+23 Jenis Kolibri di Indonesia (Gambar, Habitat & Makanannya )

Siapa yang tidak mengenal burung kolibri? Jenis burung yang satu ini merupakan burung yang terkenal di kalangan pecinta burung karena memiliki ragam jenis, warna serta suaranya indah. Kepopuleran burung ini tidak hanya dikenal di Indonesia saja, namun juga sampai ke mancanegara bahkan di seluruh dunia.
Sama halnya dengan jenis lovebird, di Indonesia juga memiliki jenis kolibri yang bermacam-macam. Meskipun harganya tidak sebanding dengan burung lovebird yang mahal, namun kolibri tetap populer. Nah, dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang jenis-jenis kolibri di Indonesia. 
Lomba Kicau Kolibri di Indonesia

Jenis-Jenis Kolibri di Indonesia

Negara Indonesia sudah dikenal oleh seluruh dunia dengan surganya satwa. Di Indonesia memiliki jenis satwa yang begitu banyak. Tidak terkecuali jenis burung mungil kolibri yang memiliki postur tubuh kecil namun memiliki suara yang sangat indah.

Jenis-jenis kolibri di Indonesia sangatlah beragam, seperti penjelasan berikut ini.

Baca juga: 23+ Jenis Lovebird Terpopuler di Indonesia Disertai Gambarnya

1. Kolibri Canting atau Sogok Otong

jenis kolibri, kolibri canting
youtube.com

Kolibri canting atau sogok otong memiliki ukuran tubuh yang kecil, yaitu antara 8-10cm. Kolibri ini memiliki nama latin Nectarinia Jugularis. Sebagian orang menyebut kolibri ini dengan sebutan koilbri sriganti. Habitat jenis kolibri ini adalah di perkebunan atau di pekarangan.

Untuk kolibri canting jantan memiliki warna tubuh bagian punggung berwarna hijau bercampur cokelat, bagian bawah berwarna kuning cerah, dan bagian dada hingga leher berwarna ungu metalik atau ungu mengkilap. Untuk kolibri canting betina berwarna hampir sama dengan jantan. Namun, dibagian dada dan leher tidak berwarna ungu metalik tetapi berwarna kuning muda.

Makanan burung kolibri canting atau sogok otong adalah nektar yang ada pada bunga, air gula sebagai makanan alternatif, dan serangga-serangga yang kecil, seperti semut, mimik.

2. Kolibri Kelapa atau Manggar

jenis kolibri, Kolibri Kelapa
masterkicau.net

Kolibri kelapa atau manggar merupakan jenis kolibri yang memiliki ukuran tubuh sedang, yaitu +- 13cm. Kolibri ini memiliki nama latin Anthreptes Malacencis. Jenis kolibri ini banyak dijumpai di perkebunan kelapa, hutan mangrove, maupun di pekarangan yang banyak pohonnya.

Untuk kolibri kelapa jantan memiliki ciri-ciri, yaitu kepala berwarna ungu metalik, bagian penutup sayap berwarna ungu cerah, bagian pipi dan leher berwarna cokelat, dan tubuh bagian bawah berwarna kuning. Sedangkan untuk kolibri betina memiliki warna tubuh bagian atas berwarna hijau zaitu dan tubuh bagian bawah berwarna kuning seperti halnya si jantan, tetapi tidak memilik warna ungu di tubuhnya.

Makanan burung kolibri kelapa atau manggar adalah nektar pada bunga-bunga, kroto, serangga-serangga kecil, dan air gula sebagai makanan alternatif.

3. King Konin (King Kolibri Ninja) atau Kolibri Bakau

king konin atau king kolibri ninja
youtube.com

King konin memiliki ukuran tubuh sedang sekitar +- 13cm. Kolibri ini memiliki nama latin Leptocoma Calcostetha. Jenis kolibri ini berhabitat di hutan mangrove tepi hutan, rawa-rawa, serta daerah lainnya yang berketinggian sampai 250mdpl.

Ciri-ciri dari king konin jantan yaitu memiliki warna kehitaman pada sebagian tubuhnya, dada berwarna ungu cerah bercampur ungu metalik, memiliki strip kumis, pada bagian leher berwarna tembaga gelap, dan pada bagian kepala atas dan penutup sayap memilik warna biru mengkilap.

Sedangkan untuk yang betina memiliki warna keputih-putihan pada bagian leher, berwarna hijau zaitun pada punggungnya, berwarna abu-abu pada bagian kepala, bagian bawah tubuh berwarna kuning, dan pada penutup ekor bagian bawah berwarna putih.

Dan untuk makanan burung kolibri king konin sama dengan makanan kolibri pada umumnya, yaitu nektar dan serangga kecil.

4. Kolibri Ninja (Konin)

kolibri ninja
pinterest.com

Kolibri ninja atau konin memiliki ukuran tubuh sekitar 8-10cm. Kolibri ninja memiliki nama latin Leptocoma Sperata. Di daerah Jawa Barat kolibri ini lebih dikenal dengan sebutan kolibri tasik dan di daerah Jawa Tengah terutama di Solo dikenal dengan sebutan kolibri raja.

Habitat dari jenis kolibri ini adalah di pinggiran hutan yang memiliki ketinggian sampai 200mdpl. Burung ini juga sering ditemui di daerah hutan karet dan daerah pesisir pantai.

Ciri-ciri kolibri ninja jantan yaitu memiliki ciri khas warna topi hijau metalik, bagian tubuh atas sebagian besar berwarna hitam metalik, bagian leher berwarna ungu, dan bagian dada ke bawah berwarna merah coklat. Warna kolibri jantan pada jenis kolibri ini lebih dominan warna hitam, sedangkan yang betina lebih dominan warna abu-abu.

Makanan burung kolibri ninja adalah nektar yang terdapat pada bunga, kroto, serangga kecil, air gula dan madu sebagai alternatif jika dipelihara.

5. Kolibri Sepah Raja

kolibri sepah raja
id.wikipedia.org

Kolibri sepah raja memiliki suatu kelebihan yang tidak akan dimiliki oleh jenis kolibri lainnya, yaitu kekebalan tubuh yang sangat kuat. Kolibri ini memiliki ukuran tubuh sedang yaitu +- 13cm. Dan memiliki warna yang berbeda dan mencolok dari warna kolibri lainnya. Kolibri sepah raja memiliki nama latin Aethopyga Siparaja.

Habitat dari kolibri sepah raja adalah kawasan hutan tropis, di perkebunan, dan banyak dijumpai di pohon cerry, karena kolibri ini sangat senang menghisap sari bunga cerry.

Kolibri jantan pada jenis ini memiliki warna merah terang pada bagian leher sampai dada dan sebagian di kepala serta punggung. Untuk bagian dahi dan ekor berwarna ungu. Dan bagian perut berwarna abu-abu agak gelap. Sedangkan untuk yang betinanya memiliki warna hijau zaitun pudar dan tidak memiliki warna merah seperti pejantannya.

Makanan burung kolibri sepah raja sama dengan kolibri pada umumnya, yaitu nektar yang terdapat pada bunga, kroto, serangga kecil, air gula dan madu sebagai alternatif jika dipelihara.

6. Kolibri Muncang atau Wulung

kolibri muncang
pinterest.com

Kolibri muncang atau wulung memiliki nama latin Anthreptes Singalensis. Jenis kolibri ini sangat dikenal sebagai kolibri petarung, karena memiliki mental yang sangat bagus. Ukuran tubuh kolibri ini berukuran sedang yaitu 11-13cm saja.

Habitat dari kolibri ini adalah di lereng gunung dan suka berpindah-pindah ke tempat yang lebih tinggi. Hidupnya bergerombol dengan jenisnya dan makanannya berupa serangga kecil, ulat, nektar, dan madu sama seperti kolibri lainnya.

Untuk kolibri muncang jantan memiliki ciri khas yaitu memiliki mahkota dan bagian atas tubuhnya yang berwarna hijau tua mengkilap, bagian pipi berwarna coklat tua, bagian leher dan dada berwarna coklat muda, dan bagian perut ke bawah berrwarna hijau pudar. Berbeda dari jantannya, untuk betina memiliki warna tubuh yang sebagian besar berwarna hijau zaitun pucat.

7. Kolibri Black Sunbird

kolibri black sunbird
wikiwand.com

Kolibri black sunbird ini memiliki ukuran postur tubuh yang tergolong kecil, yaitu +- 11cm. Kolibri black sunbird memiliki nama latin Leptocoma Sericea/Aspasia.

Untuk membedakan jantan dan betina jenis kolibri ini sangatlah mudah, karena perbedaan warna yang sangat mencolok di antara keduanya. Jika jantan berwarna hitam dengan kilauan warna-warni biru dan ungu. Paruh ramping melengkung ke bawah. Sedangkan untuk betina kepalanya berwarna abu-abu, punggung dan sayap berwarna hijau zaitun, dan bagian perut berwarna kuning pucat.

