Fungsi Tulang Hasta (Ulna)

Fungsi Tulang Hasta Manusia- Pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu jenis tulang yang ada di dalam tubuh kita, yakni tulang hasta. Apabila sobat semua belum terlalu mengenal atau mengetahui tentang tulang yang satu ini, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini agar pengetahuan sobat semua mengenai tulang hasta bisa bertambah. Yuk sobat mari kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Apa itu Tulang Hasta?

tulang hasta manusia
hellosehat.com

Tulang hasta adalah bagian dalam dari dua tulang lengan bawah ketika dilihat dari telapak tangan menghadap ke depan. (Yang lainnya, tulang lengan bawah adalah radius).

Ujung atas tulang hasta menyajikan sebuah lekukan (noth) berukuran C yang besar bernama semilunar, atau troklear,  yang berartikulasi dengan trochlea humerus (tulang lengan atas) yang membentuk sendi siku.

Tulang hasta hadir di semua jenis vertebrata darat. Namun dalam amfibi dan beberapa reptil, tulang radius dan ulna (tulang hasta) tidak dapat berartikulasi. Sambungan siku berevolusi pertama terjadi pada burung dan mamalia.

Jari-jari cenderung berbentuk ramping pada burung, tetapi ulna lebih sering berkurang pada mamalia, terutama pada mereka yang beradaptasi untuk berlari dan dalam kasus kelelawar diganti bagian untuk terbang.

Tulang hasta adalah tulang yang menyimpan banyak mineral dan menghasilkan sel – sel darah pada sum – sum tulang. Tulang hasta ini juga dikenal dengan nama ulna.

Tulang hasta atau ulna tersebut bersama dengan jari – jari tangan berfungsi dalam memungkinkan terjadinya gerakan berputar pada pergelangan tangan. Ulna atau tulang hasta ini adalah salah satu dari dua tulang yang membentuk lengan bawah.

Bagaimana Bentuk Tulang Hasta?

Tulang Hasta
hisham.id

Tulang hasta atau ulna berbentuk seperti sebuah pipa yang mempunyai sebuah batang dan dua ujung. Tulang ini terletak di sebelah medial lengan bawah dengan ukuran lebih panjang daripada radius atau tulang penumpil. Kepala tulang hasta ini terletak pada bagian bawah.

Tulang hasta terdiri atas tiga  bagian yakni :

  • Ujung atas ulna
  • Batang ulna
  • Ujung bawah ulna

Apa Fungsi Tulang Hasta?

Fungsi Tulang Hasta untuk Manusia
beautynesiablog.id

Berikut ini beberapa fungsi tulang hasta, antara lain :

  • Sebagai tulang pendukung lengan bawah yang memungkinkan adanya gerakan.
  • Sebagai tulang yang berfungsi untuk menyimpan mineral dan menghasilkan sel –  sel darah pada sum sum tulang.
  • Sebagai tulang yang berfungsi atau bekerja sama dengan tulang pengumpil untuk menyusun lengan bawah pada tangan manusia.
  • Sebagai tulang yang berfungi sebagai penunjang kerangka tangan manusia.
  • Sebagai tempat melekatnya otot-otot lengan dan lengan bawah menempel pada ulna untuk melakukan gerakan lengan, tangan dan pergelangan tangan.
  • Tulang hasta memberikan fleksibilitas pada sendi siku.

Tulang hasta sangat penting dalam berperan sebagai stabilisasi fisik lengan bawah, pergelangan tangan dan tangan. Proses olecranon (kepala proksimal dari ulna) berartikulasi dengan kepala distal humerus untuk memberikan gerakan terkontrol dan stabilisasi pada sendi siku.

Ini juga merupakan titik keterikatan bagi otot-otot lengan bawah. Aspek distal ulna berartikulasi dengan pergelangan tangan dan memberikan dasar yang stabil untuk artikulasi antara pergelangan tangan dan tangan.

Jika tulang hasta pecah, itu paling sering terjadi pada titik di mana jari-jari dan ulna membentuk sebuah sendi atau di mana ulna membentuk sebuah sendi dengan tulang karpal tangan.

Fraktur ulnaris menyebabkan terjadinya rasa sakit yang parah, kesulitan dalam menggerakkan sendi-sendi yang terkena, dan bahkan dapat terjadi deformitas lengan jika fraktur merupakan gabungan.

Nah sobat semua, itulah penjelasan singkat mengenai tulang hasta atau ulna yang dapat saya utarakan pada artikel kali ini. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta informasi anda sobat. Dan semoga artikel ini dapat membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan