Jenis-Jenis Kelapa – Mengenal Macam Pohon Kelapa

Ingin tahu ilmu budidaya? Ketahui dahulu jenis kelapa (Cocos Nucifera) dengan ciri-cirinya mulai dari bentuk, akar, batang serta fungsi dari buah kelapa tersebut. Pohon kelapa merupakan batang tersendiri atau dalam bentuk batang tunggal dimana asal dari kelapa ini dari Marga Cocos atau dari suku aren.

Pohon kelapa memiliki fungsi penuh dan seluruh bagian dari pohon kelapa dapat dimanfaatkan, secara umum bagian yang disering dikonsumsi adalah buah kelapa.

Buah kelapa sendiri memiliki berbagai manfaat salah satunya menjaga kesehatan tubuh dan manfaat lainnya yaitu untuk diare, menurun panas, menyembuhkan luka bakar, mengurangi rasa sakit bagi penderita haid.

Dikutip dari petani kelapa di Jawa damainesia.com

Jenis dan Diri Dari Pohon Kelapa

bibit kelapa

Dibawah ini akan saya akan menjelasakan ciri ciri pohon kelapa mulai bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga dan buahnya.

Bentuk dan Fungsi Akar Kelapa

Ketika memperhatikan ciri ciri pohon kelapa kita bisa melihat bentuk dan fungsi akarnya, pada umumnya akar pada pohon kelapa. Akar serabut yang ada pada pohon kelapa terdiri dari dua bagian, yaitu akar yang serabut primer yang tumbuh secara tegak dan datar dengan panjang akar mencapai 6 meter sampai 14 meter.

Bagian akar tegak merupakan pertumbuhan lanjutan dari akar datar yang tumbuh di permukaan tanah dan di kedalam tanah, lalu akan tumbuh akar tersier.

Fungsi dari akar serabut adalah mencari ketersedian air dan unsur hara yang adalah didalam tanah serta dipermukaan tanah. Selain itu akar serabut juga berperan penting dalam menompang pohon kelapa agar mampu berdiri dengan kokoh dalam kondisi apapun.

Bentuk dan Fungsi Batang Kelapa

Pada pohon kelapa termasuk dalam tanaman monokotil sehingga batangnya tidak memiliki cabang, pada pusat pertumbuhan batang kelapa terletak pada puncak atau pucuk yang ditutupi oleh tajuk daun tersebut.

Pada bagian batang pohon kelapa memiliki pangkal disebut pelepah daun yang melekat dan kokoh sehingga sulit terlepas walaupun daun layu atau mati.

Secara umum batang dari pohon kelapa memiliki peran penting dalam pemrosesan fotosintesi, yaitu sebagai tempat melekatnya pelepah daun dan sebagai penopang pada pohon kelapa.

Bentuk dan Fungsi Daun Kelapa

Berikutnya untuk memperhatikan ciri dari pohon kelapa, anda dapat memperhatikan bentuk dan fungsi daunnya. Pada umumnya daun kelapa memiliki bentuk yang mirip dengan bulu ayam, pada bagian pelepah daunnya terdapat dua baris duri tajam dengan tekstur yang keras.

Daun pohon kelapa tersusun berbaris hingga di ujung pelepah daun tersebut, di setiap helai daun terdapat tulang atau di kenal sebagai lidi.

Baca juga artikel menarik lainnya tanaman toga yang kaya akan manfaat.

Ciri ciri Pohon Kelapa (Bentuk dan Fungsi Bunga)

Pohon kelapa juga memiliki bunga setelahmereka berumur 3 tahun, dan bunga pohon kelapa memiliki dua jenis kelamin yaitu betina dan jantan.

Pada bagian bunga jantan memiliki ciri fisik yaitu lonjong dan memanjang, sedangkan bunga betina ciri fisik yaitu bulat. Dalam proses penyerbukan pohon kelapa terjadi secara menyilang.

Ciri ciri Pohon Kelapa dalam Bentuk dan Fungsi Buah

Jika dilihat ciri ciri pohon kelapa terakhir yaitu terlihat bentuk dan fungsi buahnya, pohon kelapa memiliki tekstur buah dengan kulit licin dan keras.

Warna buah umumnya dominan hijau cerah, tetapi terdapat juga buah kelapa yang memiliki warna orange. Apabila warna buah sudah tua atau matang warna kulit luar akar terlihat memucat atau berubah coklat gelap dan akan runtuh dengan sendiri dari tangkai buah.

Jenis-Jenis Pohon Kelapa

Kelapa Kopyor

kelapa kopyor

Kelapa kopyor Genjah merupakan sebutan dari  jenis pohon kelapa hasil rekayasa gen tumbuhan kelapa yang menghasilkan buah yang hancur dalamanya (kopyor).  Memang biasa disebut kelapa abnormal, karena ada keanehan pada buahnya yang tak seperti biasanya. Dari situlah banyak orang memanfaatkan keragaman dari genetik buah kelapa. Dijadikan olahan makanan ataupun minuman.

