Mengenal 23+ Jenis Burung Hantu di Indonesia (Terbaru)

Negara kita Indonesia merupakan salah satu wilayah yang terkenal akan keanekaragaman jenis burung hantu yang tinggi. Setidaknya ada lebih dari 54 jenis burung hantu yang tersebar dari sabang sampai merauke. Dan beberapa dari mereka merupakan burung endemik Indonesia.

Burung hantu masuk dalam kategori hewan buas (karnivora) dan merupakan hewan noktural (yang aktif di malam hari). Dengan fisik dan perilakunya yang khas, membuat burung hantu sangatlah unik.

Burung hantu juga sangat sering dikaitkan dengan mitos yang menyeramkan. Mungkin karena mitos dan penampilannya yang berbeda dari burung lainnya tersebut membuatnya dinamai dengan burung hantu.

Ciri Khas & Kebiasaan Burung Hantu

Jenis hewan karnivora ini dikenal dengan matanya yang besar, melotot dan menghadap ke depan, sangat berbeda dengan jenis burung lainnya. Selain itu ia, juga memiliki paruh yang kuat dan tajam seperti burung elang.

Bulu pada kepalanya membentuk lingkaran wajah yang terlihat mengesankan, namun seseskali juga terlihat menyeramkan. Dan yang paling unik adalah leher burung hantu sangat lentur yang dapat membuat wajahnya berputar 180 derajat ke belakang. Ekor burung hantu berukuran pendek dibandingkan dengan sayapnya yang besar dan lebar. Bahkan rentang sayapnya bisa mencapai 3 kali dari ukuran tubuhnya.

Burung disebut hewan noktural, jadi ia akan aktif dan berburu pada malam hari. Biasanya ia berburu mangsa seperti serangga, kodok, tikus, dll kemudian dibawa ke sarangnya yang ada di lubang-lubang pohon atau antara pelepah sejenis pohon palem.

Burung hantu juga dibekali penglihatan dan pendengaran yang tajam, sehingga menjadikannya mampu memperkirakan jarak dan posisi mangsanya dalam kegelapan malam ketika berburu.

Baca juga: +23 Jenis Kolibri di Indonesia yang Tercantik Beserta Gambarnya

Jenis Burung Hantu yang Tersebar di Indonesia

Burung hantu tersebar hampir di seluruh penjuru dunia, jenisnya diperkirakan mencapai 141 spesies, bahkan bisa lebih. Namun pada artikel kali ini nurdian.com akan hanya membahas jenis burung hantu yang ada di Indonesia.

1. Beluk Jampuk atau Hingkik (Bubo Sumatranus)

hingkik bubo sumatranus
boombastis.co

Burung Hantu Hingkik berukuran 40-46 cm. Jenis ini tersebar di beberapa negara, seperti di Indonesia (Sumatera, Bangka, Jawa, Kalimantan, & Bali), Malaysia, Thailand bagian selatan, dan Brunei Darussalam.Dalam bahasa Inggris disebut dengan nama Barred Eagle-owl.

2. Beluk-watu Jawa (Glaucidium castanopterum)

Glaucidium castanopterum
igoterra.com

Beluk-watu Jawa memiliki ukuran 24 cm. Burung hantu ini merupakan burung endemik Jawa dan Bali. Dalam bahasa Inggris disebut dengan sebutan Javan Owlet.

3. Beluk-watu Gunung (Glaucidium brodiei)

Glaucidium brodiei
hbw.com

Jenis burung hantu ini berukuran 15-17 cm dengan daerah persebaran meliputi Indonesia (Sumatera dan Kalimantan), Bhutan, Brunei Darussalam, Malaysia, Kamboja, Myanmar, Thailand, Vietnam, Laos, India, Taiwan, Nepal. Pakistan, dan China.Dan dalam bahasa Inggris burung hantu ini dikenal dengan sebutan Collared Owlet.

4. Beluk Ketupa atau Bloketupu (Ketupa Ketupu)

Ketupa Ketupu
johncaddick.co.uk

Beluk Ketupa ini memilki ukuran 40-48 cm. Habitat sebarannya meliputi di beberpa negara seperti Indonesia (Sumatera, Jawa, Bangka, Bali, Kalimantan & pulau di sekitarnya), Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, Vietnam, dan Bangladesh. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan Buffy Fish-owl.

Baca juga: 13 Jenis Lovebird Termahal di Indonesia yang Sangat Populer

5. Serak Jawa (Tyto alba)

Tyto alba
fineartamerica.com

Jenis berukuran 29-44 cm dan tersebar hampir di seluruh dunia termasuk Indonesia (Sumatera, Jawa, dan Bali). Burung ini juga dikenal dengan nama Barn-owl.

6. Serak Seram (Tyto almae)

Tyto almae
pinterest.com

Serak Seram merupakan burung hantu endemik Pulau Seram, Maluku dan dikenal juga dengan sebutan Seram Masked-owl.

7. Serak Minahasa (Tyto inexspectata)

Tyto inexspectata
alamendah.org

Burung hantu ini memiliki ukuran 27-31 cm. Serak Minahasa tersebar di Pulau Kalimantan dan merupakan burung hantu endemik di pulau tersebut. Serak Minahasa juga dikenal dengan sebutan Minahassa Masked-owl, Minahassa Masked-Owl, Minahassa Masked Owl, Minahassa Barn-owl, atau Minahassa Owl.

8. Serak Padang (Tyto longimembris)

Tyto longimembris
phytoimages.siu.edu

Jenis burung hantu berukuran sekitar 32-42 cm dengan wilayah persebaran meliputi Indonesia (NTT, Sulawesi, dan Papua), Australia, China, India, Myanmar, Filipina, Nepal, Thailand, Vietnam, Taiwan, dan Papua Nugini. Juga dikenal dengan sebutan Eastern Grass-owl, Eastern Grass Owl, atau Eastern Grass-Owl.

9. Serak Sulawesi (Tyto rosenbergii)

Tyto rosenbergii
flickr.com

Serak Sulawesi merupakan jenis burung endemik Pulau Sulawesi. Burung hantu berukuran 43-46 cm dan juga dikenal dengan sebutan Sulawesi Masked-owl atau Sulawesi Masked Owl.

10. Serak Hitam (Tyto tenebricosa)

Tyto tenebricosa
hbw.com

Burung hantu ini memiliki habitat di beberapa negara seperti Indonesia (Papua), Australia, dan Papua Nugini. Serak hitam berukuran 37-43 cm, selain itu serak hitam juga dikenal dengan sebutan Greater Sooty-owl, Greater Sooty-Owl, atau Sooty Owl.

11. Celepuk Mentawai (Otus mentawi)

Otus mentawi
hbw.com

Jenis ini merupakan burung endemik Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Burung hantu ini memiliki ukuran 20 cm. Celepuk Mentawai juga disebut Mentawai Scops-owl, Mentawai Scops Owl, Mentawai Scops-Owl.

12. Celepuk Merah (Otus rufescens)

Otus rufescens
hbw.com

Celepuk Merah merupakan jenis burung hantu yang terancam punah. Burung hantu ini tersebar di beberapa negara Asia Tenggara seperti Indonesia (Sumatera, Kalimantan, Bangka, dan Jawa Barat), Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, dan Thailand.

13. Celepuk Wallacea (Otus silvicola)

Otus silvicola
pbase.com

Hewan edemik Indonesia, tepatnya di Pulau Sumbawa dan Flores. Burung hantu berukuran tubuh antara 27-30 cm. Celepuk Wallace juga disebut dengan sebutan Wallace’s Scops-owl, Wallace’s Scops Owl, Lesser Sunda Scops-owl, atau Wallace’s Scops-Owl.

14. Celepuk Siau (Otus siaoensis)

Otus siaoensis
blogs.uajy.ac.id

Celepuk Siau merupakan jenis burung hantu endemik Pulau Siau, Sulawesi Utara dengan ukuran tubuh sekitar 19 cm.

Baca juga: 23+ Jenis Lovebird Terpopuler di Indonesia Disertai Gambarnya

Nah, itulah beberapa jenis burung hantu yang tersebar di Indonesia. Kita seharusnya bengga dengan keanekaragaman satwa yang dimiliki negeri ini dan harus senantiasa menjaga kelestariannya agar tidak punah.

Tinggalkan Balasan