Cara Membuat Berbagai Macam Origami Bunga dari Kertas

Cara Membuat Bunga dari Kertas- Bunga merupakan sebuah benda yang menggambarkan tentang keindahan. Dengan warna dan bentuknya yang indah nan cantik, bunga dapat membuat yang melihatnya terpesona. Bunga sangat berhubungan erat dengan kupu-kupu yang selalu hadir mehinggapinya.

Namun, beberapa jenis bunga mungkin sangat sulit untuk didapatkan, seperti salah satunya bunga sakura yang merupakan bunga khas Negara Jepang.

Tetapi tidak perlu khawatir, jika kamu ingin memilikinya kamu dapat membuat tiruannya dari bahan kertas. Dan apabila kamu belum mengerti cara membuat bunga dari kertas, maka kamu dapat membaca di artikel saya kali ini.

Berikut beberapa jenis bunga dari kertas dan cara membuatnya yang dapat kamu lakukan sendiri dengan mudah dan pasti berhasil.

Cara Membuat Bunga Tulip dari Kertas Krep

bunga tulip dari kertas krep
youtube.com

Bunga tulip merupakan bunga khas dari negeri kincir angin, yaitu Belanda. Bunga ini memiliki ciri dan keindahan yang sangat mempesona. Sehingga membuat banyak orang menyukai bunga tulip, khusunya kaum hawa.

Nah, jika kamu tertarik untuk membuat bunga tulip dari kertas, maka ikutilah langkah-langkah membuat bunga tulip dari kertas krep berikut ini.

Langkah-langkah Membuat Bunga Tulip dari Kertas Krep

  1. Yang pertama siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti gunting, penggaris, lem, koran, dan kertas krep warna merah dan hijau.
  2. Ambil kertas krep merah, lalu guntinglah menjadi 5 bagian dengan setiap bagian memiliki ukuran 2×6 inch.
  3. Lipatlah kertas krep yang telah digunting tadi sampai menjadi seperti kelopak bunga. Dan ulangi pada kertas yang lainnya juga sampai terbentuk 5 buah kelopak bunga tulip.
  4. Setelah menjadi 5 buah kelopak bunga tulip, rangkailah satu per satu kelopak dengan kelopak yang lainnya dengan lem hingga membentuk bunga tulip.
  5. Tahap selanjutnya adalah membuat tangkai bunga. Ambil kertas koran, kemudian gulung dengan ukuran dan panjang yang sesuai dengan ukuran bunga tulip. Rekatkan dengan lem.
  6. Lapisi bagian luar koran yang telah digulung dengan kertas krep hijau agar terlihat rapi dan lebih cantik.
  7. Tempelkan bunga tulip dengan tangkainya dengan lem supaya tidak mudah lepas. Dan bunga tulip dari kertas krep siap dibuat menjadi hiasan kamar atau ruang tamu mu.

Baca Juga: Kerajinan dari Botol Bekas Terunik

Baca Juga: Kerajinan dari Bambu dan Cara Membuatnya

Cara Membuat Bunga Sakura dari Kertas Krep

bunga sakura dari kertas krep
alrisnagtb.blogspot.com

Selain bunga khas negeri kincir angin, kamu juga dapat membuat bunga khas negeri jepang, yaitu bunga sakura. Dalam membuat bunga sakura kertas ini memang lumayan rumit. Hal ini karena dalam satu tangkai biasanya terdapat banyak ranting dan bunga.

Berikut beberapa langkah-langkah yang dapat kamu lakukan jika ingin membuat bunga sakura dari kertas krep.

Baca Juga: Kerajinan dari Kain Flanel Bernilai Ekonomis Tinggi

Baca Juga: Miniatur dari Bambu Terbaru dan Kreatif

Langkah-langkah Membuat Bunga Sakura dari Kertas Krep

  1. Siapkan bahan dan alat yang meliputi: Gunting, pensil, pot kecil, penggaris, benang, kertas koran, isolasi warna, kertas krep berbagai warna, ranting yang sudah kering dan lem kertas.
  2. Ambil dan potonglah kertas krep yang berwarna hijau dan kuning dengan ukuran 1×10 cm. Dan kertas berwarna pink dengan ukuran 5×10 cm.
  3. Lipat kertas krep berwarna pink dan potonglah menjadi 5 bagian. Yang mana dengan bentuk memanjang dan lonjong bak kelopak bunga sakura.
  4. Kemudian kertas krep pink yang telah dipotong tadi, disusun menjadi kelopak dimana setiap kelopak terdiri dari 2 tumpuk kelopak.
  5. Bentuklah kertas krep kuning menjadi sebuah putik bunga sakura dengan lipatan sedikit panjang. Hal tersebut untuk memudahkan ketika melekatkan kelopak pada ranting.
  6. Setelah putik bunga terbentuk, maka langkah selanjutnya yaitu melekatkan satu per satu kelopak bunga di putik guna manjadi mahkota bunga.
  7. Setelah itu tutuplah bagian putik dengan kertas krep hijau supaya memunculkan kesan seperti sebuah tangkai bunga aslinya.
  8. Ulangi langkah-langkah di atas sampai menghasilkan bunga sakura yang indah. Dan jangan lupa juga buat kuncup bunga sakura.
  9. Kemudian lekatkan dengan lem bunga sakura dan kuncup sakura yang telah dibuat tadi pada ranting dengan hati-hati.
  10. Nah jika sudah selesai, maka taruhlah pada pot kecil yang telah kamu siapkan denga diisi batu-batu kecil. Dan bunga sakura yang indah sudah jadi.

Baca Juga: Macam-macam Kerajinan Tangan dari Barang Bekas di Sekitar Kita

Baca Juga: Kerajinan dari Tanah Liat yang Mulai Hilang Ditelan Massa

Nah, itulah beberapa jenis bunga dari sekian jenis bunga yang ada di dunia yang kamu buat dengan kertas. Selain itu cara membuat bunga dari kertas cukup mudah diterapkan. Gimana mau mencoba membuatnya?. Salam kreatif dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan