Jenis Freon AC Split yang Aman & Ramah Lingkungan

Terhitung mulai tahun 2015 silam, pabrikan AC tidak hanya menggunakan 2 jenis Freon AC melainkan terdapat 3 jenis Freon AC yang digunakan. 3  jenis freon yang digunakan tersebut diantaranya Freon R32, R410A dan R290.

Jadi ada baiknya sebelum Anda benar – benar memilih dan membeli AC, sangat dianjurkan untuk Anda cari tahu dulu bagaimana sih cara mengetahui jenis Freon pada AC agar tidak sampai mengalami yang namanya salah pilih.

Untuk Freon AC R32 ditemukan oleh Daikin Jepang di tahun 2012 dan mulai digunakan pada line up AC di tahun 2013. Jadi nantinya semua pabrikan AC Jepang lain yang memanfaatkan Freon AC R32 hanya mereka yang berlisensi dari Daikin.

Teknologi inverter yang ditemukan oleh Daikin pun dilisensi untuk kemudian bisa digunakan ke semua merk AC yang ada di dunia. Sementara untuk produk AC dari Panasonic dan Daikin mulai tahun 2018 menggunakan produk Freon R32 dan Freon R410A untuk line up dari produk yang mereka buat.

Kemudian brand Korea mereka akan menggunakan line up R410A dan R32. Pun begitu untuk merk pabrikan dari China mereka yang juga masih akan menggunakan tekanan Freon R410A dan R32. Masing – masing Freon baik R32, R410A dan R290 bahkan yang terdahulu adalah R22 tentu memiliki perbedaan.

Mengenai semua jenis freon AC tersebut, kami akan memberikan pembahasan atau ulasannya untuk Anda berikut ini.

Jenis Freon yang Sering Digunakan untuk AC Split

Jenis freon ac yang sering digunakan
egsean.com
  • Freon R32 merupakan jenis Freon AC yang ramah lingkungan jika dibandingkan dengan R410A sekalipun. Hal tersebut karena Freon R32 memiliki tingkat GWP yang lebih rendah dibandingkan dengan R22 dan R410A.
  • Freon R32 memiliki angka index dingin yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dari R22. Jadi tidak akan terdapat lagi complain bahwa menggunakan AC inverter jadi lebih tidak terasa dingin.
  • Freon 32 memang memiliki suatu potensi mudah terbakar yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan R22 dan R410A. Akan tetapi jangan Anda takut karena hal tersebut tidak dapat membuat AC meledak. Bahkan sekalipun ketika rumah Anda kebakaran.
  • Freon R290 adalah Freon yang paling hijau. Akan tetapi karena angka index dinginnya cukup dalam kondisi rendah dan tingkat mudah terbakarnya cukup tinggi, maka baik Daikin dan Panasonic memutuskan untuk tidak lagi menggunakan jenis Freon AC tersebut.

Setelah mengetahui sedikit penjelasan diatas, harusnya Anda tak perlu lagi ragu untuk memilih menggunakan AC yang menggunakan Freon R32 atau R410A sesuai dengan aturan pemerintah. Jika harus ditanya mana yang paling bagus, maka Freon R32 adalah jawabannya.

Untuk AC Panasonic sendiri yang diproduksi di Indonesia dan juga di Malaysia yaitu tipe Standard, Si Biru, Alowa dan inverter adalah menggunakan Freon jenis R32. Sementara yang diproduksi di China dengan menggunakan Freon jenis R410A.

Untuk AC Daikin sendiri semua tipe yang ada sudah memanfaatkan Freon R32. Sebenarnya ada banyak merk AC. Selain beberapa AC yang sudah kami sebutkan juga terdapat merk AC Samsung, Panasonic, Mitsubishi dan yang lainnya. Bahkan ada merk Gree.

Untuk AC merk Gree adalah tipe standard yang menggunakan Freon R32. Sementara tipe low watt sudah memanfaatkan Freon R32 juga.

Itulah informasi selengkapnya untuk Anda tentang berbagai jenis Freon AC yang penting Anda tahu. Semoga informasi di atas menjadi informasi yang bermanfaat lagi menginspirasi Anda.

Tinggalkan Balasan