Yang menjadi pokok pembeda dari kelapa biasanya, yakni keadaan buahnya yang kopyor lunak yang lepas dari tempurungnya. Dengan cara menggoyangnya ke kanan-kiri akan ada suara kopyor buah dari dalam batok.

Kelapa Sawit

Kelapa-Sawit

Kelapa sawit (Elaeis) merupakan tanaman yang hasilnya digunakan sebagai bahan dasar industri. Baik dari batangnya, buahnya, maupun daunnya. Sehingga jenis pohon kelapa sawit sering berdiri di perkebunan luas yang sengaja dibuat untuk suatu industri.

Bila dikonversi Indonesia termasuk negara yang memiliki kebun kelapa sawit paling banyak dan paling besar. Terutama daerah Aceh, Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Minyak sawit digunakan sebagai bahan baku minyak goreng, margarin, sabun, kosmetika, industri baja, kawat, radio, kulit dan industri farmasi.

Minyak sawit dapat digunakan untuk begitu beragam peruntukannya karena keunggulan sifat yang dimilikinya yaitu tahan oksidasi dengan tekanan tinggi, mampu melarutkan bahan kimia yang tidak larut oleh bahan pelarut lainnya, mempunyai daya melapis yang tinggi dan tidak menimbulkan iritasi pada tubuh dalam bidang kosmetik

Salah satu tanaman yang bisa dijadikan bahan dasar industri lainnya yaitu bawang putih. Jadi bukan hanya kelapa saja, namun masih banyak yang lainnya. Untuk itu baca artikel selengkapnya di nurdian.com.

Kelapa Genjah

pohon kelapa genjah pendek

Kelapa Genjah yaitu jenis kelapa yang memiliki umur yang cukuip relatif muda yaitu sekitar 4 sampai 5 tahun dengan tinggi yang cukup rendah atau bisa dibilang sangat pendek dibanding kelapa pada umumnya.

Tinggi batang kelapa genjahnya pun hanya sekitar 3 sampai 4 meter, sementara tinggi saat berumur produktifnya hanya dapat mencapai sekita 10 meter. Walaupun begitu, batang pohon ini sangat kuat dan juga kokoh. Hal ini dikarenakan dengan bentuk batang pohon kelapa genjah ini sama besar jika dilihat dari ujung hingga dengan pangkal batang.

Genjah pun juga terbagi menjadi banyak yaitu : entok, kopyor, pandan wangi dan wulung. Semuanya hasil dari jenis genjah yang berukuran pendek. Meski ada sebagian dari beberapa yang saya sebut tadi berbatang tinggi.

Kelapa Gading

kelapa-gading-kuning

Jenis kelapa Gading yang kita bahas selanjutnya. Kelapa gading adalah salah satu jenis kelapa yang memiliki buah dengan warna kuning seperti gading.

Jenis kelapa ini sangat cepat berbuah. Karena kelapa gading dapat berbuah pada umur 3 tahun. Dengan jenis kelapa ini juga memiliki daun yang sebagiannya juga berwarna kuning kecoklatan.

Kelapa Hijau

kelapa hijau biasa

Kelapa hijau adalah jenis kelapa yang termasuk golongan kelapa dalam. Dari namanya saja kita sudah kenal jika kulit buah kelapa dari tumbuhan ini berwarna hijau. Kelapa ini memiliki nama latin Cocos Viridis.

Pohonnya memiliki ukuran yang cukup besar dan tinggi serta buahnya memiliki ukuran yang besar. Sama halnya dengan kelapa pada umumnya, kelapa ini juga sangat bermanfaat mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit yang diderita.

Kelapa Merah

kelapa wulung merah

Jenis kelapa selanjutnya yaitu kelapa merah. Kelapa merah adalah salah satu golongan kelapa yang memiliki kulit buah berwarna coklat atau warna kemerahan. Kelapa merah memiliki nama latin, yaitu cocos rubecens.

Dengan jenis kelapa merah ini memiliki pohon dengan ukuran yang lumayan besar dan juga tinggi. Sedangkan buahnya berukuran besar serta memiliki bentuk yang bulat. Kelapa merah ini memiliki kandungan minyak cukup tinggi.

Kelapa Kuning

kelapa kuning

Jenis kelapa selanjutnya, yaitu kelapa kuning. Kelapa kuning adalah salah satu jenis kelapa yang biasa kita sering kita temui. Kelapa kuning memiliki nama latin Cocos eburen.

Dengan jenis kelapa ini memiliki pohon yang ukuran tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu besar. Seperti namanya, kelapa kuning memiliki buah kulit buah berwarna kuning dengan ukuran yang kecil.

***

Mungkin cukup sekian pembahasan mengenai jenis kelapa kopyor semoga bermanfaat dan bisa menjadi ilmu baru bagi anda semua. Salam setia dari kami selaku admin nurdian.com. Semoga sehat selalu.

Tinggalkan Balasan