Mau Membeli AC? Berikut 6 Cara Memilih AC yang Tepat

Cara memilih AC- Zaman sekarang ini para produsen merk AC seakan berlomba-lomba untuk membuat brosur fitur AC yang membingungkan. Fitur yang ditawarkan seakan bermaksud membuat bingung konsumen akan fungsi utama AC tersebut.

Sehingga sering kali terjadi konsumen yang membeli AC yang tidak tepat sehingga mengalami kerugiaan, baik dari segi penggunaan listrik yang berlebihan dan ketidaknyamaanan karena kapasitas AC yang tidak sesuai ruangan.

Untuk itu Anda bisa menggunakan 6 hal berikut ini sebagai pertimbangan ketika ingin membeli AC, sehingga AC yang Anda beli dapat sesuai dengan kebutuhan Anda dan lebih hemat listrik.

Sesuaikan Ukuran PK dengan Luas Ruangan Rumah

luas ruangan untuk pemilih ac
rumahdijual.com

Agar AC Anda sesuai untuk kondisi ruang di rumah, cara memilih AC sesuai ruangan yang pertama perlu Anda praktekkan adalah perhatikan ukuran PK. PK adalah tenaga kuda yang merupakan besaran tenaga yang bisa dihasilkan dari sebuah produk pendingin ruangan.

PK menjadi salah satu aspek pertimbangan utama yang penting. Dalam rangka menentukan besarnya PK tentu Anda juga perlu untuk tahu berapa luas ruangan yang nantinya akan menjadi lokasi peletakan AC tersebut. Tentu hal ini juga penting dilakukan agar suhu ruangan Anda bisa dingin secara merata.

Secara garis besar, Anda dapat menggunakan rumus ini untuk menentukan besarnya PK.

= Luas Ruangan Dalam m2 x 500
= Lebar x Panjang x 500

Rumus di atas akan menghasilkan hasil dalam satuan Btu. Anda lalu cocokkan dengan daftar dibawah ini untuk membantu Anda mengkonversi berapa PK AC yang Anda butuhkan.

  • 1/2PK = 5000 Btu/h (ukuran ruangan 10m2)
  • 3/4PK = 7000 Btu/h (ukuran ruangan 14m2)
  • 1PK = 9000 Btu/h (ukuran ruangan 18m2)
  • 1 1/2PK = 12000 Btu/h (ukuran ruangan 24m2)
  • 2PK = 18000 Btu/h (ukuran ruangan 36m2)

Pilih Jenis AC yang Sesuai

jenis-jenis ac ruang
acwahana.com

Cara memilih AC yang selanjutnya perlu Anda perhatikan adalah menyesuaikan jenis AC dengan kebutuhan. Ada banyak jenis AC yang bisa menjadi pilihan Anda mulai dari jenis AC split, jenis AC cassette, dan jenis AC standing floor.

Namun untuk penggunaan di rumah, Anda bisa gunakan jenis AC split dan cassette tergantung juga atas ruangan di rumah. Walau begitu, jenis AC terbaik split saat ini menjadi yang paling umum digunakan orang – orang.

Perhatikan Tipe AC

tipe ac ruang
tokopedia.com

Ada setidaknya tiga tipe AC untuk ruangan yang selama ini banyak digunakan diantaranya adalah tipe AC standar, tipe AC low watt dan tipe AC inverter. Pada dasarnya cara kerja dari tipe standard an low watt sama saja.

Akan tetapi untuk daya yang rendah, kinerja dari kompresornya lebih kecil sehingga penghematan bisa dilakukan. AC low watt sendiri cocok untuk rumah dengan kapasitas listrik yang kecil. Sementara untuk tipe AC inverter, bekerja dengan keras untuk mendinginkan ruangan pada tarikan pertamanya sehingga akan sangat dibutuhkan.

Akan tetapi setelah ruangan dingin, watt yang digunakan akan mengecil sehingga AC akan lebih hemat energy. Jadi cara memilih AC yang bagus juga penting diperhatikan tipe ACnya.

Cermati Fitur Penting Ketika Membeli AC

Anda harus pastikan fitur didalam AC yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada baiknya juga Anda baca tentang berbagai macam fitur penting yang terdapat di bagian pendingin ruangan. Apakah sudah ada fitur terkini seperti rendahnya konsumsi daya, mode otomatis atau yang lainnya.

Gunakan fitur tersebut dengan sebaik mungkin karena tentu menjadi hal yang percuma jika Anda sudah membeli AC dengan teknologi terkini akan tetapi Anda tidak memanfaatkannya dengan baik.

Fitur Hemat Listrik Menjadi Sangat Penting

Membeli AC dengan teknologi yang memungkinkan daya listrik diambil tidak terlalu besar atau hemat daya tentu sangat penting menjadi bahan pertimbangan Anda. Kini sudah terdapat banyak pabrikan yang membekali produk mereka dengan berbagai fitur hemat listrik.

Perhatikan Dimana Penempatan AC

penempatan ac yang tepat
homify.co.id

Setelahnya Anda perlu memperhatikan ruangan mana yang Anda akan pasangi dengan AC. Jika memang Anda ingin meletakkan AC di kamar, maka jenis yang cocok untuk Anda adalah jenis AC split bersama PK ¾ sampai 2 PK dengan kisaran suhu 23 – 24 derajad celcius.

Kemudian untuk di pasang pada ruang tamu dan di ruang keluarga, Anda bisa pasang AC dengan tipe casset bersama 1 – 2 PK. Atur suhunya sekitar 23 – 26 derajad celcius.

Itulah bagaimana cara memilih AC yang sesuai untuk ruangan rumah Anda. Dapatkan produk AC terbaik dengan kualitas super bersama penggunaan AC yang tepat.

Tinggalkan Balasan