Kolibri black sunbird pada saat ini sedang dicar-cari oleh pecinta burung di Indonesia, sehingga harganya melambung tinggi dan menjadi langka.

8. Kolibri Gunung atau Merak

kolibri gunung atau merak
id.m.wikipedia.org

Jenis kolibri ini disebut dengan kolibri gunung karena habitatnya di daerah pegunungan atau di daerah dataran tinggi. Kolibri gunung merupakan jenis burung endemik Pulau Jawa, oleh karena itu kolibri jenis ini tidak akan ditemukan di daerah selain di Pulau Jawa. Kolibri gunung memiliki nama latin Aethopyga eximia.

Ukuran tubuhnya tergolong sedang, yaitu +- 12cm. Dan makanan dari kolibri ini sama dengan jenis kolibri lain, yaitu nektar dan serangga kecil.

Pada kolibri gunung jantan memiliki ciri-ciri, seperti memiliki mahkota dan garis tenggorokan yang sempit berwarna biru-ungu mengkilap, leher dan dada berwarna merah, punggung dan sayap berwarna hijau zaitun, runggir kuning, dan ekor berwarna hijau.

Dan untuk kolibri betina, tubuh bagian atas berwarna hijau zaitun suram, tubuh bagian bawah berwarna hijau zaitun tua denagn sisi putih, ekor lebih pendek, serta paruh dan kaki berwarna hitam.

9. Kolibri Ekor Merah

kolibri ekor merah
flickr.com

Jenis kolibri ini dimanakan kolibri ekor merah karena warna ekornya yang memang berwarna merah. Kolibri ekor merah memiliki nama latin aethopyga temminckii. Ukuran tubuh kolibri ini untuk jantan +- 13cm dan untuk betina +- 10cm saja. Kolibri ini merupakan burung endemik dari Sumatera dan Kalimantan.

Burung kolibri ekor merah jantan memiliki bulu berwarna merah hampir di separuh tubuhnya, sayap yang berwarna coklat dan merah, dan bagian ekor yang berwarna merah. Sedangkan untuk betina bagian atas tubuhnya berwarna coklat dan bagian bawah berwarna hijau zaitun.

Makanan koilibri ini ialah nektar-nektar yang ada pada bunga dan serangga kecil yang ada di pepohonan di daerah pegunungan.

Baca juga:  23+ Jenis Burung Hantu di Indonesia (Terbaru)

10. Kolibri Sangihe

kolibri sangihe
hbw.com

Jenis kolibri ini merupakan burung endemik dari Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Dan hanya dapat ditemukan di Gunung Sahendaruman. Kolibri sangihe memiliki nama latin Aethopyga duyvenbodei. Postur tubuh kolibri sangihe tergolong sedang, yaitu 12cm dan itu merupakan postur rata-rata kolibri gunung.

Makanannya sama dengan jenis-jenis kolibri lainnya, yaitu nektar bunga dan serangga yang sering dijumpai di daun.

Pada kolibri jantan memiliki ciri-ciri, seperti tubuh bagian atas berwarna hijau dan biru, punggung berwarna hijau zaitun, di belakang mata ada warna merah, dan tubuh bagian bawah berwarna kuning. Sedangkan untuk betina, tubuh bagian atas berwarna zaitun kekuningan, mahkota bersisik, tubuh bagian bawah berwarna kuning.

11. Kolibri Matari

kolibri matari
indonesiakehati.com

Kolibri matari memiliki nama latin Cinnyris Solaris. Ukuran tubuh dari kolibri ini tergolong kecil,yaitu kurang dari 11cm. Jenis kolibri ini merupakan burung endemik dari Nusa Tenggara dan Pulau Flores, sehingga hanya dapat ditemukan di daerah sana saja.

Ciri-ciri kolibri matari jantan yaitu warna kepala sampai punggung full berwarna hijau metalik dan warna bagian bawah berwarna kuning sunkis dangan garis merah di tengahnya. Sedangkan untuk betinanya mirip dengan kolibri canting, tetapi warna pada tubuh bagian bawah jauh lebih kusam.

Untuk makanannya sama dengan jenis-jenis kolibri pada umumnya, yaitu nektar pada bunga dan serangga-serangga kecil.

12. Kolibri Kelapa Leher Merah

kolibri kelapa leher merah
hbw.com

Jenis kolibri ini banyak ditemukan di daerah hutan tropis yang berketinggian 500mdpl. Kolibri ini memiliki nama latin Anthreptes Malacensis. Postur tubuh kolibri ini tergolong sedang yaitu 12cm. Habitat kolibri kelapa leher merah sama dengan kolibri kelapa.Makanan dari jenis kolibri ini adalah nektar, serangga kecil, dan madu.

Burung jantan kolibri ini memiliki mahkota dan punggung yang berwarna hijau metalik, leher dan penutup sayap berwarna merah marun, dan tubuh bagian bawah berwarna kuning kusam. Dan betinanya memiliki warna punggung hijau zaitun, leher keputih-putihan, perut kuning pucat.

13. Kolibri Jawa atau Jago

kolibri jawa
picbear.online

Jenis kolibri ini hampir sama dengan kolibri sepah raja, hanya saja ukurannya lebih kecil. Kolibri jawa memiliki nama latin Aethopyga Mystacalis. Sesuai dengan namanya habitat kolibri ini bisa ditemukan di sekitar Pulau Jawa.

Ciri-ciri kolibri jawa jantan yaitu berwarna merah terang pada bagian kepala sampai dada dan punggung, memiliki mahkota , setrip malar dan ekor yang panjang berwarna ungu metalik, sayap berwarna hijau zaitun. Sedangkan betina posturnya lebih kecil dan berwarna abu-abu buram.

14. Kolibri Lebah

kolibri lebah
depositphotos.com

Kolibri lebah merupakan jenis terkecil dari kolibri lainnya, ukuran tubuhnya hanya 4cm. Kolibri ini memiliki nama latin Mellisuga Helenae.

Perbedaan jantan dan betina pada kolibri jenis ini  terlihat pada warna dan bentuk fisiknya. Burung kolibri lebah jantan memiliki tubuh yang lebih kecil dibanding yang betina. Bulunya sangat indah dengan berbagai kombinasi warna dan sangat nyaman untuk dilihat, kolibri yang jantan memiliki warna hijau pada kepala dan merah dibagian bawah paruhnya. Dan untuk betinanya berwarna biru kehijauan.

15. Kolibri Pijantung (Genus Arachnothera)

Kolibri pijantung terdiri atas 11 jenis kolibri, dengan wilayah persebaran di negara-negara Asia Selatan dan Asia Tenggara. Bahkan 8 dari 11 jenis tersebut dapat dijumpai di Indonesia, terutama daerah Sumatera, Jawa, dan Kalimantan ).

  • Pijantung kecil (Arachnothera longirostra)

pijantung kecil
commons.wikimedia.org

Pijantung kecil (Arachnothera longirostra) termasuk jenis kolibri pijantung bertubuh kecil, dengan panjang tubuh sekitar 15 cm. Warna tubuh bagian atas berwarna hijau zaitun, tenggorokan agak keputihan-putihan dengan bagian dada hingga perut berwarna kuning terang.

Habitat pijantung kecil di daerah perkebunan, pekarangan, dan kawasan hutan di daerah Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali.

  • Pijantung besar (Arachnothera robusta)

pijantung besar
birdpx.com

Pijantung besar tampak berbeda dari jenis pijantung yang lainnya. Meski memiliki ukuran tubuh yang besar, yaitu 22 cm, namun burung ini tampak ramping dengan paruh tebal yang sangat panjang.  Tubuh bagian atas kolibri ini berwarna zaitun, dan tubuh bagian bawah berwarna kekuningan.

Pijantung besar memiliki dua subspesies yang menyebar di daerah Thailand, Malaysia, dan Sunda Besar (Sumatera, Jawa, dan Kalimantan). Pijantung besar termasuk burung yang sulit ditemui, karena  mereka berada di kawasan hutan pada ketinggian 400 – 1.400 mdpl

  • Pijantung kampung (Arachnothera crassirostris)

pijantung kampung
it.wikipedia.org

Pijantung kampung memiliki ukuran hampir sama dengan pijantung kecil, dengan panjang tubuh sekitar 17cm, namun memiliki paruh tebal yang lebih pendek, tenggorokan yang berwarna lebih abu-abu, dan memiliki lingkaran mata yang cukup menonjol.

Pijantung kampung hanya tersebar di wilayah Semenanjung Malaysia, Sumatera, dan Kalimantan. Spesies ini meruapakan penghuni hutan-hutan dataran rendah hingga ketinggian 1.300mdpl.

  • Pijantung tasmak (Arachnothera flavigaster)

pijantung tasmak
pinterest.ca

Pijantung tasmak memiliki lingkaran mata yang lebih lebar dan berwarna terang seperti halnya burung pleci.  Jenis ini memiliki ukuran  yang besar, dengan panjang tubuh 22 cm, yang merupakan ukuran terbesar dari seluruh jenis kolibri pijantung.

kolibri ini dapat dijumpai di daerah hutan terbuka di Sumatera dan Kalimantan. Mereka sering ditemukan di daerah perkebunan kelapa, ladang perkebunan, serta hutan belukar hingga ketinggian 1.300mdpl.

  • Pijantung telinga kuning (Arachnothera chrysogenys)

pijantung telinga kuning
flickr.com

Pijantung telinga kuning merupakan jenis yang mirip pijantung tasmak, namun ukuran tubuhnya lebih kecil, yaitu sekitar 18cm, dan memiliki paruh yang lebih ramping, bercak kekuningan di bagian pipi dan lingkaran mata yang lebih halus.

Jenis kolibri ini merupakan burung penetap di hutan dataran rendah yang berada di Kalimantan dan Sumatera hingga ketinggian 1.400mdpl. Namun ada beberapa catatan di mana pijantung telinga kuning juga dapat ditemukan di hutan-hutan dataran rendah di Jawa, tetapi tidak pernah ditemukan di Bali.

  • Pijantung gunung (Arachnothera affinis)

pijantung gunung
indonesiatravelmagazine.com

Pijantung gunung adalah kolibri pijantung berukuran sedang, dengan panjang sekitar 17cm. Warna tubuhnya didominasi warna hijau dan abu-abu, dengan tubuh bagian atas berwarna hijau-zaitun, tubuh bagian bawah berwarna abu-abu, dan memiliki coretan hitam di bagian tenggorokan dan dada. 

Kolibri pijantung gunung memiliki dua subspesies yang tersebar di daerah lokal seperti Kalimantan (utara dan tengah), Jawa dan Bali. Habitat mereka di kawasan hutan pesisir, hutan dataran rendah, hingga kawasan perbukitan hingga ketinggian 1.000 mdpl.

  • Pijantung Kalimantan (Arachnothera everetti)

pijantung kalimantan
hiveminer.com

Jenis pijantung ini memiliki daerah persebaran terbatas di Kalimantan, termasuk di wilayah utara yang merupakan bagian dari negara Malaysia dan Brunei Darussalam.

Adapun nama latin burung ini, Arachnothera everetti, diambil dari sang kolektor zoologi yang juga administrator kolonial dari Inggris, Alfred Hart Everett.

  • Pijantung Kepala Putih (Arachnothera juliae)

pijantung kepala putih
hbw.com

Pijantung kepala putih merupakan burung endemik di wilayah utara Kalimantan. Ukuran tubuhnya sedang, dengan panjang +- 18cm.

Tubuh kolibri pijantung ini berwarna kecokelatan dengan garis-garis putih yang melintang. pada ekor dan sayapnya berwarna kehitaman, serta punggung dan penutup sayap bagian bawah berwarna kuning.

Jenis ini biasa dijumpai di daerah pegunungan di wilayah utara Kalimantan, misalnya di Pegunungan Kinabalu hingga ke selatan sampai Usun Apau dan Gunung Dulit hingga Gunung Mulu dengan ketinggian 1.000 – 1.500mdpl.

Baca juga: 7+ Jenis Burung Jalak Terpopuler di Kalangan Kicau Mania Indonesia

Jenis-jenis kolibri di atas dapat anda jadikan sebagai tolak ukur ketika ingin membeli dan memelihara kolibri. Tetapi, para kicau mania lebih menyukai kolibri jenis “kolibri konin” jika ingin dijadikan bahan dalam perlombaan , karena burung tersebut memiliki suara indah dan mudah dalam hal perawatannya. Baca juga referensi yang biasa menjadi kutipan kami, thebirdnature.com. Anda akan dapat ilmu dan wawasan baru bila mau dan rajin membaca artikel-artikel di dalamnya.

Bagi Anda yang ingin mengoleksinya untuk dinikmati keindahan warna bulunya, maka Anda juga dapat memelihara lovebird biola yang juga sama indahnya. Sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan