AC Rumah Anda Tidak Dingin? Berikut Cara Mengatasi AC Tidak Dingin

Cara mengatasi AC tidak dingin – Mengatasi AC yang tidak dingin bukanlah perkara mudah yang bisa dilakukan, namun bukan berarti tidak bisa dialukukan. Semua orang mungkin bisa melakukan hal ini, asalnya mempunyai pengetahuan tentang AC yang cukup.

Ada banyak faktor yang menyebabkan AC tidak dingin, namun di sini saya akan berusaha menyampai penyebab AC tidak dingin yang umum biasa terjadi di lapangan. Berikut cara mengatasi AC tidak dingin jika AC Anda mengalami masalah seperti yang disebutkan di bawah ini.

AC kotor karena lama tidak di service

cara membersihkan ac yang kotor
dekoruma.com

Anda bisa cek AC Anda yang tidak dingin apakah kotor atau tidak, baik pada bagian evaporator indoor atau kondensor outdoornya. Penyebab Ac tidak dingin yang berpotensi terjadi adalah karena kotor terkena banyak debu sehingga hawa dingin tidak dapat menyebar ke seluruh ruangan di rumah.

Jika memang penyebab AC rumah tidak dingin karena kotor, maka ada baiknya segera Anda cuci atau service sendiri. Jika tidak bisa, Anda bisa panggil teknisi AC professional atau tukang service AC langganan Anda.

Cara mengatasi AC tidak dingin karena masalah kotor adalah dengan Anda bersihkan sendiri filter indoor minimal satu minggu sekali. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membuka tutup indoor bagian atas. Kemudian ambil filter udara tersebut dan cuci sampai benar – benar bersih dengan sabun deterjen.

Jika memang sudah, Anda bisa keringkan kemudian pasang kembali. Untuk service perawatan AC minimal 3 bulan sekali untuk AC perumahan dan kurang lebih sekitar 2 bulan sekali untuk AC perkantoran.

Tekanan Freon AC kurang atau habis

cek tekanan freon ac split
beres.id

Jika penyebabnya adalah karena tekanan Freon AC yang kurang atau habis maka Anda harus isi ulang freon dulu sampai benar – benar full. Kisaran biasanya secara umum adalah sebesar 80 – 90 untuk PSI dan sebesar 125 PSI untuk AC inverter. Anda bisa buka body indoor atau outdoor dalam mengatasi AC tidak dingin tersebut.

Jangan lupa untuk Anda buka amarflex pembungkus pipa AC kemudian ambil spon yang diberi sabun agar terdapat busa. Selanjutnya oleskan busa ke seluruh pipa tembaga dan kondensor atau outdoor. Jika memang terdapat gelembung udara atau oli berarti disana terdapat titik kebocoran Freon yang Anda harus perbaiki.

Cek mode yang terdapat pada remote control

Cara mengatasi AC tidak dingin selanjutnya adalah pastikan bahwa mode yang terdapat pada remote berada di posisi tanda bintang atau cool. Jangan terdapat pada mode dry karena pada mode ini hanya menyalakan motor dari fannya saja dengan unit outdoor yang tidak dapat kiriman arus listrik.

Sementara jika yang diaktivasi adalah mode bintang atau cool yaitu untuk menyalakan kipas fan dan juga mesin kompresor dari AC sehingga akan dingin sempurna.

Cek thermistor AC di unit indoor

Settingan mode pada bagian remote control sudah betul akan tetapi unit indoor tidak hidup maka hal tersebut sama saja. Sekarang waktunya Anda cek pada bagian thermistor AC apakah berfungsi dengan sangat baik atau tidak.

Alat yang satu ini memiliki fungsi sebagai otomatis agar kompresor dapat standby setelah suhu ruangan mencapai suhu sesuai dengan yang kita setting pada bagian remote.

Cek pada bagian kapasitor AC di unit outdoor

kapisitor ac unit outdoor
story.fwibowo.com

Jika unit indoor sudah dilakukan pengecekan, maka pengecekan selanjutnya adalah dilakukan pada bagian unit outdoor. Masalah seperti AC tidak dingin biasanya ditandai dengan outdoor hidup akan tetapi kipasnya saja yang berputar.

Hal ini biasanya menjadikan terjadi suatu kerusakan pada kapasitornya dengan ditandai terdapat suatu benjolan di kapasitor bagian atas. Untuk mengatasinya Anda harus mengecek bagian kapasitornya karena disana tempat Anda mengatasinya.

Itulah berbagai cara mengatasi AC tidak dingin paling ampuh yang dapat Anda terapkan. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat. Anda bisa cek setiap komponen ketika mengalami masalah pada bagian AC sebelum mencari solusi mengatasinya.

Tinggalkan Balasan