3 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dengan Mudah

Tidak sedikit pecinta lovebird yang mengaku kesulitan menemukan cara membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina. Apa lagi kalau bagi seorang pemula, akan lebih kesulitan lagi dalam membedakannya. Hal tersebut wajar karena jenis lovebird ada yang mudah dan ada yang sulit dalam membedakan jenis kelaminnya.

Berbeda dengan jenis burung lain yang perbedaan jenis kelamin jantan dan betina sangat mencolok, sehingga dapat dibedakan dengan mudah. Misalnya saja jenis burung jalak, burung ini memiliki perbedaan yang mencolok antara burung jantan dan betinanya.

Jenis lovebird sendiri dibagi menjadi 3 kelompok tingkat kesulitan dalam membedakan jenis kelaminnya, yaitu kelompok dimorfik (mudah dibedakan), kelompok intermediate (cuku sulit dibedakan), dan kelompok lovebird kacamata (sulit dibedakan).

-Kelompok dimorfik meliputi :

  • Lovebird Abisinia (Agapornis taranta)
  • Lovebird Madagaskar (Agapornis cana)
  • Lovebird Muka Merah (Agapornis pullaria)

-Kelompok intermediate meliputi :

  • Lovebird Black Collared (Agapornis swinderniana)

-Kelompok lovebird kacamata meliputi :

  • Lovebird Nyasa (Agapornis lilianae)
  • Lovebird Pipi Hitam (Agapornis nigrigenis)
  • Lovebird Topeng (Agapornis personata)
  • Lovebird Fischer (Agapornis ficheri)

Nah, dalam artikel kali ini akan membahas bagaimana cara membedakan lovebird jantan dan betina pada kelompok lovebird kacamata (sulit dibedakan). Cara yang digunakan ada tiga yaitu, dengan mengamati fisik lovebird, tingkah laku lovebird, dan dengan bantuan alat.

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari Bentuk Fisik Lovebird

Perbedaan ciri fisik antara lovebird jantan dan betina memang tidak konsisten, terkadang ciri fisik lovebird jantan mempunyai ciri fisik yang hampir sama dengan lovebird betina. Sehingga membutuhkan pengamatan yang jeli untuk membedakannya. Pengamatan yang dilakukan meliputi sebagai berikut :

1. Bentuk Tubuh

bentuk tubuh lovebird
Farvi-birdkicau.blogspot.com

Bentuk tubuh pada lovebird juga dapat dijadikan sebagai acuan dalam menentukan jenis kelamin lovebird. Biasanya lovebird jantan memilik postur tubuh yang terlihat panjang serta lebih ramping, jika dibandingkan dengan lovebird betina yang postur tubuhnya cenderung bulat dan pendek.

2. Bentuk Paruh

Perbedaan Paruh Burung Lovebird jantan dan Betina
burunglovebird.net

Apabila bentuk paruh pada bagian pangkal terlihat tumpul atau lebih rata, maka dapat dipastikan lovebird tersebut berjenis kelamin betina. Tetapi jika di bagian pangkal paruh lovebird terlihat lancip, maka lovebird tersebut berjenis kelamin jantan.

Dan biasanya ukuran paruh lovebird betina lebih besar daripada yang jantan. Hal itu, berguna untuk menampung makanan yang lebih banyak ketika meloloh anaknya.

3. Bentuk Lubang Hidung

bentuk lubang hidung lovebird
gacorkanburung.blogspot.com

Pada lubang hidung lovebird jantan dan betina juga mempunyai perbedaan, yaitu pada lovebird jantan biasanya lubang hidung berbentuk lonjong atau oval, sedangkan pada lovebird betina lubang hidung berbentuk bulat dan lebih besar.

4. Bentuk Lingkar Klep atau Kacamata

bentuk linkar klep
lovebird.xyz

Lingkar klep atau kacamata pada lovebird klep juga bisa dijadikan acuan dalam membedakan lovebird jantan dan betina. Pada lovebird jantan biasanya lingkar kacamatanya berbentuk oval, sedangkan pada lovebird betina berbentuk bulat dan lebih tebal.

5. Bentuk Kepala

bentuk kepala lovebird jantan dan betina
hewanpeliharaan.org

Kalau dilihat dari bentuk kepalanya, lovebird jantan pada bagian atas kepalanya berbentuk rata atau cepak, sedangkan pada lovebird betina berbentuk lebih bundar atau bulat dan ukurannya lebih besar daripada jantannya.

6. Bentuk Sayap

bentuk sayap lovebird
cae-corp.blogspot.com

Untuk bentuk sayap dapat dilihat ketika lovebird dalam keadaan diam, karena kalau sedang aktif bergerak akan sulit dan kurang akurat pengamatannya. Untuk lovebird jantan posisi pada ujung sayap saling menyilang, sedangkan pada lovebird betina posisi ujung sayap sejajar atau cenderung membuka.

7. Bentuk Ekor

bentuk ekor lovebird jantan dan betina
kupasburung.com

Bentuk ekor pada lovebird jantan biasanya berbentuk lancip atau membentuk seperti huruf V dari ujung ke pangkal ekor. Sedangkan pada lovebird betina bentuk ekornya bagian ujung lebih melebar dan membentuk seperti huruf U dari ujung sampai pangkal ekornya.

8. Bentuk Tulang Pubis atau Supit Udang

cek supit udang burung lovebird
burungmedia.com

Untuk melihat tulang pubis atau supit udang, lovebird harus dipegang dan diraba pada bagian supit udangnya. Lovebird jantan mempunyai supit udang yang jarak antar dua tulang pubisnya akan terasa sempit jika diraba dengan jari telunjuk. Dan untuk lovebird betina, jarak antara dua tulang pubis lebih lebar sekitar seukuran jari telunjuk orang dewasa.

9. Bentuk Kloaka atau Anus

kloaka lovebird
masbronur.blogspot.com

Pada bagian anus lovebird betina berbentuk elip dan lebih lebar dari jantannya. Dan pada lovebird jantan bentuk anusnya lebih kecil dan berbentuk bulat yang seolah-olah terlihat menonjol.

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari Tingkah Laku Lovebird

Cara membedakan jenis kelamin lovebird yang kedua yaitu dengan cara mengamati tingkah lakunya. Baik pada saat bertengger, saat birahi maupun ketika membuat sarang.

1. Cara Bertengger

ciri fisik lovebird jantan dan betina
ternaklovebirdkicau.blogspot.com

Ketika bertengger biasanya jarak atau posisi kedua kaki pada lovebird betina lebih melebar. Sedangkan pada lovebird jantan jarak antar kedua kakinya cenderung merapat. Hal ini disebabkan karena jarak antara tulang pubis lovebird jantan dan betina berbeda.

2. Tingkah Laku Saat Birahi

lovebird jantan dan betina saling loloh
kebutuhanburung.blogspot.com

Saat birahi, lovebird jantan biasanya akan terus-menerus mendekati lovebird betina sambut manggut-manggut. Kemudian lovebird jantan akan mondar-mandir sambil mengeluarkan suara ekekan satu dua ketukan guna memanggil betinanya. Kadang-kadang lovebird jantan sampai gesatang/gesek tangkringan jika terjadi over birahi. Dan lovebird jantan akan berusaha menaiki tubuh lovebird betina.

Sementara lovebird betina hanya bisa ngleper atau mesawat, yaitu posisinya hanya diam sambil merentangkan kedua sayapnya. Selain itu, lovebird betina akan lebih agresif dan menggigit benda-benda di sekitarnya.

3. Cara Membuat Sarang

Ternak lovebird, sarang lovebird
sampulpertanian.com

Ketka membuat sarang, lovebird betina paling aktif dalam membuat dan mengumpulkan bahan digunakan. Sementara lovebird jantan hanya sekedar mencari bahan (serutan kayu) dan memberikannya kepada lovebird betina.

4. Suara Ngekeknya

suara ngekek lovebird
cae-corp.blogspot.com

Lovebird merupakan salah satu burung yang cukup aktif berbunyi. Ketika berbunyi, suara yang dikeluarkan lovebird berupa ngekek. Dari suara ini juga bisa dijadikan acuan untuk membedakan lovebird jantan dan betina. Pada lovebird jantan suara ngekeknya akan terdengar pendek-pendek. Berbeda dengan suara ngekek pada lovebird betina yang cenderung lebih panjang.

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dengan Bantuan Alat

Dan cara yang terakhir dalam membedakan lovebird jantan dan betina adalah dengan cara bantuan alat tes, yaitu sebagai berikut :

1. Tes DNA (Akurasi 100%)

tes dna lovebird
dunia-burung.com

Tes DNA merupakan cara yang paling akurat untuk membedakan lovebird jantan dan betina dengan akurasi sampai 100%. Dalam tes DNA biasanya menggunakan bulu yang ada pada bagian koakla lovebird.

Dan sekarang ini sudah banyak sekali jasa tes DNA untuk mengetes jenis kelamin pada lovebird. Namun cara ini biasanya digunakan pada jenis lovebird termahal saja, karena biayanya juga tidak murah.

2. Dengan Menggunakan Pendulum atau Jarum

cara membedakan kelamin lovebird dengan pendulum
youtube.com

Cara yang terakhir yaitu dengan cara meletakan pendulum dari cincin logam, dari jarum, atau bandul tertentu yang digantungkan di atas paruh atau kepala lovebird.

Jika pendulum bergerak secara mengayun, maka kemungkinan besar lovebird tersebut berjenis kelamin jantan. Namun, jika pendulum berputar maka lovebird tersebut berjenis kelamin betina.

Cara ini dapat digunakan karena menurut survey setiap makhluk hidup mempunyai medan magnet yang berbeda antara jenis kelamin jantan dan betina.

Cara di atas merupakan cara membedakan lovebird jantan dan betina dewasa yang biasanya digunakan dan sangat mudah dalam menerapkannya. Dapat membedakan jenis kelamin merupakan hal yang harus diketahui ketika ingin beternak lovebird di rumah.

Dan cara membedakan lovebird jantan dan betina umur 2 bulan pun hampir sama, kecuali saat birahi. Karena lovebird umur 2 bulan belum birahi. Mungkin sampai di sini artikel tentang cara membedakan lovebird jantan dan betina. Sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan