Terbukti! Inilah 5 Cara Ternak Lovebird yang Mudah Bagi Pemula

Cara Ternak Lovebird yang Mudah Step by Step Bagi Pemula | Lovebird memang jeni hewan yang paling di sukai para laki-laki untuk dipelihara dimasa sekarang ini, selain jenis kolibri. Lovebird merupakan jenis burung dengan bulu indah berwarna-warni dan memiliki bentuk burung yang unik. Dan jenis lovebird yang ada di Indonesia sangatlah beragam.

Bukan hanya sebagai hobi namun juga sebagai penghasil pundi-pundi uang dengan cara ternak lovebird dan mengikuti lomba kicau lovebird. Nah, kali ini saya akan berbagai cara ternak lovebird yang benar agar mendapatkan hasil yang maksimal dan berkuaitas. Caranya akan saya uraikan di bawah ini.

Pemilihan Indukan Lovebird yang Berkualitas

pemilihan induk berkualitas
lovebirdlover.com

Untuk mendapatkan hasil anakan yang bagus dalam ternak lovebird, hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan indukan unggul dan berkualitas.

Jika ingin mendapatkan jenis lovebird indukan yang berkualitas ketika ternak , Anda dapat menggunakan cara memilih indukan berikut ini :

1. Pilihlah Lovebird yang Sehat dan Tidak Cacat

Dalam memilih lovebird yang sehat, dapat Anda melihat mata lovebird dan pastikan pada matanya benar-benar sehat tidak ada gangguan mata, seperti snot, katarak atau yang lainnya.

Perhatikan pula pada kakinya, pastikan lovebird tersebut memiliki kaki-kaki yang normal dan tidak terkena penyakit atau mengalami kelumpuhan. Dan pastikan bahwa cengkeraman lovebird tersebut kuat pada saat di tangkringan.

Selain itu, Anda juga harus memilih lovebird yang memiliki ukuran tubuh yang besar atau normal dan jangan yang kecil. Pastikan tubuh lovebird tidak memiliki gangguan, seperti tubuh yang gemetar, nafas yang terengah-engah, nyilet, tengeng, dan gangguan tubuh lainnya.

2. Pilihan Lovebird yang Gesit dan Gemar Berkicau

Lovebird  yang gesit merupakan tanda bahwa lovebird tersebut sehat secara jasmani. Dan biasanya lovebird yang gesit akan lebih produktif. Selain lovebird yang gesit, Anda juga harus memilih lovebird yang gemar berkicau untuk dijadikan indukan. Pasalnya jika lovebird  ini Anda jadikan indukan, maka besar kemungkinan anak yang dihasilkan akan berkualitas juga.

Dan untuk pemilihan warna sesuai dengan kesenangan pribadi Anda. Pilihlah lovebird indukan yang sudah berusia produktif, yaitu umumnya sekitar 8 bulan ke atas. Hal ini bertujuan agar segera bertelur dan tidak butuh waktu lama.

Cara Penjodohan Lovebird

cara penjodohan lovebird
kebutuhanburung.blogspot.com

Dan sebelum ternak lovebird dilakukan, ada yang namanya penjodohan. Penjodohan artinya proses pemilihan atau pengenalan pasangan lovebird jantan dengan betina atau sebaliknya.

Sebelum melakukan penjodohan pastikan umur lovebird sudah produktif dan harus mengetahui cara membedakan lovebird jantan dan betina. Untuk umur burung lovebird yang akan diternak, idealnya berumur 8 bulan ke atas.

Namun, jika Anda menyatukan lovebird jantan dan betina pada usia paud (umur 3 bulan), jika mereka sudah dewasa akan langsung berjodoh tanpa perlu dijodohkan lagi. Tapi membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu sampai umur produktif.

Dan untuk penjodohan lovebird dapat dilakukan dengan 2 cara berikut ini :

1. Menjodohkan Lovebird Secara Koloni

Metode penjodohan lovebird secara koloni merupakan cara yang paling ampuh dalam proses penjodohan, karena lovebird akan mencari pasangannya sendiri dan lebih cepat berjodoh tanpa campur tangan pemilik.

Namun, untuk melakukan cara ini peternak harus menyediakan kandang koloni yang besar untuk menampung beberapa pasang lovebird.

2. Menjodohkan Lovebird Sepasang

Metode penjodohan ini terbilang irit, sebab hanya membutuhkan sepasang lovebird saja. Siapkan sepasang lovebird yang telah berumur produktif, yaitu berumur 8 bulan ke atas, namun bisa juga usia muda 3 bulan sampai 7 bulan.

Untuk menjodohkan lovebird yang usianya masih muda, Anda dapat langsung menempatkan sepasang lovebird dalam satu sangkar.

Namun untuk menjodohkan lovebird yang telah dewasa, sebaiknya dipisahkan dahulu di sangkar yang berbeda. Kemudian kedua lovebird saling didekatkan selama beberapa jam saja (1-2 jam) di tempat yang tidak ada lovebird lain.

Setelah itu pisahkan di tempat yang berbeda dan lakukan lagi di hari-hari berikutnya, sampai terlihat tanda-tanda bahwa kedua lovebird tersebut ingin saling berdekatan dan saling mencari satu sama lain.

Jika tanda-tanda tersebut sudah terlihat, maka tempatkan kedua lovebird ke dalam satu sangkar. Dan apabila keduanya saling bercumbu atau meloloh dan menyisir bulu kepala dengan paruh satu sama lain, itu tandanya sudah berjodoh.

Cara Ternak Lovebird Sistem Tunggal Bagi Pemula

cara ternak lovebird sistem tunggal
picoku.net

Cara ini sebenarnya agak sulit, seperti beberapa hal dibawah ini :

1. Yang pertama seperti yang dijelasakan di atas, yaitu pemilihan indukan yang berkualitas dan sudah berjodoh.

2. Tempatkan sepasang lovebird yang telah disiapkan ke dalam sangkar ternak yang berukuran 60x40x40 cm. Dan berikan glodog serta serutan kayu untuk membuat sangkar.

3. Letakan kandang dan lovebird di tempat yang sejuk (tidak terlalu panas maupun lembab) serta jauhkan dari kebisingan, karena dapat mengganggu kenyamanan lovebird atau dapat membuat lovebird menjadi stres.

4. Berilah makan millet putih saja, dan sesekali berilah jagung manis atau kangkung yang dapat menambah birahi lovebird. Tetapi jangan terlalu sering memberi jagung atau kangkung karena dapat menyebabkan lovebird berlemak sehingga sulit bertelur.

5. Gantilah air minum setiap hari dan sesekali berilah vitamin untuk menjaga kesehatan lovebird.

6. Bersihkan sangkar minimal 2 kali dalam seminggu untuk menjaga kebersihan dan menghindari penyakit.

7. Apabila sudah bertelur glodok jangan terlalu sering ditengok atau dibuka, karena biasanya lovebird akan memendam atau memecahkan telurnya dan tidak mau mengeraminya. Hal itu dilakukan karena takut kalau telur akan diambil.

8. Lovebird biasanya akan mengerami selama 21-27 hari. Dan telur lovebird tidak akan menetas secara bersama-sama. Ketika sudah menetas beri makan dengan jumlah lebih dari biasanya dan tambahkan dengan kenari set.

9. Dan yang terakhir ambilah anakan lovebird ketika sudah melek, sekitar umur 2,5 minggu untuk diloloh sendiri Supaya indukan cepat bertelur kembali.

Cara Ternak Lovebird Sistem Koloni Bagi Pemula

cara ternak lovebird sistem koloni
seputarinfoburungkicau.blogspot.com

Cara ini merupakan cara yang termudah dalam ternak lovebird. Berikut tahapan yang dilakukan dalam ternak lovebird sistem koloni :

1. Yang pertama adalah harus menyiapkan kandang dengan ukuran yang besar, yaitu -+ 2x2x1,5 meter untuk 10 pasang lovebird. Atau bisa dengan ukuran yang lebih kecil sesuai jumlam pasang lovebird yang akan diternak.

2. Pemilihan indukan yang berkualitas dan sudah dewasa agar anakan lovebird yang dihasilkan juga berkualitas. Dan kalau sistem koloni bisa dengan lovebird yang sudah berjodoh maupun belum, karena dengan sistem koloni lovebird akan memilih pasangannya sendiri.

3. Berilah godok sesuai dengan jumlah pasangan lovebird dan serutan kayu yang lebih banyak untuk pembuatan sarang.

4. Kadang-kadang di dalam kandang ada lovebird yang agresif dan suka mengganggu lovebird lain, maka jika ada pisahkan lovebird tersebut dari koloni.

5. Berilah makan dan minum sama ketika ternak lovebird sistem tunggal, karena dalam pemberian makan dan minum sama saja.

6. Bersihkan kandang minim 2 kali dalam seminggu, agar lovebird tidak terserang penyakit.

7. Jika lovebird sudah bertelur jangan sering diintip, karena dapat mengganggu dan membuat stres lovebird saat pengeraman.

8. Dan yang terakhir jika sudah menetas, berilah lovebird makan yang lebih dari biasanya guna meloloh anaknya. Dan setelah umur 2,5 minggu ambil anakan lovebird unutk diloloh sendiri. Hal bertujuan agar lovebird cepat bertelur lagi dan lebih produktif.

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

cara lovebird agar cepat bertelur
plus.google.com

Sebenarnya cara ternak burung lovebird hampir sama, namun untuk menghasilkan telur yang lebih cepat, maka sebaiknya mengikuti cara ternak  lovebird agar cepat bertelur. Jika normalnya dalam satu bulan, dalam dua minggu hingga 20 hari lovebird sudah bertelur di dalam kandang.

Rahasianya yaitu pada penambahan lampu spektrum yang berfungsi seperti sinar matahari, hal ini akan menjaga keseimbangan suhu dalam kandang. Tidak terlalu panas, cukup tambahkan lampu yang bisa menghasilkan suhu 20 celsius (5500 Kelvin). Namun jangan terlalu sering dinyalakan , istirahatkan lovebird selama 10 jam setiap harinya.

Memancing lovebird agar segera kawin dan bertelur, tempatkan jantan atau betina lainnya di dalam satu kandang. Ini akan memicu gairah kawin lebih cepat dan menghasilkan telur yang lebih cepat pula.

Makanan lovebird yang akan kawin juga harus diperhatikan dan biasanya memang dibedakan, sebaiknya tambahkan jagung manis, kangkung, biji kuaci dan tauge. Ini sudah terbukti bisa memicu dan menambah hormon indukan betina agar cepat bertelur, meskipun baru mengalami perkawinan dalam beberapa hari saja.

Minuman lovebird yang akan kawin juga harus ekstra dibersihkan. Air minum harus diganti dan wadahnya harus dibersihkan setiap hari. Dan pemberian air minum pakai air aqua dan hindari campuran besi dan lumpur yang ada dalam air sumur.

Jika sudah melakukan semua hal tersebut, namun tidak bisa mempercepat lovebird bertelur, bisa jadi muncul kendala lain. Seperti indukan mandul, munculnya telur infertile, burung monomorfik seksual sehingga tidak bisa mengenali betina dengan baik. Bisa jadi lovebird jantan ingin jodoh yang lain, penempatan betina lain juga memengaruhinya.

Nah, itulah cara ternak lovebird yang pernah saya praktekan dan hasilnya lumayan bagus. Mungkin cara itu juga dapat teman-teman terapkan di rumah dan mendapatkan hasil yang diinginkan. Baca juga cara ternak hewan lainnya bagi pemula sampai sukses.

Tinggalkan Balasan