau Blorok Biru

jenis lovebird, lovebird bs

jolygram.com

Lovebird Blue Series memiliki ciri umum, paruh putih, mata punya kaca mata ( lingkaran sekeliling tepi mata warna hitam ) bulu bagian bawah dari kepala sampai ekor putih bersih dan tidak ada sambungan / bercak warna lainnya , bulu sayap warna biru terselip – selip warna putih atau warna blorok antara biru dan putih, sehingga terlihat cantik sekali paduan warnanya. Seperti pada gambar di atas.

20. Lovebird Halfsider

jenis lovebird, lovebird halfsider
insta.orenya.com

Lovebird Halfsider merupakan jenis lovebird yang sangat langka, karena lovebird ini memiliki 2 warna yang berbeda yang sangat mencolok. Lovebird jenis ini tergolok unik dan sangat susah mendapatkannya. Di tubuh lovebird jenis ini biasanya berwarna biru dan yang satu berwarna kuning atau warna hijau dengan biru, dan masih banyak lagi. Seperti gambar yang terlihat di atas.

21. Lovebird Parblue

jenis lovebird, lovebird parblue
pintaram.com

Lovebird Parblue merupakan jenis lovebird yang memiliki ciri yang khas, yaitu warna kepala lovebird ini berwarna kuning cerah. Lovebird parblue memliki harga yang sangat mahal yakni berkisar antara 13-15 juta per ekor. Wajar saja jika harganya mahal, dikarenakan karena memiliki warna yang bagus dan unik, serta keberadaannya cukup langka dan sulit sekali untuk mencetaknya.

22. Lovebird Lilian Nyasa

jenis lovebrid, lovebird lilian nyasa
hbw.com

Lovebird Lilian Nyasa memiliki warna hijau dominan di badannya dan depan kepalanya berwarna oranye merah yang cerah. Sedangkan di belakang kepala berwarna hijau kekuning-kuningan. Paruhnya berwarna merah cerah dan berwarna putih di pangkalnya. Memiliki klep atau cincin di matanya yang berwarna putih. dan untuk kaki berwarna abu-abu dan cakarnya berwarna hitam. Seperti pada gambar yang terlihat di atas.

Baca juga: 5 Cara Ternak Lovebird yang Mudah Bagi Pemula.

Baca juga: 9 Jenis Makanan Wajib untuk Lovebird Lomba dan Lovebird Ternak.

Mungkin hanya ini artikel yang dapat kami jelaskan tentang jenis-jenis lovebird dan ciri-cirinya yang ada di Indonesia. Sama halnya dengan jenis kolibri dan jenis jalak, jenis lovebird di Indonesia juga begitu banyak. Sebenarnya masih banyak lagi jenis lovebird yang belum kami jelaskan, dan mungkin akan kami jelaskan di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan