Bagian-Bagian Kulit Manusia dan Fungsinya

Bagian-Bagian Kulit dan Fungsinya | Apa dan bagaima sih kulit itu? Kulit merupakan lapisan yang membungkus seluruh tubuh manusia guna melindungi organ penting yang ada di dalamnya dari benda asing. Selain itu kulit merupakan salah satu alat sistem ekskresi pada manusia.

Bayangkan jika kita tidak memiliki kulit, pasti bakteri atau benda-benda asing dengan mudah menenpel pada organ penting dalam tubuh kita. Selain itu, jika kita tidak memiliki kulit makan wajah atau rupa kita akan terlihat menyeramkan.

Selain itu kulit merupakan salah satu dari panca idra manusia, yaitu indra peraba. Indra peraba merupakan alat yang penting pada tubuh kita guna mengetahui rangsangan yang mengenai tubuh kita. Bagian kulit yang paling peka terhadap rangsang adalah ujung jari dan bibir.

Seperti indera penglihat yang memiliki struktur bagian-bagian mata, struktur kulit sendiri juga terbentuk dari lapisan-lapisan anatomi yang memiliki fungsi berbeda di setiap bagiannya.

Anatomi atau bagian-bagian  kulit terbagi menjadi 3 bagian, yaitu Lapisan Luar atau Epidermis, Lapisan Dalam atau Dermis, dan Lapisan Jaringan Ikat Bawah atau Hypodermis.

Pada permukaan kulit manusia terdapat kelenjar keringat yang berguna untuk mengekskresikan zat-zat sisa dalam kulit. Zat sisa tersebut berupa keringat yang dikeluarkan oleh kulit melalui pori-pori. Keringat merupakan hasil metabolisme protein yang berupa air yang mengandung garam mineral khusunya NaCl.

Seperti yang disebutkan di atas,  kulit terbagi menjadi 3 bagian, dan setiap bagian itu memiliki fungsi masing-masing. Berikut penjelasan bagian-bagian kulit dan fungsinya.

Bagian-Bagian Kulit dan Fungsinya

Kulit terbagi menjadi 3 bagian anatomi lapisan kulit, yaitu Lapisan Luar atau Epidermis, Lapisan Dalam atau Dermis, dan Lapisan Jaringan Ikat Bawah atau Hypodermis.

1. Lapisan Luar atau Epidermis

bagian-bagian kulit, epidermis
bodytomy.com

Epidermis merupakan struktur anatomi lapisan paling luar dari kulit, lapisan ini tidak memiliki pembuluh darah dan sel saraf. Epidermis juga disebut dengan lapisan tanduk. Fungsi dari Epidermis adalah sebagai sawar pelindung tubuh terhadap bakteri, iritasi kimia, alergi dan lain-lain.

Struktur anatomi lapisan kulit Epidermis, tersusun atas lima bagian lapisan sel, yaitu Stratum Corneum, Stratum Lucidum, Stratum Granulosum, Stratum Spinosum, dan Stratum Germinativum.

  1. Stratum Corneum merupakan lapisan yang paling luar dari kulit. Lapisan ini paling tebal berada di telapak kaki dan yang paling tipis berada di area wajah, seperti pada pelupuk mata, dahi, dan pipi.
  2. Stratum Lucidum merupakan lapisan yang berupa sawar dan hanya terlihat pada telapak tangan dan telapak kaki. Lapisan ini bersifat transparan.
  3. Stratum Granulosum merupakan lapisan yang berpatisipasi aktif dalam proses kerantinisasi pada kulit. Kerantin inilah yang menjadikan kulit kering dan keras. Selain itu, sel-sel dalam lapisan ini menghasilkan zat pigmen atau melanin, zat inilah yang menentukan warna kulit seseorang apakah putih, kehitaman, dan kecoklatan.
  4. Stratum Spinosum merupakan lapisan yang terdiri dari beberapa lapis sel yang berbentuk poligonal yang memiliki ukuran yang berbeda-beda karena adanya proes mitosis.
  5. Stratum Germinativum (Stratum Basale) merupakan lapisan epidermis yang letaknya paling bawah. Di lapisan ini banyak ditemukan sel-sel yang membelah diri dan membentuk sel kulit baru. Sel kulit baru ini berguna untuk menggantikan lapisan cornium yang telah rusak.

2. Lapisan Dalam atau Dermis

bagian-bagian kulit, dermis epidermis
mernbravenewworld.blogspot.com

Dermis adalah lapisan kedua dari kulit manusia. Lapisan pada kulit ini berfungsi unutk menyokong lapisan epidermis. Dermis dan epidermis dibatasi oleh membran basale.

Lapisan Dermis lebih tebal daripada lapisan epidermis dan mempunyai serabut yang elastis. Serabut elastis tersebut memungkinkan kulit untuk merenggang ketika seseorang bertambah gemuk, dan memungkinkan kulit menjadi bergelambir saat orang gemuk menjadi kurus.

Pada Dermis terdapat beberapa macam lapisan, yaitu :

  1. Pembuluh Kapiler merupakan bagian dari Dermis yang berfungsi untuk menghantarkan nutrisi makanan pada akar rambut dan sel kulit.
  2. Kelenjar Keringat (Grandula Sudorifera) merupakan lapisan yang tersebar di seluruh kulit dan memiliki fungsi sebagai penghasil keringat yang akan dikeluarkan melalui pori-pori kulit.
  3. Kelenjar Minyak (Grandula Sebaceae) merupakan bagian kulit yang berfungsi sebagai penghasil minyak supaya kulit dan rambut tidak kering , sehingga tidak mengkerut dan tetap lembab.
  4. Kelenjar Rambut merupakan bagian Dermis yang memiliki akar dan batang rambut serta mengandung kelenjar minyak rambut. Di dekat akar rambut terdapat otot polos yang berfungsi dalam menekakkan rambut pada kulit. Sehingga ketika kita merasa dingin, rambut yang ada di tubuh kita terasa berdiri.

3. Lapisan Jaringan Ikat Bawah atau Hypodermis

bagian-bagian kulit, hipydermis
catatanmahasiswafk.blogspot.com

Lapisan Jaringan Ikat Bawah atau Hypodermis merupakan bagian kulit yang terakhir dan terdiri atas sel lemak. Fungsi Hypodermis pada kulit adalah sebagai bantalan yang dapat mengurangi benturan keras yang mengenai kulit. Hipodermis juga berfungsi sebagai penyedia cadangan makanan bagi lapisan kulit lain yang berada di sekitarnya.

Selain itu, di bagian Hypodermis juga terdapat susunan kulit yang terdiri dari pembuluh darah dan pembuluh saraf. Fungsi lain dari Hypodermis adalah untuk menempelkan kulit ke tulang dan otot yang mendasarinnya, serta sebagai penghubung antara pembuluh darah dan saraf.

Fungsi Kulit Secara Umum

fungsi kulit
youtube.com

Sebagai Indera Peraba, dengan adanya kulit kita dapat merasakan panas, dingin, kasar, halus terhadap sesuatu hal yang kita sentuh. Karena kulit memiliki saraf-saraf yang peka terhadap rangsang ketika kita menyentuh sesuatu hal.

Sebagai Pelapis dan Pelindung Tubuh, kulit merupakan bagian paling luar tubuh kita. Sehingga kulit ini melapisi dan melindungi bagian tubuh dari berbagai ancaman, seperti paparan sinar matahari langsung dan bakteri.

Pembentukan Vitamin D, kulit mampu membentuk dan mengasilkan melalui paparan sinar matahari pagi yang mengenainya.

Mendukung Gerakan dan Pertumbuhan Tubuh, kulit memiliki sifat elastis yang mendukung gerakan dan pertumbuhan yang terjadi pada tubuh kita. Bentuk kulit dapat menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi pada tumbuh kita.

Sebagai Media atau Tempat Tumbuhnya Rambut pada Tubuh, kulit merupakan tempat tumbuhnya rambut yang ada pada tubuh kita.

Alat Melihat Keadaan atau Kondisi Seseorang, dengan kulit kita dapat melihat kondisi seseorang apakah sedang sakit atau senang. Jika wajah seseorang terlihat pucat, maka besar kemungkinan ia sedang sakit. Namun, jika wajah seseorang terlihat cerah dan berseri-seri bisa dipastikan bahwa ia senang.

Sebagai Pesona Keindahan, setiap orang, khususnya kaum wanita pasti akan mendambakan kulit yang sehat, cerah, dan bersih. Kulit juga merupakan daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Inilah fungsi kulit yang dapat kita nikmati, selepas dari fungsinya sebagai pelindung dan pendukung tubuh.

Fungsi Kulit Lainnya

fungsi kulit, ekresi kulit
youtube.com

Sebagai Alat Ekresi, kulit merupakan alat ekresi manusia, yaitu tempat keluarnya keringat. Kelenjar-kelenjar pada kulit kita mengeluarkan zat-zat sisa hasil metabolisme yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Pengatur Suhu Tubuh, kulit akan selalu menyesuaikan suhu tubuh kita dengan suhu lingkungan di sekitar kita, sehingga suhu tubuh kita akan tetap stabil.

Tempat Penyimpanan Energi Cadangan, pada bagian lapisan dermis, kulit berfungsi sebagai tempat penyimpanan lemak tubuh yang berupa tetesan-tetesan lemak. Lemak ini berfungsi sebagai energi cadanagan jika tubuh kita membutuhkan energi yang lebih.

Pembentukan Pigmen Kulit Baru, sel pembentukan pigmen terletak pada stratum basale. Pigmen ini berfungsi untuk mengganti sel kulit yang mati atau rusak.

Sebagai Sistem Imun atau Kekebalan Tubuh, kulit  mempunyai sel-sel yang bekerja sama dengan sistem imun tubuh kita guna melawan barbagai macam virus dan bakteri yang membahayakan tubuh.

Mempertahankan Kelembaban Tubuh, selain tempat penyimpanan lemak, kulit juga merupakan pencegah hilangnya air dari dalam tubuh. Jadi, kulit ini membantu tubuh kita agar tidak terjadi dehidrasi yang dapat menyebabkan kematian.

Nah, itulah informasi  mengenai Bagian-Bagian Kulit dan Fungsinya yang dapat saya sampaikan. Semoga teman-teman dapat memahami di setiap pembahasan seperti bagian-bagian lapisan kulit epidermis, lapisan dermis, lapisan hipodermis, dan fungsi kulit secara umum.

Selain indera peraba dan penglihat, kita masih mempunyai indera pendengar, yaitu telingan yang memiliki bagian-bagian telinga. Dan buat teman-teman jangan lupa share yah untuk berbagi ilmu antar sesama. Sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan